data-ad-format="auto"

Cukupi Kepenuhan Gizi Untuk Pembentukan Janin

Ibu hamil diharusakan memperhatikan pola makan serta memenuhi segala kebutuhan gizi pada saat hamil. Memilih makanan sehat serta seimbang antara kabohidrat, lemak, protein, vitamin dan juga mineralnya. Manfaat zat gizi secara umum bagi kehamilan, sebagai berikut:

1.    Sumber energi untuk ibu hamil juga janinnya.
2.    Membantu pertumbuhan janin, memperbaiki jaringan tubuh dan organ tubuh lainnya.
3.    Melindungi ibu hamil agar tidak terkena infeksi serta penyakit lainnya, selain itu menjalankan fungsi janin dan sistem tubuh lainnya.

Kekurangan asupan makan bagi ibu hamil di khawatirkan akan menimbulkan berbagai resiko untuk ibu dan bayi nanti. Perkembangan bayi terganggu dan bayi beresiko lahir prematur jika pada saat kehamilan anda tidak memperhatikan asupan gizi.

Ini gizi yang harus dipenuhi pada saat kehamilan:

1.  Kalori. Pada trimester pertama pada kehamilan kebutuhan kalori perlu dinaikkan menjadi 180 kkal setiap hari. Sementara 300kkal kebutuhan kalori ibu hamil pada trimester kedua dan ketiga. Sebanyak 55% kalori didapat dari karbohidrat, lemak nabati dan juga hewani sebanyak 35%, protein 10% serta sisanya berasal dari sayur dan buah segar.

2.  Protein. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil setiap harinya sebanyak 60 gr. Protein hewani terdapat pada daging merah, unggas, ikan, telur dan juga susu. Sedangkan protein nabati terkandung dalam tempe, kacang-kacangan, dan lainnya. Protein ini sangat dibutuhkan untuk sumber kalori, membentuk sel darah, membangun sel-sel yang baru pada janin, dan membentuk hormon pada ibu dan janin.

3.  Lemak. Asam lemak yang paling penting bagi perkembangan otak pada janin ialah omega-3 dan omega-6. Sumber Omega-3 dapat ditemukan dari daging, sayuran, dan juga telur. Sementara omega-6 sendiri diperoleh dari kacang kedelai, ikan tuna, sarden dan juga salmon.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

4. Vitamin. Vitamin yang juga dibutuhkan ibu hamil adalah :

  • Vitamin A yang berguna bagi pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Selain itu vitmin A berguna bagi rambut, mata, kulit juga mengurangi resiko kelainan bawaan.
  • Vitamin B1, vitamin ini sangat penting untuk menjaga energi dan mengatur sistem pada saraf. Tubuh membutuhkan sedikitnya 1,4 mg vitamin B1 setiap harinya.
  • Vitamin B2, setiap harinya ibu hamil membutuhkan vitamin B2 sedikitnya 1,4 mg. Vitamin B2 bisa diperoleh dari daging dan susu.
  • Vitamin B12, berperan banyak bagi berkembangnya saraf serta fungsi otak pada janin.
  • Vitamin C ini memudahkan zat besi terserap oleh tubuh, selain itu baik bagi gigi dan gusi. Vitamin C ini bisa didapatkan pada buah dan sayur.
  • Vitamin D, vitamin D ini sangat berguna bagi terbentuknya tulang.
  • Vitamin E sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mempermudah tubuh daam membentuk serta memfungsikan sel darah merah juga otot.

Zat-zat lain yang didiperlukan oleh ibu hamil ialah :

1.  Zat besi. Kebutuhan ibu hamil akan zat besi setiap harinya sebesar 26 mg. Zat besi ini sangat dibutuhkan untuk mencegah anemia. Daging merah dan bayam lah yang banyak mengandung zat besi ini.

2.  Asam Folat. Asam folat ini biasanya dibutuhkan sebelum mengalami kehamilan hingga pada trimester pertama kehamilan. Kelainan otak dan tulang belakang ini dapat dicegah dengan asam float ini.

3.  Kalsium. Demi memenuhi kebutuhan kalsium, ibu hamli membutuhkan 1000 mg setiap harinya demi menjaga tulang dan gigi. Kalsium juga dapat meminimalisair resiko pre-ekslamsia atau darah tinggi. Dapatkan asupan kalsium dari salmon, yogurt, brokoli dll.

Loading...

Follow us