data-ad-format="auto"

Yuk Kenali Cemilan Untuk Si Kecil

Memasuki usia balita aktivitasnya semakin meningkat. Anak anda sudah mulai beraktivitas di luar rumah mengenal lingkungan sekitar, bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya dan bermain dengan benda favoritnya. Tentu saja ini semua menguras energi sehingga anda harus menyediakan pasokan energi dengan makanan yang sehat.

Makanan yang sehat tidak hanya terdapat pada menu makanan pokok (sarapan, makan siang atau makan malam) melainkan anda dapat melengkapi dengan cemilan. Cemilan di waktu senggang atau di sela antar sarapan dan makan siang atau makan siang ke makan malam. Nah, anda  juga harus cermat dalam memilih cemilan si kecil. Cemilan tidak selamanya dapat membentuk kebiasaan jelek asalkan pilihan menu yang tepat. Cemilan juga dapat membentuk pola makan yang menjaga kesehatan.

Berikut ini adalah manfaat cemilan :

  1. Menyediakan jeda antara makan sehingga menjadi makanan selingan. Dengan cemilan maka rasa lapar tetap pada tingkat minimum.
  2. Pilihlah menu cemilan yang sehat, terhindar dari pemanis buatan, pewarna makanan, MSG berlebih dan juga pengawet makanan. Sehingga tetap menjaga kesehatan si kecil.
  3. Cemilan untuk anak-anak dapat menjadi sumber energi alternatif. Sehingga pemilihan menu makanan sangat menentukan kesehatan anak anda. Kurangi memberikan permen, keripik, kue dan gorengan.

Beberapa menu cemilan dapat meningkatkan energi dan baik untuk kesehatan anak anda. Berikut ini adalah pilihan cemilan yang dapat membantu si kecil karena di dalam bahan makanannya mengandung energi yang menunjang masa pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

Inilah dia menu cemilan untuk si kecil :

  1. Cemilan yanga mengandung gandum. Kandungan gandum akan memberikan energi pada tubuh dan otak si kecil. Selain itu kandungan mangan, magnesium, serat, protein, karbohidrat, zat besi dan vitamin B2,B1 dan B3. Kandungan vitamin B yang terdapat di dalam gandum akan membantu menghilangkan kelelaha, menstabilkan gula darah, meningkatkan energi dan meningkatkan mood. Pilihlah beberapa olahan gandum yang sehat untuk menu cemilan si kecil, diantaranya adalah biskuit gandum, sandwich dari roto gandum atau cake yang berbahan dasar gandum.
  2. Cemilan yang mengandung kacang almond memberikan energi pada si kecil. Kandungan magnesium, triptofan, tembanga, mangan fosfor dan vitamin B2  sangat baik untuk tumbuh kembang anak. Magnesium merupakan mineral yang dapat menjadi bagian terpenting dalam produksi energi, menjaga sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pola tidur dan mengurangi kecemasan.
  3. Cemilan yang mengandung kacang almond dengan nutrisi yang terdapat di dalam kacang almond yaitu magnesium, mangan, tembaga, triptofan, fosfor, vitamin E dan vitamin B2. Kandungannya selain dapat meningkatkan energi juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pola tidur, mengurangi stress dan meningkatkan moood.
  4. Cemilan yang berbahan yogurt. Kandungan yang terdapat di dalam yogurt yaitu protein, fosfor, molibdenum, seng dan vitamin B akan membantu dalam memberikan energi pada si kecil. Selain itu yogurt dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan mood yang baik.

Cemilan untuk anak anda dapat dibuat sendiri atau membeli kemasan yang tersedia di supermarket. Hal yang harus ingat adalah pemilihan cemilan yang tepat dan porsi yang sesuai sehingga akan tetap membuat pola makan anda terjaga.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Loading...

Follow us