data-ad-format="auto"

Tips Mencegah Gigi Berlubang

Penyebab umum yang biasanya membuat keluhan pada gigi adalah seringnya mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi, termasuk saat gigi berlubang. Selain itu, sebagaimana diungkapkan oleh seorang ahli gigi asal Berlin University, Wiiloughby yang juga mengemukakan, bahwa gigi berlubang juga dapat diakibatkan oleh bakteri yang menempel pada gigi akibat sisa makanan pada daerah sekitaran gigi.

Anda tentu tidak ingin jika gigi anda sampai mengalami masalah apalagi berlubang. Selain akan mendatangkan masalah seperti rasa nyeri, gigi berlubang juga bisa mengakibatkan keluhan lainnya seperti bau mulut dan membuat anda menjadi tidak percaya diri.

Berikut beberapa tips mencegah gigi berlubang yang bisa anda ketahui.

1.    Biasakan Untuk Rajin Menggosok Gigi

Salah satu cara untuk menghindarkan keluhan pada gigi adalah dengan tetap menjaga gigi untuk selalu bersih. Rajin menyikat gigi adalah tindakan untuk menjaga gigi tetap bersih. Biasakan menyikat gigi minimal 2 kali sehari termasuk setelah selesai makan dan ditambah dengan malam hari. Menyikat gigi dimalam hari sebelum tidur adalah waktu yang paling tepat untuk membuang bakteri dan sisa makanan yang akan menumpuk dan berkembang ketika anda tidur.

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

2.    Konsumsi Susu Dengan Kalsium Tinggi

Konsumsilah susu dengan kalsium tinggi namun rendah lemak. Kandungan kalsium amat penting dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Seiring dengan bertambahnya usia, gigi manusia menjadi lebih rapuh dan mudah berlubang. Namun dengan memperbanyak konsumsi susu dengan kandungan kalsium tinggi, itu artinya membantu menjaga kesehatan gigi dan mencegahnya berlubang. Untuk konsumsi susu ini, bisa anda nikmati saat sarapan pagi atau saat melakuka n aktivitas yang begitu berat dan membutuhkan banyak energi. Selain itu, minum susu sebelum tidur dapat menguatkan tulang dan gigi.

3.    Konsumsi Air

Kerusakan yang terjadi pada gigi umumnya berasal dari penumpukan asam yang mengegerogoti bagian akar gigi. Kandungan asam ini bisa dinetralkan dengan ludah atau air liur yang mengandung mineral khusus yang mampu memperbaiki gigi. Namun sayangnya, ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka air liur tidak akan diprosuksi dengan baik, ketika produksi air liur kurang, maka tidak akan ada kandungan mineral yang mampu menetralkan kandungan asam pada gigi, yang mana jika hal ini terjadi, maka gigi berlubang tidak akan dapat dihindari. Keadaan tubuh normal, membutuhkan 8 gelas air perhari. Jumlah ini untuk menggantikan cairan yang hilang. Karena biasanya seseorang kehilangan sekitar 2 hingga 3 gelas air melalui pernapasan teratur dan satu gelas melalui keringat. Selain itu, jika ditambah dengan cairan yang keluar di kamar madi dan latihan fisik, maka jumlah 8 gelas adalah ukuran yang diperlukan tubuh untuk menggantinya.

4.    Hindarkan Konsumsi Soda

Selain membuat gemuk, kandungan soda juga diketahui mampu merusak gigi. Bagian gigi yang akan rusak ketika terlalu sering mengkonsumsi soda adalah email gigi. Sebaiknya, jangan menyepelekan masalah ini karena gaya hidup yang lebih anda pentingkan. Karena ketika email gigi rusak, maka hal ini akan berimbas pada penipisan lapisan gigi yang membuatnya menjadi lebih rapuh dan rentan berlubang.

Berikut adalah tips pintar untuk mencegah gigi berlubah. Gigi yang kuat serta sehat, sejatinya adalah dambaan bagi siapa saja. Untuk menjaga gigi agar tetap sehat dan mencegah gangguan lain terjadi sebaiknya periksakan gigi ke dokter sesuai anjuran, yakni setiap 6 bulan sekali.

Loading...

Follow us