data-ad-format="auto"

Tips Mengetahui Bayi Perempuan atau Lelaki Semenjak di dalam Kandungan

Siapa yang tidak bahagia dapat mengetahui kelamin bayi didalam kandungan,setidaknya anda dapat mempersiapkan semua kebutuhan buah hati setelah kelahiran.

Tidak hanya melalui pemeriksaan USG jenis kelamin anak dapat diketahui melainkan beberapa ciri yang umumnya dipercaya sebagai tanda kehamilan mengarah pada jenis kelamin perempuan atau lelaki. Bagaimana cara untuk mengetahuinya?

Percaya atau tidak jenis kelamin bayi dapat diketahui dari semenjak ibu hamil, meskipun hasilnya tidak selalu akurat 100%, hanya saja hal ini menjadikan anda lebih mempersiapkan perlengkapan bayi.Biasanya perubahan fisik dan juga kebiasaan ibu selama hamil dikaitkan dengan jenis kelamin bayi.

Beberapa mitos seputar jenis kelamin perempuan atau lelaki ini sudah dikenal semenjak jaman dulu kala, bahkan pada setiap daerah atau negara memiliki cara yang unik. Hal yang harus anda jaga adalah tetap menjaga kesehatan ibu dan hamil jangan sampai membahayakan kesehatan anda dan janin.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Salah satu yang akan kami bagikan disini,adalah mitos jenis kelamin janin akan tetapi dilihat dari perubahan fisik yang dialami oleh ibu hamil. Seperti yang dilansir dalam babyexpert.com bahwa beberapa tanda yang sering dihubungkan dengan jenis kelamin bayi didalam kandungan salah satu diantaranya adalah gerakan cincin.Gerakan ini adalah dengan mencoba mengikat cincin dengan seutas benang kemudian gantung dibagian perut ibu hamil.Apabila kearah samping maka janin diprediksin lelaki sedangkan untuk perempuan umumnya bergerak melingkar.

Selanjutnya yang dihubungkan dengan jenis kelamin bayi adalah bentuk perut ibu hamil. Beberapa orang percaya bahwa apabila perut ibu hamil lebih tinggi, lebih besar pada bagian atas dan terlihat menyamping maka bayi berjenis kelamin perempuan. Sedangkan apabila perut ibu hamil lebih besar pada bagian bawah dan posisi sejajar dengan tubuh ibu hamil maka dipercaya bayi berjenis kelamin laki-laki.

Kemudian yang masih berhubungan dengan jenis kelamin adalah hitungan penjumlahan dari usia ibu hamil. Hitungan penjumlahan usia ibu mengandung ditambah dengan ibu mengandung ,jika akumulasi usia tersebut ganjil maka janin diprediksi berjenis kelamin lelaki sedangkan apabila genap maka berjenis kelamin perempuan (artikel terkait: Nama Bayi Perempuan).

Bahkan kebiasaan makan dapat dihubungkan dengan jenis kelamin bayi.Apabila ibu hamil yang sering mengkonsumsi makanan yang manis maka diduga berjenis kelamin laki-laki sedangkan untuk kebiasaan makan dengan citarasa asin diduga ibu hamil berjenis kelamin perempuan.

Terakhir yang selalu dihubungkan dengan ukuran buah dada ibu hamil. Percaya atau tidak apabila buah dada pada sebelah kanan membesar maka ibu hamil mengandung janin laki-laki sedangkan untuk putri buah dada bagian kiri akan terlihat lebih besar.

Cara-cara tradisional diatas validitasnya dipertanyakan.Hanya untuk mengetahui ciri-ciri dan berharap ada kecocokan dengan test yang mudah untuk anda lakukan sendiri. Berikut adalah beberapa ciri yang umum untuk mengetahui ciri-ciri ibu hamil yang mengandung bayi perempuan :

1.Didalam rahim jantung bayi akan lebih berdetak lebih dari 140  beat/menit.

2.Perut ibu hamil tampak tonjolan sejajar dengan pinggang.

3.Posisi perut bunda lebih menonjol bagian atas dan terlihat keatas.

4.Mengalami morning sickness yang lebih lama dari kehamilan biasanya.

5.Kulit selama hamil terasa lebih lembut.

6.Suasana hati lebih mudah berubah dan sensitif.

7.Lebih nyaman posisi tidur kesebalah kanan.

8.Rambut menjadi lebih tipis dan kusam selama kehamilan.

Sedangkan unntuk ibu hamil yang memiliki kebiasaan dan perubahan fisik seperti di bawah ini , umumnya dikaitkan dengan prediksi ibu hamil janin laki-laki:

1.Ibu hamil mengalami detak jantung yang kurang dari 140beat/menit.

2.Pada bagian perut ibu hamil mengalami tonjolan perut sedikit kearah samping

3.Selanjunya perut ibu hamil pada bagian bawah terlihat membesar

4.Bahkan ketika hamil ibu hamil merasa kulit hangat.

5.Mengalami morning sickness yang ringan.

6.Pada saat ibu hamil dihadapan cermin, pupil mata terlihat membesar.

7.Ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki lebih menyukai makanan yang manis dan protein keju dan daging

8.Kulit ibu hamil akan terasa lebih kering

9.Kebiasaan bunda tidur dengan bantal pada sebelah utara.

Dengan mengetahui perubahan yang terjadi selama kehamilan, umumnya ibu dapat menyimpulkan beberapa kebiasaan dan perubahan fisik yang terjadi terkait jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Hanya saja lebih disarankan ibu hamil untuk lebih menjaga kehamilan dengan mengetahui ciri kehamilan yang sehat.

Kehamilan yang sehat hingga hari menjelang persalinan akan lebih penting dibandingkan anda menebak-nebak jenis kelamin. Bahkan melalui pemeriksaan kehamilan , USG sekalipun tingkat akurasinya tidak dapat dipastikan 100% melainkan masih bisa berubah.

Nah, lebih baik ibu hamil memperhatikan ciri kehamilan yang sehat dari fisik ibu hamil diantaranya adalah :

1. Rambut yang tebal dan berkilai yang umum membawa dampak yang baik untuk kehamilan. Seperti yang dilansir pada situs pregnant.thebump.com bahwa kehamilan yang sehat ditandai dengan rambut yang berkilau dan tebal.

2.Pertumbuhan kuku yang indah menandakan bahwa kehamilan telah dilengkapi oleh konsumsi vitamin yang mencukupi selama kehamilan. Bahkan diimbangi dengan tekanan darah dan hormon yang meningkat selama kehamilan.

3.Selanjutnya yang berhubungan dengan ciri kehamilan yang sehat adalah perubahan cara berpikir ibu hamil,konsumsi protein yang dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan otak janin. Sehingga pada saat inilah ibu hamil akan merasa terpengaruh dengan aroma makanan yang menyengat.

4.Kehamilanyang sehat juga ditandai dengan tekanan darah yang normal selama kehamilan, kebutuhan zat besi yang cukup selama kehamilan dan juga nutrisi seimbang melalui menu makanan harian ibu hamil. Ibu hamil akan terlihat lebih segar dan tidak mengalami keluhan yang membuat terbebani.

5. Selanjutnya yang berhubungan dengan berat badan ibu hamil, perubahan berat badan ibu hamil akan dipengaruhi oleh usia kehamilan. Pada menjelang persalinan kehamilan yang sehat akan membuat ibu hamil mengalami kenaikan berat badan 15-20 kg.

Dengan demikian untuk mengetahui jenis kelamin perempuan atau laki-laki sebaiknya tidak hanya diketahui dari perubahan yang dialami selama kehamilan saja melainkan diperkuat dengan pemeriksaan kehamilan , USG yang dapat dilakukan pada trimester pertama kehamilan.

Hanya saja tidak semua posisi bayi ketika dilakukan USG dapat mendukung untuk mengetahui jenis kelamin bayi.Sehingga apabila jenis kelamin tertutup oleh bagian tubuh lain tidak dapat diketahui jenis kelamin bayi secara pasti.

Selain melakukan USG ibu hamil dapat mengetahui dengan pemeriksaan melalui pemeriksaan kromosom bayi, test ini bernama amniocentesis yang dilakukann untuk mengetahui genetika pada bayi. Caranya yaitu dengan memasuki jarum ke dalam rahim kemudian mengambil cairan ketuban dan dilakukan pada minggu ke 16 kehamilan.

Sedangkan test lain untuk mengetahui kromosom bayi adalah CVS yaitu chorionic vilus sampling, test yang dilakukan pada trimester pertama pada kromosm bayi dan jarang digunakan oleh ahli medis. Itulah tadi beberapa ciri untuk mengetahui jenis kelamin bayi dan juga test yang dapat menentukan test kehamilan, semoga bermanfaat dan bayi anda lahir dengan selamat. 

Loading...

Follow us