data-ad-format="auto"

Tips Melancarkan Sirkulasi Darah Pada Kaki Ibu Hamil

Anda pasti setuju jika kehamilan adalah anugrah terindah yang tuhan berikan, rasa tidak sabar menunggu kehadiran buah hati di keluarga anda semakin terasa memasuki usia kehamilan yang semakin bertambah. Ibu hamil memang dituntut untuk ekstra terlebih menghadapi perubahan secara hormonal.Inilah masa-masa dimana anda membutuhkan informasi lebih mengenai kehamilan sehingga anda dapat menikmati masa hamil anda. Sayangnya hanya beberapa ibu hamil yang dapat menikmati masa kehamilan.

Keluhan kehamilan yang ringan akan tetapi menggangu kenyamanan anda adalah kaki bengkak. Kaki bengkak ini terjadi karena perubahan postur tubuh saat hamil membuat beban semakin besar sehingga menyebabkan aliran darah kaki menjadi terambat. Meskipun dinilai sangat wajar terjadi pada ibu hamil disebabkan karena asupan oksigen dan juga nutrisi  akan ikut disuplai dari darah ibu ke plasenta.

Dengan kata lain, selama hamil darah akan mengalir juga ke dalam tubuh janin yang menyebabkan volume darah meningkatkan tekanan yang terjadi di pembuluh darah, khususnya area kaki. Kondisi sirkulasi darah pada area kaki ini tidak dapat dihindari akan tetapi anda dapar melakukan beberapa cara sehingga dapat mengurangi penghambatan sirkulasi darah pada area kaki.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda ikuti untuk melancarkan sirkulasi darah pada kaki ibu hamil :

  1. Anda dapat berbaring dengan posisi kaki diganjal menggunakan bantal kemudian gunakan sandaran yang dapat menempatkan kaki anda di tepi. Tujuannya untuk membuat posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Misalnya: anda menggunakan sofa, sehingga menaruh di tepi sofa.
  2. Olahraga secara rutin, selama kehamilan olahraga masih dapat dilakukan asalkan aman untuk anda dan janin. Olahraga sekedar berjalan atau berenang. Dengan kegiatan olahraga akan membantu anda memompa darah kembali ke jantung sehingga dapat mengurangi pengenangan dan tekanan di pembuluh darah.
  3. Gerakan kaki, gerakan ringan seperti meluruskan dan memutar-mutar pergelangan kaki secara berkala akan membantu anda dalam melancarkan pembuluh darah di pergelangan kaki sehingga memompa kembali ke jantung. Anda dapat melakukan pada sela-sela aktivitas anda sebanyak 10 menit.
  4. Anda bisa menggunakan stocking sehingga dapat menyangga betis dan membuat pembuluh darah memompa darah ke jantung sehingga tidak menyebabkan genangan di area tertentu khususnya kaki.
  5. Kompres dengan air dingin apabila terjadi pembengkakan di area kaki. Ini akan membantu kaki anda lebih rileks dan mampu mengurangi pembengkakan.
  6. Perbanyak minum air putih sehingga dengan memperoleh cairan yang baik dapat mengurangi pembengkakan di kaki. Air putih yang mengandung mineral sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh.
  7. Kurangi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi. Apalagi bagi anda yang memiliki riwayat kesehatan hipertensi.

Dengan demikian bagi anda yang seringkali mengeluhkan sirkulasi yang terhambat di area kaki yang mengakibatkan kaki bengkak. Maka anda dapat mengikuti tips di atas dan usahakan tidak berlama lama dalam satu posisi, misalnya posisi duduk atau posisi berdiri.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Loading...

Follow us