Tips Merawat Kesehatan Ibu Hamil Penderita Diabetes

5/5 (7)

Pada proses kehamilan seorang wanita akan mengalami banyak perubahan baik secara fisik maupun psikis dalam tubuhnya sehingga kondisi ini membuat mereka membutuhkan perhatian khusus untuk menjaga kesehatannya. Begitu pula bagi ibu hamil yang menderita diabetes, dimana mereka membutuhkan pemeriksaan khusus agar dapat mengontrol kesimbangan gula darah didalam tubuhnya selama masa kehamilan. Ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes baik itu diabetes tipe 1 ataupun diebets tipe 2 harus memiliki jadwal pemeriksaan khusus. Hal ini dilakukan guna meminimalisir gangguan pada kesehatan ibu dan janin yang dikandung selama masa kehamilan.

Bagi anda yang mengalami diabetes, perawatan medis yang dilakukan selama masa kehamilan akan sangat berguna dan diperlukan untuk mengetahui kestabila gula darah dan memastikan kebutuhan nutrisi si buah hati selama periode kehamilan tetap terjaga dengan baik. Sehingga kondisi ini membuat janin didalam kandungan ibu tidak mengalami kekurangan nutrisi sementara ibu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, ibu yang mengalami diabetes perlu mengurangi konsumsi terhadap makanan manis, nasi singkong dan makanan yang terbuat dari tepung. Hal ini dikarenakan karbohidrat, lemak dan kandungan gula dalam makanan menjadi musuh utama para penderita diabetes. Nah, dibawah ini kita simak beberapa tips merawat kesehatan ibu hamil penderita diabetes yang penting diketahui.

Lakukan Pemeriksaan Ke Dokter

Hal pertama yang penting untuk dilakukan untuk perawatan ibu hamil yang menderita diabetes adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter. Anda bersama dengan dokter anda dapat berusaha untuk mencegah atau menemukan masalah ini dengan lebih dini. Selain itu, lewat pemeriksaan ini dokter akan memberikan menu makanan yang aman dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Hal ini dikarenkan umumnya penderita diabetes perlu mengurangi asupan makanan dan menjauhkan diri dari beberapa konsumsi makanan yang berbahaya. Akan tetapi, dalam waktu yang bersamaan hal ini membuat anda tetap membutuhkan asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh si buah hati.

Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan adalah salah satu kunci pengendalian penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan apa yang anda konsumsi akan langsung terasa manfaatnya hingga kedalam tubuh anda. Untuk itu, penting sekali memperhatikan asupan makanan sehat anda anda nikmati setiap harinya. Selain itu, saran dari dokter atau ahli gizi akan menjadi panduan penting untuk anda dapat mengkonsumsi makanan yang baik dan tidak mempengaruhi kondisi kadar gula didalam darah anda. Untuk itu, konsultasikanlah terlebih dahulu makanan anda pada ahlinya. Agar anda tetap dapat mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh anda tanpa merusak kesehatan dan memperburuk kondisi diabetes yang anda alami.

Konsumsi Pil dan Insulin Sesuai dengan Perintah Dokter

Tidak adanya produksi insulin atau kurang cukupnya produksi insulin didalam tubuh dapat menjadi masalah yang rumit dan membuat diabetes menjadi lebih buruk. Untuk itu, jangan pernah lewatkan konsumsi obat dan jangan pula menganggapnya menjadi remeh. Anda dapat mengkonsumsi obat secara teratur. Hal ini akan dapat membantu anda untuk menjaga dan mengontrol gula dalam darah agar tetap stabil.

Kontrol dan Obat Gula Darah Rendah dengan Segera

Menjaga gula darah agar terkontrol dengan baik terkadang dapat mengarah pada resiko gula darah rendah. Kondisi ini akan pula berdampak tidak baik untuk kesehatan anda. Apabila anda mengkonsumsi pil diabetes atau insulin maka perhatikan untuk selalu siap sedia sumber gula seperi permen, tablet glukosa atau gel. Selain itu, juga sangat penting untuk anda mengajarkan anggota keluarga anda untuk membantu apabila sewaktu-waktu anda mengalami reaksi gula darah rendah yang cukup parah. Dengan begini maka anda akan lebih siap mengatasi kondisi-kondisi yang tidak diinginkan untuk tidak terjadi.

Aktif Bergerak

Kehamilan seringkali membuat wanita malas untuk beraktivitas dan merasa lesu. Hal ini umumnya terjadi karena hormon kehamilan yang bergejolak membuat wanita seringkali merasa enggan untuk dapat bergerak dengan aktif. Akan tetapi, bila anda adalah seorang penderita diabetes maka hal ini bukanlah tindakan yang bijak. Aktivitas fisik merupakan bagian penting lain dari rencana perawatan diabetes anda, bahkan selama masa kehamilan.

Hal penting yang perlu untuk selalu diingat bahwa aktivitas fisik akan dapat mempengaruhi gula darah. Untuk itu, periksakan kadar gula darah anda sebelum dan setelah melakukan aktivitas. Anda pun mungkin perlu untuk mengkonsumsi cemilan untuk menyesuaikan tingkat basal pompa insulin sebelum anda melakukan olahraga. Hal ini dikalukan untuk mencegah gula darah rendah.

Istirahat yang Cukup

Ibu hamil penderita diabetes bukan hanya akan memberikan dampak atau resiko terhadap kesehatannya saja. Namun kondisi ini akan dapat brdampak pada kesehatan janin dalam kandungan. Bayi yang memiliki ibu penderita diabetes akan besar kemungkinan lahir lebih cepat atau prematur. Bukan hanya itu, kondisi ini pun akan mungkin membuat si kecil mudah terkena dengan sindrom gawat nafas. Kondisi ini dikarenakan diabetes akan dapat menghalangi paru-paru bayi untuk dapat memproduksi surfaktan yang dibutuhkan untuk bayi bisa bernafas.

Adapun hal-hal yang direkomendasikan dilakukan untuk wanita hamil dalam kasus ini adalah mereka dianjutkan untuk mengkonsumsi makanan dan mengendalikan asupan makanan sehat. Selain itu, istirahat yang cukup menjad hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Sebab hal ini akan dapat mengurangi kemungkinan prematur pada bayi dan meningkatkan resiko persalinan normal dengan lebih besar.

Pemeriksaan Kondisi Kesehatan Bayi

Pada umumnya diabetes yang dialami oleh ibu hamil akan dapat menghilang dengan sendirinya seiring dengan usainya proses persalinan. Akan tetapi, bayi yang lahir dari ibu yang mengidap diabetes harus diperiksa secara cermat untuk mengetahui jika terdapat berbagai komplikasi. Di beberapa rumah sakit, semua bayi dengan ibu pendeirta diabetes pada umumnya akan langsung dibawa ke unit perawata khusus agar kadar gula darahnya dapat diperiksa dengan lebih baik.

Bukan hanya itu, ibu pun dianjurkan untuk menyusui si bayi secepatnya. Hal ini dilakukan guna menghindari hipoglikemia yakni kekurngan gula darah yang bisa saja dialami oleh si kecil pasca dilahirkan kedunia.

Demikianlah beberapa perawatan untuk ibu hamil yang menderita diabetes. Pada dasarnya meskipun ibu hamil yang mengidap diabetes memiliki resiko yang tinggi terhadap kehamilan, akan tetapi ibu akan tetap mampu melahirkan normal dan memiliki bayi yang sehat pada saat dilahirkan.

Yang perlu diingat adalah bahwa asupan gizi pada ibu hamil perlu diperhatikan dan anda pun perlu menjaga pikiran anda serta berpikiran positif bahwa kondisi ini akan dapat segera berakhir dan anda akan dapat sembuh. Lewat energi positif yang ditanamkan ini maka anda akan termotivasi untuk berkomitmen tinggi menjalankan perawatan diabetes agar cepat sembuh.

Itulah dia beberapa tips perawatan kesehatan untuk ibu hamil yang menderita diabetes. Semoga bermanfaat dan memberikan cukup informasi yang anda butuhkan.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel