data-ad-format="auto"

Tips Mengoptimalkan Perkembangan Otak Bayi

Mainan bayi tidak saja sekedar alat untuk menghentikan tangisan bayi anda atau membuatnya tidak rewel melainkan sebuah alat untuk merangsang dan mengembangkan otak bayi. Pada dasarnya perkembangan otak pada bayi telah dimulai semenjak janin di dalam kandungan, pada usia kandungan delapan minggu perkembangan saraf pusat dan otak merupakan organ yang pertama kali dibentuk di dalam janin, menginjak usia janin enam belas minggu terbentuk beberapa saraf sebagai perkembangan hingga pada trimester ketiga. Meskipun mainan dapat membantu anda dalam menstimulasi kemampuan bayi akan tetapi beberapa cara tradisional masih dapat anda gunakan dikarenakan beberapa kegiatan tersebut dapat membuat perkembangan otak bayi lebih optimal.

Berikut adalah tips mengoptimalkan perkembangan otak pada bayi :

1.    Anda dapat mengajak bayi anda untuk tertawa bersama, baik beberapa tindakan yang membuatnya mengenali anda atau benda benda disekitarnya. Dengan bantuan mainan yang disesuaikan dengan usia bayi anda, dapat membantu anda untuk merangsangnya tertawa.

2.    Meskipun kemampuan bayi anda masih sangat terbatas akan tetapi pada usia bayi berusia satu bulan sudah dapat diajak bercanda. Hal ini berkaitan dengan mengasah kemampuan verbal bagi anda.

3.    Selain mengajaknya berbicara, anda dapat sesekali mengajaknya bernyanyi. Dengan cara ini akan lebih efektif dalam menambah pembendaharaann kata pada bayi anda.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

4.    Sesekali anda dapat memeluk bayi anda, pelukan pada bayi anda akan membuatnya merasakan nyaman dan merasakan kasih sayang dari orangtuanya.

5.    Bebeberapa cara untuk mengoptimalkan kemampuan bayi anda sehingga anda dapat sesekali membacakan buku cerita atau mendogeng meskipunn bayi anda belum sepenuhnya memahami anda. Hal ini akan membantu dalam mengasah kemampuan verbal sekaligus belajar untuk memahami anda.

6.    Ajaklah anak anda untuk melakukan kegiatan yang meningkatkan rasa senang dan bahagia, apalagi anda memberikan waktu bersama dengan bayi anda untuk sekedar bermain.

Adapun peranan bagian otak dan fungsinya dalam perkembangan otak yang tumbuh cepat selama satu tahun pertama kelahiran bayi anda :

1.    Batang Otak

Bagian ini berkembang di awal kehamilan yang berfungsi dalam mengatur gerakan gerakaan ringan seperti menelan sari buah, menendak kaki atau mengemut jemari bayi. Begitu pula dengan fungsi dasar pada bayi anda seperti bernafas, metabolisme dan detak jantung. Meskipun bagian otak ini dapat mengendalikan gerakan bayi kompleks.

2.    Sistim Limbik

Sistem ini berhubungan dengan emosi bayi dan akan berfungsi aktif apabila perasaan bayi berubah, kemudian akan mengalirkan respon pada batang otak dan mengendalikan reaksi tubuh sesuai dengan perasaan.

3.    Syaraf cermin

Syaraf cermin akan berfungsi ketika bayi anda melihat orang lain melakukan sesuatu kegiatan sehingga dengan tanda ini akan membantu bayi anda dalam menirukan gerakan orang tersebut. Salah satu contohnya adalah ketika anda tertawa, bayi anda akan ikutan tertawa atau ketika anda berbicara, bayi anda akan membuka mulut seolah olah ingin mengikuti geraka anda.

4.    Otak besar atau cerebrum

Salah satu peranan yang berhubungan dengan gerakan yang menyiapkan bayi dalam perubahan yang akan membantu perkembanganya. Seperti halnya merayap atau belajar merangkak.

5.    Frontal Lobe

Salah satu bagian yang berhubungan dengan penyimpanan data dan gambaran yang terletak pada otak besar. Sehingga tersimpan beberapa memori gambar dan gambaran orang lain akan membantu dalam menambah kemampuan mengingatnya.

Loading...

Follow us