data-ad-format="auto"

Ini Dia Alasan Mengapa Makan Berlebihan Bisa Jadi Kebiasaan

Apakah anda sering merasa lapar walau telah makan banyak beberapa saat sebelumnya? Jika anda mengalami hal tersebut maka secara otomatis anda pasti akan menambah porsi makan anda atau mengulang untuk kedua kalinya. Dan jika dibiarkan, lama-kelamaan hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan bagi anda dalam menambah porsi makanan. Akibatnya, tidak jauh dari kenaikan berat badan yang akan melonjak dengan pesat.

Berikut adalah alasan mengapa anda cenderung makan berlebihan :

1.    Stres

Perasaan stress dan depresi dapat membuat seseorang menjadi emotional eater atau mengkonsumsi sesuatu karena dipengaruhi oleh emosi. Stress dan depresi akan cenderung membuat anda makan lebih banyak dari porsi biasanya. Saat stress, anda cenderung akan memiliki anggapan bahwa makanan bisa meredakan perasaan stress anda.

2.    Melewatkan Sarapan

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Bagi sebagian orang masih menganggap bahwa sarapan adalah waktu makan yang tidak terlalu penting. padahal jika anda melewatkan sarapan, maka anda cenderung akan melahap makanan yang berlebih saat siang harinya, yang akhirnya dapat memicu kenaikan berat badan anda.

3.    Ukuran Piring

Hindari menggunakan piring atau mangkuk berukuran besar sebagai wadah makan. Karena dengan menggunakan mangkuk atau piring yang berukuran besar saat makan, maka anda cenderung akan mengambil makanan dengan porsi yang besar karena ukuran piring yang besar membuat anda lebih leluasa mengambil porsi makan.

4.    Hindari Menonton TV Sambil Makan

Sebaiknya hindari makan sambil menonton TV. Karena saat makan sambil menonton TV, perhatian anda akan terpecah dengan program acara televisi yang sedang anda tonton sehingga anda tidak akan sadar sudah berapa banyak makanan dan jumlah kalori yang sudah anda lahap. Hal seperti inilah yang pada akhirnya akan membuat berat badan anda tanpa disadari akan mengalami kelonjakan yang tinggi.

5.    Anda Memanjakan Diri Anda

Memanjakan diri terutama setelah bekerja keras seharian dengan melahap makanan apa saja yang anda sukai memang menyenangkan. Namun akan lebih baik, jika anda tidak melakukannya dengan berlebihan dengan berasumsi bahwa anda berhak untuk mengkonsumsi makanan sebanyak apapun karena anda telah bekerja dengan keras. Karena hal ini hanya menumpuk lemak dan kalori pada tubuh anda yang pada akhirnya membuat berat badan anda membengkak.

6.    Anda Tidak Ngemil

Siapa bilang kegiatan yang satu ini buruk untuk kesehatan? ngemil atau kebiasaan mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil dapat menjaga anda dari rasa lapar yang amat sangat, yang tak jarang membuat anda tersiksa. Namun ketika anda memutuskan untuk ngemil, sebaiknya pilihlah makanan yang tepat untuk anda santap, yakni menu makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan dan sayuran.

7.    Ada Banyak Makanan Di Depan Anda

Dengan adanya begitu banyak jenis dan varian makanan, siapa saja tentu akan tergoda termasuk anda yang saat ini sedang menjalani proses diet sekalipun. Ketika ada banyak makanan di depan anda, anda cenderung tergoda untuk mencicipinya yang akhirnya bisa saja membuatnya kehilangan kendali sampai anda terlarut menyantap makanan dengan porsi yang berlebih yang akhirnya bisa menjadi kebiasaan.

Ada banyak hal yang dapat memicu anda makan secara berlebihan. Namun hal yang paling penting dari semua alasan itu adalah bagaimana anda mampu mengatur pola hidup dan pola pikir anda agar terhindar dari pola makan yang berlebih.