data-ad-format="auto"

Campak Berulang-ulang pada Bayi

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus tidak ada hentinya menghantui semua orang tua dalam menjaga kesehatan bayi mereka. Campak yang sering dikenal dengan sebutan morbilli, measles atau rubela ini merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh infeksi dari virus. Virus tersebut ialah morbillivirur yang berasal dari kelompok paramyxoviridae. Penyakit campak ini merupakan suatu faktor yang menyebabkan kesakitan dan juga kematian terhadap kebanyakan anak. Di Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang paling banyak bayi yang terkena campak. Yang paling banyak terkena campak biasanya bayi yang berusia 1 tahun hingga 2 tahun.

Penyakit campak itu sendiri sering ditandai oleh timbulnya ruam berwarna merah pada kulit sebagai pertanda terdapat sebuah perubahan yang biasa terjadi pada tubuh. Ketika awal gejala ruam tersebut timbul sebagai suatu ciri awal campak yang menyebar pada anggota tubuh serta mengalami gejala demam tinggi, flu, batuk kering, serta radang pada mata hingga muncul bercak-bercak yang putih kecil namun kebiruan yang dapat di temukan pada mulut.

Virus campak tersebut juga dapat menular pada orang lain, hal ini ditularkan melalui udara, percilkan air liur, ataupun dari mulut juga dari tenggorokan yang menderita cacar tersebut. Namun bisa saja hal ini terjadi karena interaksi secara langsung bersama yang menderita. Biasanya masa inkubasinya sekitar 10 hari hingga 14 hari sebelum gejala tersebut muncul. Kekebalan tubuh terhadap campak bisa di peroleh setelah melakukan vaksinasi, kekebalan fasif serta infeksi juga aktif ketika sang bayi yang telah terlahir dari rahim ibu yang sudah kebal atau berlangsung dalam waktu 1 tahun. Kebanyakan para bayi yang mudah terkena campak ialah bayi yang telah berumur 1 tahun lebih, sementara bagi bayi yang tidak pernah mendapatkan imunisasi serta serta remaja dan dewasa yang masih belum mendapatkan suntikan imunisasi yang kedua.

Campak disebabkan oleh adanya virus yang tersebut, namun gejala campak dapat hilang dengan sendirinya tanpa melakukan perawatan secara medis. Pada saat anak terkena penyakit campak, yang sangat penting untuk memastikan asupan air minumnya terpenuhi serta perbanyak waktu untuk istirahat agar dapat mencegah menyebarnya infeksi terhadap orang lain. Pada awalnya gejala penyakit campak ini hampir mirip dengan penyakit flu yaitu panas yang sangat tinggi, batuk serta pilek. Sehingga membuat anda kesulitan untuk menentukan mana yang terkena campak ataupun bukan. Yang ada pada campak, gejala tersebut dibarengi dengan mata yang merah, berair, sariawan, hingga diare dalam waktu 3 hingga 5 hari. Jika panas tubuh sang anak sangat tinggi, anak anda dapat mengalami kejang.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Yang selanjutnya banyak sekali muncul bercak merah pada belakang telinga bayi yang menjalar pada leher, punggung, dada, juga perut. Ketika itu, batuk pada anak akan makin menjadi. Suhu badannya mulai terasa panas serta sariawan yang telah di deritanya dapat menyebabkan sang anak malas untuk makan. Yang dapat berakibat sang anak akan menjadi sangat kurus, apalagi ketika dibarengi dengan diare. Bercak-bercak merah tersebut akan tinggal dalam tubuh sang penderita kurang lebih selama seminggu kemudian pada minggu selanjutnya akan berubah menjadi hitam. Meskipun kulit menjadi terlihat bersisik serta kering dalam jangka waktu 10 hari. Namun warna yang hitam masih akan awet sampai kurang lebih hingga satu bulan. Bercak merah serta kehitaman pada kulit merupakan suatu gejala yang khas pada penyakit campak.

Meskipun biasanya terjadi sekali dalam seumur hidup, tidak menutup kemungkinan akan berulang pada anak anda. Salah satu kemungkinan yaitu menderita campak sebanyak 3 kali sehingga beberapa penanganan medis mungkin terjadi, salah satunya harus memperoleh imunisasi yang berulang untuk meningkatkan anti bodi bayi anda. Segera konsultasikan kondisi anak anda kepada dokter sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Loading...

Populer di Dunia Bayi

1500+ Rangkaian Nama-Nama Bayi Laki-Laki Islami Modern

Mendapatkan kehamilan memang merupakan salah satu berkah yang luar biasa yang di berikan…

Nama-Nama Bayi Perempuan Islami

Nama adalah doa dan nama juga bisa menjadi pengharapan orang tua kepada anak. Oleh karena…

Cara Ampuh Menaikan Berat Badan Bayi

Pada umumnya bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri yang berbeda satu sama lainnya,…
Default Image

Bayi Muntah Setelah Diberi ASI

sumber : KuliahBidan Gumoh dan muntah sering kali terjadi hampir setiap pada bayi. Gumoh…
Default Image

Mengenal Tanda-Tanda Pertumbuhan Gigi Bayi

Setiap bayi akan memiliki masa pertumbuhan gigi yang berbeda-beda, namun biasanya awal di…

Follow us