data-ad-format="auto"

5 Hal Lain Yang Menyebabkan Gangguan Tidur Selain Insomnia

Kualitas tidur yang baik tentunya amat diperlukan tubuh agar tetap merasa bugar. Sebaliknya kualitas tidur yang buruk seperti kurang tidur akan menyebabkan timbulnya banyak masalah pada kesehatan, seperti diantaranya akan timbul rasa lelah, rasa cemas yang berlebihan hingga memicu kenaikan berat badan atau yang lebih dikenal dengan obesitas. Kesulitan tidur tak hanya disebabkan oleh insomnia saja. Ada banyak hal yang bisa memicu seseorang mengalami kesulitan saat hendak tidur dimalam hari. Apa sajakah itu?

Berikut adalah beberapa penyebab seseorang mengalami gangguan tidur selain dari insomnia :

1.    Kurang Olahraga

Untuk sebagian orang, kesulitan tidur saat malam hari bisa dipicu karena kurangnya berolahraga. Bisa jadi penyebabnya adalah karena tubuh tidak merasa lelah sehingga tidak menjadikan tidur sebagai pilihan untuk beristirahat. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya mulailah melakukan sedikit gerakan olahraga seperti berjalan-jalan kecil atau melakukan jogging di sekitar area rumah saat sore hari, sehingga saat malam hari anda akan merasa sedikit lelah dengan begitu tubuh akan menuntut anda untuk beristirahat, sehingga tidur anda akan terasa lebih nyenyak dimalam hari.

2.    Terlalu Banyak Minum Air

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Saat menjelang tidur dan anda terlalu banyak minum air serta tidak menyempatkan buang air kecil saat menjelang tidur. Kemungkinan anda tidak akan tidur dengan nyenyak dan cenderung akan mengalami masalah dengan kesulitan saat hendak tidur. Hal tersebut karena saat anda mengkonsumsi banyak air saat menjelang tidur maka kemungkinan anda akan terbangun tengah malam karena hasrat ingin buang air kecil yang tak bisa ditahan lagi. Selain itu, mengkonsumsi banyak air saat tengah malam cenderung akan membuat anda lebih mudah haus. Untuk itulah, sebaiknya minumlah air secukupnya, terutama saat menjelang tidur. Dan perhatikan pula jenis air yang anda minum, sebaiknya pilihlah air mineral yang lebih menyehatkan tubuh.

3.    Makan Terlalu Banyak

Saat perut dalam keadaan penuh dengan makanan, maka anda akan mengalami kesulitan tidur. Hal tersebut karena lambung memerlukan waktu untuk mencerna dan memproses makanan yang ada di dalam. Selain itu, perut yang penuh akan membuat anda kesulitan menemukan posisi yang nyaman saat hendak tidur.

4.    Kelaparan

Bukan saja banyak makan yang dapat membuat anda mengalami kesulitan tidur, namun juga rasa lapar yang berlebihan bisa menjadi bagian dari pemicu gangguan tersebut. Saat asupan makan yang masuk dalam tubuh anda tak mencukupi, terutama bagi anda yang sedang melakukan diet yang biasanya amat menjauhi jam makan malam. Kemungkinan anda akan mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak. Kelaparan juga kerap kali mengganggu tidur seseorang dan membuat mereka terbangun di malam hari hanya untuk mencari makanan. Jika hal ini terjadi, bukan hanya gangguan tidur yang bisa anda dapatkan, namun juga resiko obesitas lebih besar menyerang tubuh anda.

5.    Stres

Poin terakhir yang dapat menyebabkan gangguan tidur selain insomnia adalah stress. Terlalu banyak memikirkan hal saat hendak tidur dapat membuat seseorang mengalami kesulitan untuk terlelap di malam hari. Dengan itu, sebaiknya, jernihkan pikiran anda dari semua masalah saat menjelang tidur. Memikirkan masalah-masalah yang anda alami, hanya akan membuat anda terjaga semalaman. Cobalah tunda sejenak semua masalah anda agar tidur anda bisa lebih nyenyak.

Itu dia beberapa hal yang bisa memicu gangguan tidur selain dari insomnia. Tidur yang berkualitas adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja, kurang tidur juga dapat membuat seseorang kehilangan nafsu makan atau memiliki mood yang buruk.

Loading...

Follow us