Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Bagi Para Penderita Diabetes

5/5 (3)

Saat ini, diabetes melitus tengah menjadi salah satu fokus perhatian dalam dunia kedokteran. Hal ini dikarenakan penyakit yang ditandai dengan naiknya kadar gula didalam darah ini merupakan penyakit komplikasi yang paling banyak dan jumlah penderita yang setipa tahun terus mengalami peningkatan. Diabetes melitus memang kebanyakan diderita oleh mereka para orang dewasa dan telah lanjut usia. Adapun penyebab utama dari kondisi penyakit ini yang umum adalah kegemukan atau obesitas, tidak pernah berolahraga dan tidak menjaga pola makan dengan baik.

Meski diabetes termasuk kedalam penyakit yang berbahaya, namun apabila kadar gula didalam darah dapat dikendalikan dengan beralih pada gaya hidup yang lebih sehat. Maka pasien penderita penyakit ini akan dapat tetap hidup sehat, produktif dengan kualitas hidup yang baik.

Istilah kedokteran lebih banyak menggunakan keterangan bahwa diabetes dapat dikendalikan, bukan disembuhkan. Hal ini dikarenakan, apabila pasien kembali tidak berolahraga dan menjalankan pola hidup yang sembarang, atau tidak mengkonsumsi obat pengendali gula darah maka kadar gula didalam darahnya akan dapat kembali naik.

Pentingnya Perawatan Kesehatan Untuk Penderita Diabetes

Untuk itulah, pada dasarnya tujuan perawatan kesehatan pada penderita diabetes bukan untuk menyembuhkan. Namun lebih bertujuan untuk mengurangi efek dari komplikasi yang mungkin saja terjadi. Komplikasi yang timbul dari penyakit diabetes bukan hanya akan dapat membuat penyakit menjadi bertambah berat, namun juga kondisi ini akan dapat meningkatkan pengeluaran untuk berobat dan tentu saja kondisi ini pun seraya membuat kualitas hidup pasien menjadi lebih rendah.

Tantangan terberat pengobatan diabetes pada pasien adalah sifatnya yang jangka panjang dan diperlukan kedisiplinan pada si pasien itu sendiri. Secara umum, terdapat lima pilar pengendalian diabetes yang penting untuk diperhatikan.

Pilar Pengendalian Diabetes

  • Pengaturan makan
  • Edukasi
  • Olahraga
  • Pengobatan
  • Pengukuran gula darah secara mandiri

Kondisi ini akan dapat dianggap terkendali apabila setiap hari kadar gula didalam darah telah normal tanpa hipoglikemi.

Jadi demikian perawatan kesehatan pada umumnya bukan hanya berfokus dari yang dilakukan oleh dokter. Sebab pada dasarnya perawatan mandiri menjadi hal penting untuk dilakukan. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips merawat dan menjaga kesehatan pada para penderita diabetes.

Tips Merawat dan Menjaga Kesehatan Bagi Para Penderita Diabetes

Para ahli mengatakan bahwa para penderita diabetes perlu untuk selalu berusaha menjaga agar kadar gula didalam darahnya mendekati kadar gula darah Non-diabetes. Hal ini mungkin akan terdengar mustahil untuk para penderita diabetes itu sendiri. Namun dipungkiri atau tidak ini adalah satu-satunya jalan yang penting untuk menjaga kondisi kesehatannya. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda bagaimana seharusnya gula darah anda.

Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Penderita diabetes tidak memerlukan makanan yang spesial, apalagi makanan mewah dengan rasa yang lezat dan istimewa. Semua menu makanan yang baik untuk para penderita diabetes adalah jenis makanan yang memiliki efek yang sama baiknya dengan non-diabetes. Untuk itu, cobalah memilah makanan untuk anda konsumsi seperti makanan yang rendah dengan lemak, garam, rendah gula namun tinggi akan serat. Adapun jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi diantaranya adalah makanan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayur-sayuran dan makanan sehat lainnya.

Semua konsumsi makanan ini akan dapat membantu anda untuk menjaga berat badan, menjaga kadar glukosa didalam tubuh serta mencegah terjadinya komplikasi jantung dan perusakan pembuluh darah. Hanya saja, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi anda guna membantu mempersiapkan menu sehat untuk anda konsumsi.

Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur adalah hal yang baik dilakukan oleh para penderita diabetes. Jalan kaki, berenang, berdansa, bersepeda dan melakukan olahraga lainnya adalah hal yang penting untuk dilakukan. Anda bahkan bisa berolahraga pada saat dirumah, seperti membersihkan rumah atau pada saat berkebun. Yang terpenting adalah lakukan pergerakan yang akan membuat anda menjadi lebih aktif. Adapun manfaat dari kegiatan ini akan dapat memberikan manfaat baik, seperti:

  • Berolahraga akan dapat menjaga berat badan anda menjadi lebih stabil
  • Berolahraga akan dapat membantu kinerja insulin
  • Berolahraga akan dapat bermanfaat dan baik untuk jantung dan paru-paru
  • Berolahraga akan dapat memberikan energi lebih
  • Berolahraga akan dapat membua tubuh lebih segar dan berstamina.

Hanya saja, sebelum anda berolahraga akan lebih baik jika anda mengkonsultasikan terlebih dahulu masalah ini dengan dokter. Dokter akan melakukan pengecekan jantung dan kaki guna memastikan anda tidak mengalami keluhan atau masalah tertentu. Apabila tekanan darah anda tinggi atau mata anda bermasalah, maka dokter akan menganjurkan olahraga tertentu untuk anda.

Jangan Lewatkan Konsumsi Obat

Insulin dan pil diabetes serta injeksi (Byetta, symlin atau victoza) adalah jenis obat-obatan yang pada umumnya diberikan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bila Anda Menggunakan Insulin:

Anda menggunakan insluin bika tubuh anda berhenti memproduksi insulin atau tubuh anda tidak cukup memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Insulin tidak dapat dikonsumi sebagai pil. Anda perlu menyuntikan bahan ini kedalam tubuh setiap harinya. Beberapa orang akan menyuntikan insulin satu kali dalam satu hari. Yang lain mungkin melakukannya sebanyak 2 kali atau lebih dalam satu hari.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda mengenai penggunaan insulin ini. Jenis insulin apa dan berapa kadar insulin yang perlu anda gunakan dalam satu harinya. Mintalah bantuan teman atau kelaurga jika anda merasa tidak percaya diri menyuntikan insulin kedalam tubuh atau pada saat tangan anda gemerat atau penglihatan anda mulai kabur.

Adapun bagian yang umumnya menjadi tempat terbaik menyuntikan insulin adalah bagian:

  • Bagian terluar dari lengan bagian atas
  • Sekitar pinggang
  • Bagian terluar dari kaki bagian atas
  • Konsultasikan terlbih dahulu dengan dikter atau bidan
  • Hindari bagian tubuh yang memiliki bekas luka atau stretch marks

Bila Anda Tidak Menggunakan Insulin atau Pil Diabetes

Banyak penderita diabetes tipe 2 tidak perlu menggunakan insulin atau pill diabetes. Akan tetapi semua penderita diabetes perlu mengikuti saran dokter guna mendapatkan menu makanan sehat yang boleh dikonsumsi. Selain itu, anda pun perlu memperhatikan untuk selalu menjalankan olahraga secara teratur.

Cek Kadar Gula Darah Setiap Hari

Langkah terakhir yang penting untuk dilakukan adalah anda perlu mengetahui seberapa baik dan mengontrol kondisi diabetes ada. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan tes kadar gula dalam darah. Jika  darah anda mengandung terlalu sedikit atau terlalu banyak gula didalamnya maka dokter pada umumnya akan menyarankan perubahan menu makanan sehat yang anda konsumsi selama ini. Bukan hanya itu, dokter juga akan menyarankan anda untuk melakukan olahrata dan memeriksa kembali obat-obatan yang anda kosumsi. Jadi demikian, jangan enggan untuk pergi ke dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan anda secara rutin agar dokter dapat memonitor kondisi kesehatan anda dengan baik.

Itulah dia beberapa tips perawatan penderita diabetes yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply