Tingkatkan Kesuburan Dengan Seimbang Mengkonsumsi Nutrisi Berikut

5/5 (1)

Namun meskipun vitamin E diperlukan untuk kesuburan, vitamin tersebut bukanlah satu-satunya yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda memerlukan kombinasi sejumlah vitamin lain dan mineral untuk menjaga fertilitas. Begitupun sebaliknya dengan banyak mengkonsumsi satu unsur gizi tertentu namun kurang diimbangi dengan unsur gizi lainnya justru akan merugikan fertilitas dan kesehatan anda. Dan dalam kondisi apapun, pola makan dengan asupan gizi yang seimbang harus tetap dipertahankan.

Berikut adalah beberapa nutrisi yang bila dikonsumsi secara seimbang dapat meningkatkan kesuburan anda :

1.    Vitamin E

Manfaat vitamin E amat penting bagi sistem reproduksi pria maupun wanita. Untuk pria manfaat vitamin E mampu mendukung produksi sel sperma dan mencegah kerusakan DNA sperma. Sedangkan untuk wanita, manfaat vitamin E mampu menjaga produksi hormon-hormon baik dan endokrin. Sebuah studi terbaru menunjukan bahwa keruskan ektensif pada DNA sperma dapat memicu infertilitas. Kerusakan tersebut terutama disebabkan oleh radikal bebas. Dan disiniliah fungsi vitamin E sebagai anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan pada DNA sperma. Asupan nutrisi vitamin E yang disarankan adalah sebanyak 400 UI setiap harinya. Sumber utama vitamin E ini bisa juga anda dapatkan dari berbagai macam sayuran seperti kedelai, kecambah, dan sayuran lain berwarna hijau tua.

2.    Vitamin B

Terdapat dua jenis vitamin B yang bermanfaat guna menambah kesuburan, satu untuk wanita dan satunya untuk pria. Vitamin B6 mampu meningkatkan kesuburan pada wanita sedangkan vitamin B12 dapat meningkatkan dan menambah kualitas sperma. Jenis vitamin B lainnya seperti asam folat juga penting untuk proses penyatuan sperma dan sel telur atau disebut dengan konsepsi. Asupan vitamin B12 dan B6 disarankan untuk dikonsumsi sebanyak 1,3 dan 2,4 mikrogram setiap harinya. Sumber vitamin B12 bisa dijumpai dalam susu, ikan dan hati. Sedangkan kandungan vitamin B6 bisa didapatkan dari telur, ayam, wortel dan beras merah.

3.    Vitamin C

Sama halnya dengan kandungan vitamin lain, manfaat vitamin C juga baik untuk pria dan wanita sebagai penambah kesuburan. Bagi wanita vitamin ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan hormonal, memperkuat sistem imun, meningkatkan fertilitas hingga membantu penyerapan zat besi. Sedangkan untuk pria, vitamin C berperan sebagai pencegah terjadinya penggumpalan sperma dan meningkatkan mobilitas sperma. Sumber utama vitamin c adalah buah-buahan seperti jeruk, jambu, papaya, sirsak, mangga, stroberi dan sayuran seperti bayam dan cabai. Konsumsi harian vitamin C yang dianjurkan adalah 750-1000 mg per hari. Namun, meski terlalu banyak mengkonsumsi vitamin ini tidak akan berbahaya untuk kesehatan, karena vitamin ini larut dalam air sehingga bila dikonsumsi secara berlebihan tubuh akan secara ototmatis membaungnya lewat air seni.

4.    Zinc

Zinc atau seng adalah mineral yang mengambil peranan penting untuk kesuburan. Mineral ini terdapat pada lebih dari 200 protein dan enzim yang amat penting untuk para pria dalam membantu menjaga fungsi organ seksual. Kekurangan zinc mampu memicu penurunan hormone testosterone. Kandungan mineral ini bisa anda jumpai pada makanan seperi kerang.

5.    Asam Folat

Selain baik untuk meningkatkan kesuburan, asam folat juga baik untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan karena mampu mencegah sang bayi dari kelahiran cacat dibagian otak dan tulang belakang. Kandungan asam folat tinggi bisa anda jumpai pada makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, papaya dan sereal.

Meningkatkan kesuburan bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti diatas. Selain itu, pola hidup sehat juga membantu anda dalam meningkatkan kesuburan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply