6 Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin Dalam Kandungan

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin – Setiap orangtua tentu ingin memiliki anak yang sehat dan cerdas. Masa kehamilan adalah momen penting untuk pertumbuhan otak bayi dalam kandungan. Apa yang dikonsumsi oleh ibu, maka akan berpengaruh untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Untuk membantu meningkatkan pertumbuhan otak si kecil dalam kandungan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Selain dari makanan atau minuman yang dikonsumsi, namun bisa juga melalui berbagai cara lainnya. Nah berikut ini beberapa tips meningkatkan kecerdasan otak janin dalam kandungan.

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin

Baca juga : Cara Mengatasi Rasa Cemas Ibu Hamil

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin Dalam Kandungan

Untuk membuat buah hati anda cerdas dan pintar di masa depan anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini.

Mempersiapkan Lingkungan yang Baik

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin

Plasenta akan menyaring racun antara tubuh ibu hamil dan janin dalam kandungan. Namun, terdapat beberapa racun yang bisa masuk dan akan menembus plasenta, seperti misalkan alkohol, obat-obatan, zat berbahaya, bahan kimia dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebaiknya selama masa kehamilan anda menghindari mengecat rumah atau melakukan renovasi rumah. Pasalnya, racun pada cat dan pembersih rumah menjadi salah satu hal yang akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan jaringan otak janin sehat.

Minum Banyak Air

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini tentu akan membahayakan kesehatan ibu hamil. Dehidrasi yang dialami oleh ibu hamil akan membuat cairan ketuban lebih tebal. Walaupun bukan hal yang fatal, namun hal ini akan membuat tidak nyaman, serta menyebabkan pertumbuhan otak janin tertunda.

  • Anda harus minum air putih yang cukup dalam setiap harinya sesuai kebutuhan.
  • Anda disarankan untuk minum air mineral dibandingkan dengan kopi, perasa, soda atau teh.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin

Si kecil akan ada dalam kandungan selama kurang lebih 9 bulan. Makanan apapun yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil, akan masuk juga ke dalam tubuh si kecil dalam kandungan. Oleh karena itu, selama hamil anda harus hati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Dokter akan menyarankan konsumsi makanan dengan kandungan asam folat, vitamin D dan zat besi seperti berikut ini:

  • Mengonsumsi Ikan berlemak. Ikan berlemak mengandung asam lemak Omega-3 yang memiliki peran penting untuk pertumbuhan otak si kecil dalam kandungan. Anda dapat makan ikan setidaknya 2 porsi atau lebih dalam setiap minggu. Selain ikan, anda juga bisa memilih tiram yang kaya akan kandungan yodium. Jika kadar yodium rendah pada ibu hamil maka akan dapat mempengaruhi kecerdasan si kecil dalam kandungan.
  • Mengonsumsi sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau mengandung asam folat yang akan membantu pertumbuhan si kecil dalam kandungan. Tidak hanya itu, asam folat juga akan dapat melindungi otak si kecil dari kerusakan, mencegah cacat jantung dan bibir sumbing, serta risiko cacat tabung saraf akan berkurang. Sebelum mengolah atau mengonsumsi sayuran tersebut, pastikan anda mencucinya terlebih dahulu
  • Telur. Pada telur terkandung tinggi protein dan rendah akan kandungan kalori. Tidak hanya itu, pada telur juga terkandung asam amonio yang akan bermanfaat untuk perkembangan otak si kecil dan membantu meningkatkan memorinya.
  • Mengonsumsi blueberry. Buah yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk perkembangan kognitifnya. Selain buah ini, anda juga bisa mengonsumsi buah raspberry, stroberi, blackberry, kacang dan tomat.
  • Mengonsumsi kacang almond. Pada kacang almond terkandung lemak sehat, vitamin E, magnesium, protein dan omega-3. Dengan mengonsumsi kacang almond sebanyak segenggam dalam setiap harinya dikaitkan akan melahirkan anak yang cerdas. Nah, untuk meningkatkan kecerdasan otak janin agar si kecil terlahir menjadi seorang anak yang cerdas, anda bisa mengonsumsi kacang almond.
  • Mengonsumsi keju. Vitamin D yang terkandung pada keju memiliki peran penting untuk perkembangan kognitif si kecil. Jika asupan vitamin D pada ibu hamil rendah, maka akan membuat kadar IQ rendah pula.
  • Mengonsumsi yogurt Yunani. Makanan yang satu ini diketahui mengandung protein yang berperan untuk perkembangan kognitif janin. Tidak hanya itu, pada yogurt Yunani juga terkandung yodium dan kalsium yang bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan si kecil.
  • Mengonsumsi susu. Susu bermanfaat untuk perkembangan fungsi kognitif sehat, serta akan mendukung perkembangan otak janin sebelum dilahirkan. Pada susu terkandung zat besi yang kaya.
  • Mengonsumsi biji labu. Pada biji labu terkandung seng. Dimana kandungan ini diketahui bermanfaat untuk membentuk struktur otak, serta membantu dalam memproses informasi secara kognitif.

Melakukan Kegiatan yang Akan Merangsang Otak si Kecil

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin

Berdasarkan sebuah studi menunjukan, musik akan membuat fungsi otak meningkat. Selain itu, dengan musik bagian yang tidak terstimulasi dengan cara lain akan terangsang.

  • Oleh karena itu, sebagai tips meningkatkan kecerdasan otak janin anda dapat mendengarkan musik yang tepat.
  • Selain itu, kegiatan membaca juga akan dapat memberikan bahan stimulasi dengan serupa.
  • Namun, anda juga bisa melihat karya seni dan alam. Dengan melihat karya seni kreatif diketahui akan mendorong anak menjadi lebih kreatif. Kebahagiaan yang berasal dari ibu dengan melihat seni akan tertanam dalam diri anak dan akan bermanfaat untuk kehidupan anak di masa mendatang.

Melakukan Olahraga

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin

Melakukan olahraga saat hamil akan dapat membantu meningkatkan aliran darah pada seluruh tubuh, termasuk janin. Hal ini tentu akan bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung si kecil, merangsang pertumbuhan otak si kecil dan meningkatkan gerakan ototnya.

  • Berenang dan yoga menjadi dua latihan terbaik untuk ibu hamil. Dengan berenang akan membantu menghilangkan tekanan pada tubuh ibu hamil, serta membuat otot tetap kuat. Selain itu, dengan berenang akan mencegah berkeringat berlebih pada ibu hamil yang akan berbahaya untuk kesehatan janin.
  • Sedangkan dengan melakukan yoga akan bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan, koordinasi dan kedamaian, serta akan merangsang otot. Selain itu, dengan melakukan yoga keluhan dan rasa sakit yang banyak ibu hamil alami akan berkurang.
  • Sebelum melakukan olahraga, alangkah lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter, karena setiap kondisi ibu hamil berbeda-beda.

Artikel lainnya : Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin

Pembentukan otak si kecil akan dimulai sejak dini, yaitu saat usia berkisar 3 minggu. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk menerapkan gaya hidup sehat sejak usia awal kehamilan.

  • Ibu hamil harus aktif bergerak
  • Mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang
  • Hindari rokok dan minuman alkohol
  • Menghindari stres
  • Mencukupi waktu istirahat
  • Serta secara berkala melakukan pemeriksaan antenatal

Demikian beberapa tips meningkatkan kecerdasan janin dalam kandungan. Anda jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau meminta saran yang tepat dari dokter. Dengan seperti itu, kecerdasan si kecil akan berkembang terus sejak ia berada dalam kandungan sampai dewasa.

 

Leave a Reply