Tanda-Tanda(Ciri-Ciri) Kehamilan Minggu Pertama/1 Minggu Secara Alamiah

4.19/5 (125)

Kebanyakan orang tidak menyadari  ciri-ciri kehamilan dan baru diketahui setelah  beberapa bulan terlambat tidak  mengalami haid/menstruasi. Bahkan ada  sebagian wanita yang mengira bahwa  dirinya tengah hamil karena siklus  haid yang terlambat kemudian mengalami  mual dan muntah padahal hanya gangguan  kesehatan saja.

Pada saat memasuki usia kehamilan satu minggu, janin sudah memiliki bekal genetik berupa 46 jenis kromosom manusia. Saat ini sel telur terbentuk seperti lingkaran sinar yang mengelili matahari , sel inilah yang akan bertemu dengan sperma dan terjadi pembuahan. Dimana sel sperma hampir masuk dan pada bagian tengah dan belakang berusaha untuk menerobos dinding indung telur.

tanda tanda kehamilan minggu pertama

Dari banyak pengalaman yang terjadi  untuk mengetahui kehamilan di usia  yang dini minimal anda mengetahui  tanda-tanda kehamilan di minggu  pertama. Untuk mengetahui tanda-tanda  kehamilan di minggu pertama  diantaranya anda mengenali kondisi di  bawah ini:

1.Mengalami pendarahan bercak darah

Tanda kehamilan diantaranya adalah  wanita mengalami pendarahan atau  dikenal dengan istilah implantation  bleeding. Kondisi ini terjadi karena menempelnya janin atau terjadinya proses implantasi calon janin di dinding rahim, kondisi inilah yang sering dijumpai di awal kehamilan sama seperti haid akan tetapi darah yang keluar tidak terlalu banyak.

2. Mengalami sakit perut

Kondisi selanjutnya yang menjadi pertanda kehamilan di minggu pertama adalah mengalami sakit pada bagian perut. Sakit yang dialami oleh wanita di awal terjadi karena adanya proses penempelan yang akan segera menjadi bagian rahim.

Kondisi yang wajar terjadi ketika memasuki awal kehamilan. Kondisi ini seperti anda mengalami kram menjelang menstruasi. Perlahan-lahan kondisi ini akan membaik dengan sendirinya.

3.Sering buang air kecil

Frekuensi buang air kecil yang lebih sering dari biasanya, mungkinkah anda mengalami gangguan kesehatan? Salah satu tanda kehamilan di minggu pertama adalah wanita seringkali buang air kecil. Kondisi ini dikarenakan janin di dalam rahim membutuhkan ruang untuk tumbuh yang menyebabkan kandung kemih tertekan dan menyebabkan buang air kecil.

Kondisi sering buang air kecil ini akan terus berlangsung pada wanita hamil hingga usia kehamilan 12 minggu lalu akan terjadi kembali pada kehamilan memasuki trimester akhir yaitu usia kehamilan 28 minggu.

4.Sering Mengantuk

Tanda kehamilan dari segi psikis adalah ketika wanita mengalami cepat lelah. Kondisi cepat lelah ini yang menimbulkan rasa ingin istirahat dari segala aktivitas dan membuat wanita lebih sering mengantuk.

Perubahan hormon yang terjadi ini sering dialami oleh semua wanita yaitu kondisi dimana ibu hamil mengalami rasa ngantuk yang lebih sering.

5. Sensitif pada penciuman

Memasuki masa kehamilan di awal minggu pertama , wanita merasakan kondisi yang berbeda pada tubuhnya. Kondisi yang perlu dicermati sebagai tanda kehamilan adalah sensitif pada penciuman.

Ketika anda mengalami kondisi sensitif pada penciuman terhadap bau-bau tertentu dimana panca indera menolak pada beberapa bahan makanan dapat pula dijadikan sebagai tanda kehamilan.Meskipun demikian adapula wanita dengan usia kehamilan muda yang menyukai bau bau tertentu.

Sedangkan untuk memastikan kehamilan anda sebaiknya dilakukan test urin dengan menggunakan test pack. Test urin ini selain akurat memberikan hasil kehamilan, mudah dilakukan oleh wanita. Saran untuk anda yang akan menggunakan test urin sebaiknya dilakukan ketika pagi hari , jika anda positif hamil garis akan dua sedangkan untuk satu menandakan bahwa anda belum hamil.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel