data-ad-format="auto"

Tips Memilih Makanan Anak Setelah Sakit

Pada saat anak terserang oleh penyakit, maka biasanya nafsu makannya akan langsung menurun. Kebanyakan pada saat anak sakit disebabkan oleh infeksi dari virus, serta salah satu sebuah karakteristik yang paling utama pada infeksi virus ialah mual, lesu, juga nafsu makan anak menjadi berkurang. Kondisi seperti ini juga biasa dialami oleh orang dewasa yang mengalami flu selesma ataupun gastroenteritis seperti muntah dan diare. Sementara itu mulut juga akan terasa sangat pahit. Berbeda dengan kebanyakan anak yaitu sang anak tidak dapat mengeluh dan juga meminta untuk makan ataupun meminta minuman yang dapat membuat selera makan anak sedikit berselera. Ketika sang anak menolak untuk makan ketika sakit, sebaiknya anda tidak terlalu khawatir, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) juga diare, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ialah cairan. Namun makanan harus tetap ditawarkan pada sang anak, tetapi anda harus tetap bersabar jika sering ditolak.

Ada baiknya anda tidak menganggap bahwa makan ialah harus mengkonsumsi nasi dan juga makanan besar yang lainnya saja. Anda dapat menawarkan minuman segar untuk anak anda namun tetap mengandung kalori. Seperti smoothy, fruit milk shake namun susu yang di berikan tidak banyak. Ketika anak anda sakit, mengkonsumsi makanan yang berlemak hanya akan membuat sang anak menjadi semakin mual. Mangga beserta es krim rasa vanilla, cream soup, pudding roti applesauce, dan ice crust atau semangka yang dihancurkan dan dicampur dengan sedikit susu, dibekukan kemudian di tumbuk. Yang paling pasti penyakit yang disebabkan virus ini tidak terdapat obatnya. Hanya daya tahan tubuh sang anaklah yang dapat memerangi penyakit tersebut. Yang menjadi salah satu faktor yang dapat menentukan ialah waktu, pada saat infeksinya terlihat mereda, maka selera makan pada anak juga dapat berangsur menjadi membaik.

Salah satu yang menjadi kuncinya ialah beri sang anak waktu, tetap sabar dan juga selalu amati. Selama kondisi sang anak baik dan tidak mengalami dehidrasi yang sangat berat, anda belum dibutuhkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebab terkadang dokter akan memberikan resep obat untuk menambah nafsu makan, padahal di dalam dunia ahli kedokteran belum terdapat obat yang dapat membuat selera makan pada anak menjadi meningkat. Ada baiknya anda terus berusaha untuk berkreasi membuat minuman juga makanan yang segar dan juga lezat bagi sang anak.

Asupan makanan yang baik dan tepat untuk di konsumsi bagi sang anak yang baru sembuh dari sakit ialah :

  1. Yang pada intinya, tawarkan makanan yang sehat dan juga bergizi, namun anda tidak perlu khawatir jika sang anak menolak. Pada saat sakit, apalagi ketika terkena infeksi oleh virus, nafsu makan sang anak akan menurun secara drastis. Jika telah seperti ini, anda dapat memilihkan makanan yang cukup ringan serta tidak mengandung lemak sebab makanan dengan jenis tersebut akan membuat rasa mual menjadi semakin terangsang.
  2. Pilih jenis makanan yang masih segar dan juga menarik. Serta berikan anak anda makan yang sedikit namun dalam waktu yang sering. Seperti beberapa makanan yang dapat diberikan ialah roti gandum, nasi, daging cincang, ikan, sayuran, kuning telur, apel kukus, pisang, atau labu kuning.
  3. Sebaiknya anda lebih berkreasi dalam membuat dan menyajikan makanan. Sebab pada saat anak sakit, menu makanan diharuskan penuh dengan inovasi agar menarik perhatian sang anak.
  4. Kurangi makanan yang kurang sehat seperti makanan yang instan, gorengan, makanan bersantan serta makanan olahan dari pabrik.  

Jika sakit sang anak berkelanjutan ada baiknya anda megkonsultasikan bersama dokter anak.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Loading...

Follow us