data-ad-format="auto"

Kenali Ketika Bayi Anda Lelah

Para orang tua wajib mengenali dan menguasai segala karakter, sifat dan kecederungan bayi. Dengan begitu anda dapat memahami dan mengerti apa yang diinginkan oleh bayi. Bayi biasanya memberikan ekspresi wajah dan cenderung manja pada orang yang mengasuhnya atau gerakan-gerakan yang menunjukan sesuatu. Dalam memahami dan mengerti karekter sang bayi ini sangat membutuhkan waktu yang panjang.

Jika bayi merasa lelah, bayi akan menunjukan tanda-tanda sebagai berikut:

1.    Jika bayi merasakan lelah maka bayi akan merengek secara terus menerus, pada saat itu anda sebaiknya segera mengajaknya untuk tidur.
2.    Tatapan mata yang kosong dibarengi dengan mata sayu.
3.    Setiap kali ada orang yang mendekati, si bayi akan memalingkan wajahnya.
4.    Melengkungkan badan ke depan dan belakang.
5.    Mengepalkan kedua tangannya dan menempelkannya pada pipi.
6.    Tangan dan kaki tampak bergerak mengacak.
7.    Cara paling mudah mendeteksi bayi kelelahan adalah menguap.
8.    Mencoba mencari posisi yang nyaman dan bayi terlihat gelisah. Dan terlihat menghisap sesuatu.

Tanda-tanda kelelahan yang di tunjukan oleh bayi kebanyakan tidak dimengerti dan dipahami oleh pasangan muda yang baru memiliki bayi. Ada baiknya anda meminta bantuan kepada orang lain yang telah memiliki banyak pengalaman dalam memahami bayi, seperti orang tua anda atau pengasuh bayi. Bayi akan memberikan tanda-tanda dengan intensitas yang sering bila tanda-tanda yang bayi berikan terabaikan. Yang sering terjadi pada pasangan yang baru memiliki bayi, pada awalnya si bayi merengek pelan namun akan menangis hingga menjerit, jika rengekan itu terabaikan oleh. Jika terlihat ada tanda-tanda seperti dijelaskan tadi maka sebaiknya orang tua langsung menenangkan sang bayi dengan mendekap atau mengajaknya tidur agar sibayi tidak merasa lelah.

Pada saat pertama bayi baru lahir, bayi hanya mengandalkan gerakan refleks seperti hal yang pertama dilakukan bayi yaitu mencari puting dengan refleksnya, refleks menghisap ASI, refleks saat menggenggam serta refleks meregangkan jari-jari pada kaki (refleks babinski). Bayi belum dapat mengontrol semua gerakan tubuh dan ototnya demi keinginan tertentu. Hal ini juga yang menyebabkan bayi kurang bisa memberikan tanda-tanda bahwa bayi sedang kelelahan. Walaupun si bayi memberikan tanda-tanda bahwa ia kelelahan, namun bayi tetap meujukandengan cara yang sangat halus dan tidak nyata, ini yang menjadikan bayi terabaikan. Sebaiknya yang anda lakukan:

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

  1. Menghentikan segala aktifitas bermain anda dengan bayi. Peluk bayi anda kemudian bisikan kata-kata yang lembut. Berikan kenyamanan bagi si bayi. Perasaan nyaman akan membuat si bayi mengerti ia berada di lingkungan aman.
  2. Periksa terlebih dulu apakah si bayi ini lapar atau popoknya yang basah.
  3. Mengajak si bayi ke tempat yang lebih sepi agar si bayi merasakan lebih tenang dari sebelumnya.
  4. Pada saat bayi tidak ingin tidur, maka cobalah dengan menggendongnya dan ayunkan secara lembut dan nyanyikan lagu atau berikan musik yang sangat lembut.

Jika bayi terabaikan?

Meningkatnya tanda-tanda kelelahan bayi. Pada awalnya rangekan si bayi terdengar pelan dan halus, namun jika terabaikan oleh kita dia langsung akan menangis bahkan hingga menjerit. Cobalah gendong si bayi ajak si bayi berkeliling dan ajaklah si bayi berkomunikasi. Ketika si bayi telah merasakan kenyamanan pada diri anda dan tidak lagi terlihat lelah maka dia akan mudah tertidur.

Loading...

Follow us