Keluhan Kehamilan Ibu Hamil 9 Bulan

Memasuki usia kehamilan 9 bulan, ibu hamil seringkali mengalami perasaan cemas menunggu kelahiran bayi. Hal ini dikatakan normal terjadi apalagi bagi anda calon ibu pertama. Hanya saja apabila berlebihan dan membuat anda tidak nyaman,stres, depresi dan menganggu aktivitas anda harus segera diwaspadai karena akan menganggu persiapan melahirkan.

Tidak hanya masalah psikis yang akan menganggu proses persalinan. Beberapa ibu hamil yang mengeluhkan kondisi fisik selama usia kehamilan 9 bulan harus dicermati, apakah kondisi normal ataupun kondisi abnormal yang akan mengancam kesehatan ibu dan janin. Inilah mengapa ibu hamil harus melakukan konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan. Mengingat kondisi ibu hamil berbeda-beda.

Kali ini melalui artikel ini kami akan memberitahu anda mengenai perkembangan janin, perubahan yang terjadi selama ibu hamil 9 bulan dan solusi untuk menghadapi kehamilan 9 bulan. Dengan demikian anda dapat mengetahui perkembangan dan pertumbuhan yang normal terjadi selama 9 bulan serta mengatasi keluhan yang terjadi sebari tetap waspada mengenai kondisi yang tidak diinginkan.

keluhan kehamilan 9 bulan

Pertumbuhan Janin 9 Bulan

usia kehamilan 9 bulan , janin sudah terbentuk sempurna siap dilahirkan. Meskipun demikian pertumbuhan masih tetap terjadi di dalam kandungan sebelum benar-benar lahir ke dunia hanya saja bagian penyempurnaan dari organ-organ yang dimiliki janin. Hal yang harus dilakukan ibu hamil diusia 9 bulan adalah fokus pada berat badan janin.

Pada periode 9 bulan, hal terpenting yang dilakukana ibu hamil adalah mengetahui bobot janin tentu saja dengan bobot ideal bayi di usia 9 bulan. Umumnya bayi akan memiliki bobot 3-4 kg. Selain itu, harus diketahui bersama bahwa perkembangan dan pertumbuhan yang masih berlangsung di usia 9 bulan diantaranya adalah paru paru yang semakin sempurna , dimana pada usia 9 bulan paru-paru janin sudah siap menghirup udara di luar.

Usia 9 bulan bayi sudah mulai dipersiapkan dengan lingkungannya seperti rambut halus janin yang sudah mulai tumbuh dan juga kulit bayi yang sudah dipersiapkan untuk dapat memproteksi lingkungan sekitarnya.Begitupula dengan kuku yang sudah tumbuh panjang, mata bayi yang sudah berwarna meskipun dalam perkembangannnya akan mengalami perubahan dalam hingga beberapa bulan kedepan . Janin sudah dipersiapkan untuk beradaptasi dengan lingkungannya, bahkan imunitasnya dapat dibantu dengan pemberian pertama ASI atau dikenal dengan suplai kolostrum dan susu.

Di akhir usia kehamilan 9 bulan atau tepatnya minggu ke 39 ukuran bayi dapat mencapai 51 cm dengan  berat sekiar 3,4 kg. Meskipun demikian anda tidak perlu cemas pada bayi yang memiliki bobot 2,5-3,8 kg saat dilahirkan merupakan kisaran berat bayi sehat.

Pada usia kehamilan 9 bulan air ketuban berubah warna menjadi pucat dan putih butek akibat adanya vernix caseosa yang dilepaskan janin. Bahkan lapisan kulit terluar janin akan ikut mengelupas dan terganti dengan kulit baru di bawahnya.

Pada usia kehamilan 39 minggu berakhir akan tetapi janin belum lahir anda tidak perlu khawatir. Beberapa ibu hamil mengalami kelahiran pada usia kehamilan 42 minggu dimana kondisi ini masih normal atau dikenal dengan istilah full term. Untuk mengatasi kondisi ini anda dapat berkonsultasi dengan dokter sehingga mengetahui prediksi kelahiran janin.

Perubahan Ibu Hamil Usia 9 Bulan

Apa saja yang harus dilakukan ketika ibu hamil 9 bulan? Ini yang menjadi pertanyaan kebanyakan ibu hamil. Mengingat rasa cemas menunggu kehadiran si jabang bayi ditambah dengan kehamilan yang semakin membesar bahkan hingga menimbulkan keluhan di dalam tubuh ibu hamil.

Kondisi ibu hamil yang pertama memasuki usia kehamilan 9 bulan adalah gangguan pernapasan dikarenakan janin tumbuh besar dan menekan diafragma ibu, inilah yang menyebabkan ibu mengalami sesak nafas. Sedangkan ibu hamil yang mengalami kondisi terdesak , sesak nafas hingga mengalami panas pada bagian tulang iga dapat disebabkan karena posisi kepala bayi yang turun.

Selain itu, secara fisik ibu hamil mengalami kaki yang bengkak. Kaki yang bengkak pada ibu hamil terjadi varises vena di mana ibu hamil dapat mengatasi dengan berjalan kaki untuk dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga mengalir ke seluruh tubuh.

Ibu hamil di usia 9 bulan juga sering mangalami kondisi kontraksi palsu atau dikenal dengan istilah Braxton Hicks seperti rasa sakit yang ringan meskipun demikian ketika ibu mengalami kondisi ini karena kelelahan anda dapat duduk atau berbaring terlebih dahulu akan mengurangi kondisi ini.

Selanjutnya yang harus diwaspadai adalah mengalami keluhan pusing ,lemas hingga mengalami gangguan dalam beraktivitas.Ini dapat disebabkan ibu mengalami kekurangan darah. Keluhan ini sering terjadi pada ibu hamil di akhir kehamilan. Sama dengan kurang darah, keluhan yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah mengalami rasa sakit di kaki hingga memicu kram .

Masih pada ibu hamil 9 bulan yang berhubungan dengan keluhan fisik diantaranya adalah tubuh yang tidak nyaman, kondisi ini dikarenakan perubahan posisi janin di dalam rahim sehingga timbulnya tekanan pada bawah pinggil yang akan mengaganggu anda.Terakhir keluhan yang terjadi adalah rasa gatal pada bagian perut.Kondisi ini normal saja apabila tidak menganggu anda akan tetapi hingga menganggu jam istirahat, rasa gatal yang tidak tertahankan sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan.

Solusi Kehamilan 9 Bulan

Perubahan fisik dan psikis yang semakin berubah selama kehamilan 9 bulan agar tetap dapat menjalaninya dan mengurangi keluhan yang terjadi. Ibu hamil dapat mengetahui solusinya seperti di bawah ini:

1.Apabila harus membungkuk, anda dapat menekuk kedua kaki terlebih dahulu untuk menghindari agar tidak terpeleset

2.Mintalah bantuan untuk mengambil barang yang terlalu tinggi untuk mengurangi risiko terjatuh/terpeleset

3.Untuk mengurangi nyeri tubuh sebaiknya duduk dan bekerja dengan posisi yang tepat sehingga membuat ibu hamil nyaman dan mengurangi tekanan pada pinggang ataupun punggung .

4.Perhatikan pula posisi tubuh dimana ibu mengalami tekanan daerah ulu hari sehingga dapat mengurangi ketidaknyaman

5. Mengatur pola makan sesuai dengan pencernaan ibu hamil

6. Anda dapat makan dalam porsi kecil akan tetapi sering untuk mengurangi panas di ulu hati

7. Anda dapat menjadikan buah buahan atau biskuit segar sebagai kudapan

8. Sedangkan bagi anda yang mengalami ketegangan hingga sibuk bekerja dan merasa tertekan di usia kehamilan 9 bulan dapat melakukan relaksasi

9. Berikan jeda pada tubuh anda sehingga tidak berlama-lama di layar komputer.Anda juga dapat mengalihkan pandangan sehingga mengurangi risiko pusing.

10. Lakukan perengan ringan sebari duduk ataupun berdiri,misalnya dengan memutar leher , mengangkat kedua tangan sebari menarik badan .

Itulah beberapa kondisi yang mungkin dialami oleh ibu hamil di usia kehamilan 9 bulan. Pada usia ini ibu hamil memerlukan dukungan suami dan keluarga untuk mempersiapkan persalinan  sehingga lebih siap secara fisik dan psikis menghadapi hari kelahiran bayi . 

loading...