4 Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil dengan Cara Efektif

Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil – Saat hamil banyak wanita yang mengeluh mengalami keputihan. Padahal keputihan saat hamil adalah kondisi yang normal dan tidak perlu anda khawatirkan. Meskipun begitu, sangat penting untuk mengetahui cara mencegah keputihan saat hamil agar anda tetap nyaman. Karena seperti yang kita ketahui, keputihan dapat menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Ketika hamil, leher rahim serta dinding vagina menjadi lembut dibandingkan biasanya. Hal ini menjadikan produksi lendir  jumlahnya menjadi lebih banyak. Produksi lendir yang banyak ini juga turut dipengaruhi karena hormon estrogen kadarnya tinggi. Selain itu, dipengaruhi juga karena aliran darah yang meningkat ke leher rahim yang terjadi saat hamil.

Baca juga : Cara mengatasi sakit punggung saat hamil

Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil dengan Cara Efektif

Sebagai cara mencegah keputihan saat hamil, dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan organ intim. Adapun cara yang dapat anda lakukan seperti berikut ini.

Mencuci Tangan

Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil

Mencuci tangan menjadi langkah awal sebagai cara mencegah keputihan saat hamil. Sangat dianjurkan untuk mencuci tangan dengan rutin, selain mencegah keputihan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Sebagai tips mencegah keputihan saat hamil,  anda harus membiasakan mencuci tangan sebelum ataupun setelah menyentuh organ intim. Pastikan anda mencuci tangan hingga benar-benar bersih supaya kebersihan organ intim anda dapat terjaga.

Bersihkan Organ Intim dengan Benar

Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil

Membersihkan organ intim harus anda lakukan dengan baik dan benar. Setelah anda selesai buang air kecil atau buang air besar, anda harus membersihkan organ intim dengan menggunakan air.

  • Caranya yaitu basuh organ intim menggunakan air dari depan ke bagian belakang. Ini dilakukan untuk mencegah bakteri yang terdapat pada anus ke vagina.
  • Apabila anda merasa organ intim sudah bersih, anda dapat mengeringkannya dengan menggunakan tisu atau handuk lembut supaya vagina anda kondisinya tetap kering dan kelembabannya terjaga.

Hindari Menggunakan Sabun Mengandung Parfum

Tips Mencegah Keputihan Saat Hamil

Anda harus lebih teliti dalam memilih sabun untuk organ intim saat anda hamil. Menggunakan sabun yang tidak tepat akan dapat menimbulkan masalah.

Untuk membersihkan organ intim, anda disarankan menghindari sabun dengan kandungan parfum, vaginal douche atau sabun pembersih kewanitaan sebab akan dapat menyebabkan terpengaruhnya keseimbangan pH vagina dan bakteri baik. Tidak terjaganya keseimbangan bakteri baik, maka risiko infeksi akan menjadi lebih besar.

Gunakan Pakaian Dalam yang Nyaman

Tips Mencegah Keputihan Saat Hami

 

Memilih pakaian dalam yang nyaman tentunya akan membuat anda juga merasa nyaman. Selain itu, memakai pakaian dalam yang tepat dan nyaman juga akan mencegah masalah keputihan yang dapat dialami oleh ibu hamil.

  • Pakaian dalam yang dapat menjadi pilihan bagi ibu hamil yaitu pakaian yang terbuat dari bahan katun.
  • Pastikan anda memilih pakaian yang tidak ketat atau longgar.
  • Jika anda mengalami keputihan yang banyak anda harus mengganti pakaian dalam dengan lebih  sering. Ini dilakukan agar area organ intim anda dalam keadaan bersih dan kering.

Lihat juga : 5 Cara Mengatasi Nyeri Payudara Saat Hamil

Mengetahui cara mencegah keputihan saat hamil sangat penting. Nah, beberapa tips di atas bisa membantu mencegah masalah keputihan yang mungkin anda alami. Selain itu, anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara  mencegah keputihan dengan tepat. Anda juga harus waspada terhadap tanda-tanda keputihan yang tidak normal. Jika anda mengalaminya, anda harus segera melakukan konsultasi pada dokter.

 

Leave a Reply