data-ad-format="auto"

Tips Memilih Nutrisi Selama Kehamilan

Nutrisi memiliki peranan penting untuk ibu hamil, selain untuk menjaga kesehatan ibu hamil, nutrisi memiliki peranan untuk tumbuh kembang janin.

Nutrisi yang dibutuhkan janin disesuaikan dengan usia kandungan.Sumber makanan yang mengandung asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil di awal kehamilan. Sedangkan untuk ibu hamil yang memasuki kehamilan trimester kedua, membutuhkan makanan yang mengandung zat besi. Terakhir adalah kebutuhan energi di trimester ketiga yang harus dipenuhi dengan karbohidrat dan vitamin yang mendukung persalinan.

Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.Selain itu, anda juga harus mengetahui apa saja perkembangan dan pertumbuhan janin sehingga asupan nutrisi mampu mendukung usia kehamilan. Simak artikelnya berikut ini.

Pertumbuhan dan Perkembangan Kehamilan

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

usia kehamilan memiliki peranan yang sangat penting untuk mengetahui tumbuh kembang janin. Usia kehamilan sebagai tolak ukur dokter kandungan untuk mengetahui kondisi normal atau abnormal pertumbuhan janin. Dengan usia kehamilan juga dapat menentukan prediksi hari lahir. ( Artikel menarik lainnya: Tips Cepat Hamil )

Tumbuh Kembang Janin Trimester Pertama

Pada trimester pertama kehamilan organ penting janin terbentuk. Setelah terjadinya pembuahan, peredaran darah sudah mulai berkembang. Peredaran darah dari ibu hamil ke janin mengangkut oksigen dan nutrisi. Pertumbuhan dan perkembangan janin sangat tergantung dari asupan tersebut.Inilah mengapa pentingnya untuk menjaga asupan folat di awal kehamilan.

Asam folat sangat bermanfaat untuk kehamilan. Peranan penting dari asam folat diantaranya adalah untuk mencegah bayi agar tidak mengalami kecacatan tabung saraf yang seringkali menjadi masalah di awal kehamilan. Selain itu beberapa gangguan janin seperti berat badan lahir yang rendah, celah bibir dan langit-langit, mengalami keguguran dan prematur dapat dicegah dengan asupana asam folat.

Banyak yang bertanya-tanya kapan waktu yang tepat dan seberapa banyak jumlah asupan asam folat ? Ketika anda merencanakan kehamilan maka sebaiknya anda sudah memenuhi kebutuhan asam folat yang seimbang. Selain itu jumlah asupan asam folat yang direkomendasikan adalah 400 mcg untuk ibu yang merencanakan kehamilan, 600 mcg untuk usia kehamilan trimester kedua.

Tumbuh Kembang Janin Trimester Kedua Kehamilan

Pada trimester kedua kehamilan, kondisi ibu hamil sudah terhindar dari morning sickness.Hanya saja perut yang semakin membesar akan menyebabkan ibu hamil mengalami keluhan kehamilan.Selain itu tumbuh kembang janin didalam kandungan semakin pesat, penyempurnaan organ penting yang harus didukung dengan nurtisi kehamilan. Apa saja yang harus dilakukan?

Ibu hamil memerlukan zat besi diusia kehamilan trimester kedua. Zat besi memiliki peranan penting untuk pertumbuhan janin.Kebutuhan zat besi selama kehamilan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya anemia yang seringkali dialami oleh ibu hamil.

Pada saat hamil volume arah pada ibu hamil mengalami peningkatan 40-60%. Kenaikan ini dipengaruhi karena kebutuhan ibu hamil dalam menyumpai makanan dan oksigen melalui plasenta.Kebutuhan ibu hamil untuk mencukupi zat besi sekitar 40-50 mg perhari.

Kondisi ibu hamil yang mengalami anemia akan berdampak buruk pada kesehatan ibu hamil dan juga untuk janin. KOndisi yang dialami oleh ibu hamil yang kekurangan zat besi diantaranya adalah penurunan berat badan , keguguran hingga mengalami kesulitan dalam penyembuhan setelah melahirkan.

Zat besi juga sangat berperan dalam membantu menyediakan oksigen dan sel untuk energi dan pertumbuahan. Makanan yang mengandung zat besi sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil apalagi pada trimester kedua hingga pasca pemulihan persalinan.

Tumbuh Kembang Janin Trimester Ketiga Kehamilan

Selain kesehatan fisik ibu hamil sangat berperan dalam kesehatan psikis menjelang persalinan. Ibu hamil yang baru pertama melahirkan akan mengalami tekanan psikis yang lebih besar dibandingkan melahirkan anak ke dua.

Kesiapan ibu hamil selain dari psikis juga dari energi. Ibu hamil yang sering merasa lelah karena kandungan yang semakin membesar. Konsumsi makanan yagn mengandung karbohidrat dan protein seimbang. Selain itu keluhan yang seringkali dialami oleh ibu hamil ditrimester akhir adalah kondisi sembelit. Sembelit dapat diatasi dengan sayur dan buah yang banyak mengandung serat.

Bagaimana dengan kondisi janin? Kondisi janin sendiri sudah terbentuk sempurna. Umumnya janin akan lahir pada usia kehamilan 40 minggu atau bahkan lebih.Asupan nutrisi untuk menyeimbangkan dan menyempurnakan tumbuh kembang janin sangat diperlukan.

NUtrisi Penting Bagi Janin

Setelah mengetahui dampak kesehatan fisik dan psikis untuk kesehatan ibu hamil. Kemudian perkembangan dan pertumbuah janin sesuai dengan usia kehamilan. Maka anda dapat menentukan nutrisi penting bagi janin yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil.

Inilah nutrisi kehamilan yang penting untuk janin:

Sayuran Hijau

Sayuran hijau selain karena kandungan serat dan vitamin C juga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan asam folat dan sumber zat besi. Mengkonsumsi sayuran hijau sangat disarankan untuk ibu hamil. Anda dapat memilih berbagai jenis sayuran yang bervariasi untuk menghilangkan rasa bosan.

Pengolahan sayuran hijau dapat dikukus untuk tetap mendapatkan nilai vitamin atau dimasak. Untuk beberapa ibu hamil adapula yang rajin untuk mengkonsumsi sayuran hijau dengan cara dijus.Hanya saja perhatikan kebersihan, pastikan sudah tidak menempel pestisida atau zat kimia lainnya.

Baca: Resep Sayur Asem

Nasi Merah

Masyarakat Indonesia umumnya mengkonsumsi nasi putih, bagaimana dengan nasi merah ? Nasi merah memiliki kecukupan serat yang dibutuuhkan ibu hamil.Permasalahan ibu hamil salah satu diantaranya adalah mengalami sembelit atau masalah pencernaan. Dengan konsumsi nasi merah. serat dan zat besi dapat mencukup indeks glikemik yangn membantu ibu hamil akan tetap merasa lebih kenyang lebih lama. Bahkan dengan kandungan vitamin B akan menjaga sistem saraf dan produksi sel sel darah merah pada ibu hamil.

Buah Stroberi

Buah-buahan dengan rasa asam lebih diminati oleh ibu hamil. Buah beri dapat menjadi kandungan anti oksigen,folat, serat dan juga vitamin C.Taukah anda anti oksiden dapat melindungi bayi dan resiko penyakit diabetes tipe 2.

Minyak Ikan

Selain dari buah dan sayur, ibu hamil harus mendapatkan kecukupan asam lemak omega 3 yang dapat membantu dalam perkembangan dan sistem saraf bayi.Pemilihan ikan yang terhindar dari mercuri atau polutan yang berbahaya bagi bayi. Beberapa ikan yang disarankan adalah ikan salmon dan ikan kembung.

Daging Merah

Daging merah tanpa lemak adalah salah satu yang dibutuhkan oleh ibu hamil dalam mencukupi kebutuhan zat besi.Daging merah berperan dalam meningkatkan sumber protein.Daging merah berupa daging sapi atau daging kambing. Untuk daging kambing porsinya disesuaikan dan tidak boleh berlebihan.

Kiwi

Buah kiwi memliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk. Selai itu buah kiwi memiliki kandungan asam folat dan antioksidan yang lebih tinggi, keduanya sangat dibutuhkan dalam perkembangan bayi. 

Setelah anda mengetahui nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan , maka sebaiknya anda dapat mengatur pola menu sehat setiap hari selama kehamilan. 

Loading...

Follow us