Bagaimana Pengaruh Makanan Asam Untuk Ibu Hamil?

4.76/5 (17)

Mengingat ketika hamil pantangan makan makanan tertentu dikarenakan dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan janin dan kesehatan anda. Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir karena makanan yang berasa asam masih bisa anda konsumsi. Apalagi ibu hamil sangat identik dengan buah asam seperti mangga muda.Hanya saja dalam mengkonsumsinya anda harus mengetahui porsi sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu hamil. (Baca juga: pantangan ibu hamil)

Perlu anda ketahui bahwa masing-masing ibu hamil memiliki kondisi fisik yang berbeda sehingga tidak semua makan makanan yang asam bisa aman untuk kesehatan anda. Walaupun pada dasarnya mengkonsumsi makanan yang asam boleh untuk ibu hamil. Makan makanan asam akan meningkatkan naiknya asam lambung sehingga akan membuat mucus (dahak) meskipun demikian ini akan berbeda pada masing-masing ibu hamil.

Pada trimester awal kehamilan, hormon kehamilan naik drastis sehingga akan mengganggu nafsu makan ibu hamil. Inilah yang menyebabkan makan makanan yang berasa asam lebih menarik karena akan menghilangkan rasa mual saat dikonsumsi. Makan makanan yang asam aman untuk ibu hamil selama tidak terlalu banyak dan terlalu sering. Beberapa kondisi ibu hamil yang tidak kuat karena rasa asam akan memicu diare akibat adanya iritasi lambung. Batasa ini berlaku pula pada makanan atau minuman yang rasanya asam. Kondisi ini akan memperparah ibu yang mempunyai riwayat gastritis (gangguan lambung).

Nah, boleh saja anda mengkonsumsi makanan yang berasa asam. Misalnya buah mangga muda asalkan dalam batas yang tidak berlebihan. Mangga muda mengandung vitamin C yang membantu dalam pembentukan sel dan penyerapan zat besi. Mangga muda juga dapat mengatasi mual pada ibu hamil.

Dengan kata lain, makan makanan yang rasa asam tidak akan menggangu kesehatan ibu selama dikonsumsi dengan porsi yang sesuai dan tidak terlalu sering. Munculnya masalah kesehatan ketika mengkonsumsi makanan yang berasa asam akan memicu gangguan pula pada janin. Misalnya ketika ibu terlalu banyak mengkonsumsi makanan asam yang menyebabkan ibu mengalami diare dan menggangu nafsu makan ibu, ini akan berimbas pada janin anda bila berlangsung lama. Usahakan ketika mengkonsumsi makan makanan asam anda sudah sarapan. Dikonsumsi pada keadaan perut yang kosong akan mengakibatkan peningkatan asam lambung.

Seperti uraian diatas bahwa makanan yang berasa asam tidak akan menggangu kesehatan ibu hamil ataupun janin selama konsumsi dalam porsi cukup. Untuk menjaga kondisi fisik selama hamil anda disarankan untuk membuat menu makanan yang bervariasi sehingga tidak mudah bosan dan mengurangi keluhan kehamilan. Terutama pada trimester pertama, yang seringkali membuat ibu hamil mual dan muntah. Lengkapi pula dengan buah dan sayur yang kaya akan serat sehingga membantu pencernaan ibu hamil.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel