data-ad-format="auto"

Tips Menghilangkan Bau Ompol di Kamar Si Kecil

Usia bayi yang semakin bertambah pastinya sangat menggemaskan. Bayi anda sudah tumbuh menjadi batita yang sedang belajar duduk, belajar merangkak dan belajar berjalan. Perubahan ini tentu saja sangat membanggakan bagi anda. Namun, masih ada beberapa kebiasaan anak anda yang membuat anda harus tetap mengarahkan sehingga berhenti dikebiasaan jeleknya. Ya, salah satunya adalah ngompol.

Apakah anak anda diantaranya yang memiliki kebiasaan ngompol saat tidur malam? Meskipun sekarang sudah banyak menggunakan pampers akan tetapi bau yang umum ditimbulkan dari ompol si kecil biasanya menempel di ruangan. Apalagi bila tempat tidur si kecil pasti akan menggangu kenyamanan bermain dan belajarnya. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan tips bagi anda untuk menghilangkan bau ompol di kamar si kecil.

Si kecil di bawah usia 3 tahun masih dianggap biasa apabila mengompol walaupun demikian bukan berarti anda tidak membuatnya terbiasa untuk melatihnya mengenalkan toilet. Anda dapat memberitahu pada anak anda apabila merasakan keinginan untuk buang air kecil dapat memberitahunya. Meskipun anak anda menggunakan pampers akan tetapi melatih dan membiasakan anak anda menggunakan toilet lebih baik. Sisa ompol umumnya akan menyisakan bau yang tidak sedap sehingga anda dapat melakukan beberapa langkah menghilangkan bau ompol.

Inilah tips menghilangkan bau ompol di kamar bayi :

  1. Bau ompol yang menempel di seprai bisa segera dicuci. Anda dapat menambahkan setengah gelas cuka putih ke dalam air rendalam untuk menghilangkan bau pesing.
  2. Biasanya bau ompol merembes ke dalam kasur meskipun sudah di jemur akan tetapi bau pesing tetap saja menempel. Nah, caranya anda dapat menggosok menggunakan handuk untuk dapat menyerap sisa ompol kemudian anda dapat menekan dengan menggunakan handuk. Jangan menggosoknya melainkan hanya menekan pada bagian yang bau ompol sampai cukup kering dan tidak lembab lagi.
  3. Kasur yang sudah kering dan masih bau ompol dapat ditambahkan soda kue di area bekas ompol. Anda dapat mendiamkan selama 24 jam. Kemudian setelah itu anda dapat menggunakan mesin penghisap debu untuk menyedot sisa- sisa soda kue sehingga kasur bersih dan tidak bau pesing.
  4. Di dalam ruangan kamar si kecil yang bau pesing bisa diatasi dengan membuka ventilasi yang ada di dalam rumah secara rutin. Selain adanya pergantian udara. Cahaya matahari bagus untuk kesehatan sehingga ruangan tidak gelap.
  5. Anda dapat menggunakan bahan alami untuk mengusir bau ompol. Ambil bubuk kopi kemudian letakan pada sumber bau karena bubuk kopi dapat menyerap bau.
  6. Selain itu apabila anda memerlukan melengkapi dengan menggunakan aromaterapi, pilihlah wangi yang tidak menggangu bayi anda. Wangi yang tidak terlalu menyengat, pilihlah wangi yang alami.

Nah, itu dia yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau ompol pada bayi. Bagi anda yang akan membersihkan dan merapikan ruangan si kecil. Apabila si kecil sudah berada pada usia 2 tahun keatas. Anak anda dapat dilibatkan sehingga ketika anak anda mengompol lagi. Mengajaknya untuk membantu anda dalam mengganti seprai kemudian membuatnya peringatan bahwa mengompol merupakan kebiasaan jelek sehingga usahakan untuk buang air kecil sebelum tidur. Perlu anda ingat, anda jangan membuatnya menjadi tidak percaya diri karena anak anda mengompol akan tetapi mengarahkannya supaya tidak mengompol lagi. (Artikel menarik lainnya: Nama Bayi Perempuan)

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us