4 Cara Mengajak Bayi Bermain dan Memberikan Stimulasi

5/5 (2)

Bagi anda yang ingin mengajak bermain si kecil tanpa membuatnya bosan. Anda dapat melakukan permainan-permainan yang berbeda setiap harinya akan tetapi tujuannya sama yaitu untuk memberikan stimulasi dalam menunjang perkembangan yang optimal.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengajak bayi bermain dan memberikan stimulasi sesuai dengan usia yang tepat :

1.    Permainan cilukba

Permainan ini tidak asing lagi untuk anda. Selain itu permainan hanya membutuhkan dua tangan dan juga ekspresi lucu dari orang tua saja.Meskipun demikian permainan cilukba memberikan manfaat untuk anda dan bayi yaitu untuk belajar mandiri. Permainan cilukba ini memberikan stimulasi pada bayi untuk mengurangi rasa cemas dan sedihnya. Ketika muka anda menghilang dibalik tangan dan muncul kembali akan membantu anak anda untuk belajar mengurangi kesedihan dan kecemasan.Selain itu permainan cilukba juga akan melatih anak anda sabar dan fokus. Pada usia 3-5 bulan bayi anda akan merespon permainan cilukba ini.

2.     Berdansa dengan bayi

Anda dapat mengajak bayi anda berdansa dengan persiapan CD player yang berisikan musik-musik lembut atau berirama gembira. Cara bermain anda dapat menggendong bayi dengan posisi yang nyaman kemudian putar kaset dengan suara yang tidak terlalu keras. Selanjutnya anda dapat mencoba untuk menggoyangkan bayi di dalam pelukan anda dengan irama yang sama dengan musik. Anda juga dapat mengganti lagu yang berbeda seperti lagu lagu anak. Manfaat yang di dapatkan untuk bayi selain menyenangkan akan membantu menenangkan dan memberikan rasa aman karena pelukan dari anda. Selain itu lagu yang didengarkan beranekaragam akan merangsang kepekaan indera pendengaran dan memberikan tatapan ketika sedang berdansa akan meningkatkan perkembangan sosial dan emosi anak anda. Anda dapat melakukan permainan ini di mulai bayi anda berusia 1 bulan hingga 12 bulan.

3.    Bermain bersama bola

Anda dapat menggunakan bola karet yang kuat untuk permainan ini. Cara bermain anda dapat mengangkat anak anda kemudian posisi terungkup di atas bola besar dan pastikan tumpukan ada pada bagian perut. Selanjutnya anda pegang dengan kuat bayi pada bagian ketiak. Selanjutnya gerakan perlahan tubuh bayi di atas bola ke kiri dan juga ke kanan. Anda dapat mengiringi dengan lagu dan berhentilah ketika anak anda mulai kelelahan atau kehilangan mood melakukan permainan ini. Manfaat yang bisa didapatkan yaitu untuk menjaga keseimbangan yang berguna ketika bayi anda menginjak usia 2 bulan. Anda dapat melakukan pegangan yang lembut dan membangun rasa percaya pada anak anda dan yakin anak anda akan terlindungi.

4.    Mencari Mainan

Permainan ini dapat dilakuan pada bayi yang berusia 8 bulan ke atas. Persiapkan kotak sehingga dapat menyimpan mainan kecil dan mainan favorit. Cara bermain yang dilakukan adalah dengan memasukan mainan kesukaan bayi anda ke dalam kotak kemudian mengajak mengambilnya satu persatu selanjutnya setelah kotak kosong anda dapat meletakan mainan di tempat berbeda, misalnya ditutupi dengan kain  sehingga anak menerka-nerka. Permainan ini akan melibatkan anda dan anak sehingga memberikan dampak yang positif untuk perkembangan emosi. Selain itu mengajarkan bahwa sesuatu yang hilang dapat ditemukan kembali dan juga membantu dalam koordinasi mata, tangan dan kaki bayi.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel