Masa Penyembuhan Setelah Sakit, Baiknya Konsumsi Makanan Ini!

5/5 (5)

1.    Karbohidrat

Konsumsi karbohidrat yang cukup juga baik untuk kembali meningkatkan energi pasca sakit. Hal tersebut diungkapkan oleh Web MD, yang menyatakan bahwa rata-rata orang dewasa memiliki kebutuhan karbohidrat sekitar 24 sampai 38 gram serat, untuk itu sebaiknya konsumsilah karbohidrat yang bersumber dari makanan yang mengandung serat tinggi seperti buah, sayuran dan gandum utuh. Gandum utuh mengandung karbohidrat kompleks yang akan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

2.    Vitamin Dan Mineral

Sama halnya dengan vitamin, kandungan mineral juga adalah nutrisi paling penting untuk pemeliharaan dan pencegahan terhadap penyakit. Vitamin dan mineral bekerja secara interaksi. Anda perlu vitamin agar mineral mampu bekerja dengan baik. Tanpa ada asupan vitamin maka mineral tidak akan bekerja dengan baik. Mineral yang baik bagi tubuh adalah mineral organic yang hanya bisa diperoleh dari buah dan sayuran segar. Hal tersebut disebabkan karena tumbuhan dapat memproses mineral dari tanah melalui proses fotosintesa yang merubahnya menjadi organic. Namun sebaiknya kurangi konsumsi terhadap vitamin berbentuk suplemen. Agar kinerja vitamin lebih optimal sebaiknya dapatkan banyak vitamin dari makanan alami seperti sayur dan buah.

3.    Protein

Manfaat protein bagi tubuh manusia amat penting terutama untuk kesehatan serta dapat menunjang penuh terhadap bentuk dan postur tubuh manusia agar bisa tubuh dan berkembang dengan baik dan sempurna. Selain itu dengan mengkonsumsi protein berfungsi sebagai pembentukan antibody serta mampu membentuk otot-otot baru pada tubuh. Konsumsi protein yang baik bisa dijumpai dalam makanan seperti kacang-kacangan, daging dan ikan.

4.    Lemak Sehat

Selain baik untuk penyembuhan setelah sakit, konsumsi lemak juga bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi otak, jantung, kulit dan organ tubuh lainnya, selain itu berfungsi untuk penyerapan berbagai vitamin. Lemak sehat bisa anda temukan dari beberapa sumber makanan seperti ikan, kacang dan minyak sayur.

5.    Air

Menurut Medical Daily mengungkapkan, ada sekitar 75 persen warga Amerika Serikat mengalami dehidrasi. Mengkonsumsi air juga amat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Jangan tunggu sampai anda merasa begitu haus. Minumlah air secara teratur dan penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh anda setiap hari dengan konsumsi 15 gelas air.

Kandungan gizi di atas baik dan akan memberikan energi pada tubuh anda sehingga membuat tubuh anda kembali bugar setelah sakit dan dalam masa penyembuhan. Rasa lemas dan lesu kerap masih menghinggapi anda setelah sakit, untuk menguranginya ada baiknya jika anda konsumsi makanan di atas.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel