data-ad-format="auto"

Cermati Tanda-Tanda Kehamilan Sebelum Haid/Menstruasi Terlambat

Tanda kehamilan yang paling dikenali adalah berhentinya siklus haid, lantas bagaimana dengan wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur?Adakah tanda-tanda kehamilan yang dapat dicermati sebelum haid?

 

Berhentinya siklus haid merupakan tanda kehamilan yang paling dikenali.Bagi wanita yang mengalami siklus haid teratur tanda kehamilan akan cepat dikenali,berbeda dengan wanita yang mengalami siklus haid yang tidak teratur terkadang kehamilan sulit untuk diketahui secara dini.Inilah yang menyebabkan sebagian wanita baru menyadari kehamilan setelah janin berkembang delapan sampaiu dua belas bulan di dalam kandungan.

Siklus haid/menstruasi yang normal terjadi antara 21 sampai 35 hari sedangkan untuk wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak normal dapat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat, jarang berolahraga ataupun olahraga berlebihan, mengalami stress, pengaruh dari penggunaan pil kontrasepsi , terjadinya sindrom polikistik ovarium ataupun terjadi kehamilan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

cermati tanda kehamilan sebelum haid

Sehingga kehamilan bukan merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi siklus haid berhenti. Apa yang perlu anda ketahui sebelum haid terlambat ?Inilah beberapa kondisi yang harus anda cermati sebagai tanda-tanda kehamilan sebelum siklus haid terlambat :

1. Mual

Salah satu tanda wanita hamil adalah mengalami mual dan muntah.Berbeda dengan mual-mual yang terjadi ketika anda sakit, mual pada wanita hamil terjadi pagi, siang dan malam. Tanda mual baru disadari ketika makanan masuk ke mulut dan selera makan berkurang sehingga makanan dimuntahkan kembali.

Kondisi wanita yang mengalami mual dan muntah selama kehamilan disebut morning sickness. Kondisi ini hampir dialami oleh seluruh wanita yang sedang hamil muda meskipun demikian ada yang mengalami morning sickness ringan atau morning sickness berat sehingga menggangu aktivitas sehari-hari.

2. Peningkatan Suhu Tubuh

Anda merasakan suhu tubuh meningkat setelah melakukan hubungan suami istri?Kondisi ovulasi ditandai dengan naiknya suhu tubuh secara basal. Meningkatnya suhu tubuh terjadi karena adanya pelepasan progesteron.

Sedangkan apabila ovulasi gagal terjadi maka kadar progesteron menurun dan mengakibatkan implantasi dip atau penurunan suhu.

Hanya saja untuk mengetahui peningkatan suhu tubuh tidak dapat dilakukan secara langsung, anda harus menggunakan alat pengukur suhu badan untuk mengetahui kenaikan suhu tubuh.

3.Kelelahan

Tanda awal kehamilan sebelum siklus haid diantaranya wanita mengalami kelelahan. Mengapa terjadi kelelahan? Lelah yang dirasakan oleh wanita yang sedang hamil di usia muda terjadi karena adanya hormon progesterone yang bekerja di dalam tubuh.

Hanya saja tanda kehamilan yang satu ini sering kali diabaikan karena dianggap sebagai tanda fisik tidak dapat beradaptadi dengan kesibukan sehari-hari atau tekanan pekerjaan.Anda harus dapat membedakan tanda kelelahan yang disebabkan oleh kehamilan umumnya cepat letih dan lesu meskipun hanya melakukan kegiatan sehari-hari saja.

4. Perubahan Buah Dada

Cermati ukuran buah dada anda, apakah mengalami perubahan? Bagi wanita yang mengalami ukuran buah dada besar kurang menyadari terjadinya perubahan ukuran ketika memasuki usia kehamilan muda.

Terjadinya perubahan buah dada tidak lama setelah wanita mengalami pembuahan. Beberapa kondisi perubahan buah dada diantaranya adalah mengalami rasa sakit, bengkak dan juga merubah ukuran. Kondisi ini normal terjadi karena wanita setelah dua minggu mengalami ovulasi langsung memasuki tahapan mempersiapkan diri memproduksi ASI.

Hanya saja sebagian wanita menganggap ini adalah gejala premenstruasi yang normal terjadi. Untuk mengetahui secara pasti anda dapat mencermati tanda-tanda kehamilan satu dengan yang lainnya untuk mengetahui kehamilan anda juga dapat menggunakan alat test kehamilan atau berkonsultasi langsung dengan bidan/dokter kandungan. 

Loading...

Follow us