data-ad-format="auto"

Tips Bujuk Anak Agar Mau Berpuasa

Bunda tidak terasa ya, Bulan Ramadhan sudah hampir tiba. Ini artinya, setiap umat muslim di seluruh dunia akan segera menjalankan ibadah puasa. Menahan lapar dan haus selama seharian penuh menjadi syarat utama dari berpuasa. Namun selain itu, keikhlasan dalam menahan hawa nafsu dan amarah adalah poin terpenting dari ibadah yang satu ini.

Nah, untuk bunda yang memiliki anak dirumah, mengajarkan puasa pada si kecil sebenarnya sudah bisa diberikan pada saat mereka kecil. Meskipun bunda berpikir mereka belum mampu melakukannya. Akan tetapi, ajang yang satu ini bisa anda gunakan untuk melatih si kecil agar nanti kelak ia mau dan mampu menjalankan ibadah puasanya dengan sempurna.

Akan tetapi sayangnya, bukan perkara yang mudah ya bunda untuk bisa membujuk mereka agar mampu menahan lapar dan haus selama satu hari penuh? Terkadang rasa tidak tega bunda padanya pun meruntuhkan ajakan bunda untuk puasa.

Namun tak perlu khawatir kali ini kami akan berikan tips bujuk anak agar mau berpuasa. Ingin tahu seperti apa? Maka mari kita simak informasi menariknya dibawah ini dengan mudah. Baca juga: Siaga! Lakukan Pertolongan Pertama Pada Gigitan Binatang

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Tips Bujuk Anak Agar Mau Berpuasa

Memang bukan perkara yang gampang mengajarkan anak untuk beribadah. Apalagi seperti ibadah puasa yang melarang si anak untuk makan dan minum selama satu harian penuh. Akan tetapi, perlahan namun pasti pada akhirnya semua umat Muslim akan dihadapkan pada kewajiban yang satu ini.

Sehingga demikian, untuk melatih mereka agar menjadi pribadi yang taat beragama. Mengajarkan ibadah puasa sejak si anak masih kecil adalah hal yang penting. Simak tips bujuk anak agar mau berpuasa dibawah ini.

Berikan Penjelasan Tentang Bulan Ramadhan

Hal penting pertama yang dapat bunda dan ayah lakukan untuk membujuk si buah hati agar tergugah untuk berpuasa adalah memberikan mereka penjelasan tentang puasa. Selama ini alasan yang membuat si kecil tak mau ikut tersiksa dengan ibadah puasa karena menahan lapar dan haus mungkin karena mereka tidak paham apa itu puasa.

Oleh karenanya, penting sekali untuk ayah dan bunda menyampaikan pada si kecil apa itu puasa. Seperti apa itu bulan puasa dan apa makna dari bulan puasa itu sendiri. Jelaskan pula pada si kecil bahwa mereka dapat melakukan hal ini dengan perlahan dan tidak perlu sekaligus dilakukan. Dengan begini diharapkan mereka termotivasi untuk ikut berpuasa.

Buat Ramadhan Menjadi Lebih Berkesan

Biasanya anak-anak cenderung acuh dengan sesuatu yang nampak biasa atau bahkan membosankan. Termasuk dengan puasa yang dijalani oleh banyak orang yang ia saksikan selama ini. Oleh karenanya, untuk membujuk si buah hati agar mau berpuasa maka penting sekali membuat suasana ini menjadi lebih mengesankan.

Jangan tunjukan pada si kecil ketika kakaknya ikut berpuasa malah terlihat lesu dan tidak berdaya. Sebaliknya, ciptakan beberapa kegiatan yang akan terasa lebih menyenangkan. Misalkan dengan mengaji bersama-sama, shalat berjamaah dan lain sebagainya.

Berikan Reward

Memberikan penghargaan pada usaha yang dilakukan oleh si buah hati terkadang menjadi hal yang perlu untuk dilakukan. Hal ini pun dilakukan untuk memotivasi si buah hati agar mau dan mampu untuk bekerja lebih baik.

Reward yang ibu berikan padanya tak perlu harus selalu dalam bentuk uang atau barang-barang yang mahal. Dalam hal ini bunda bisa mengiming-imingi mereka dengan makanan kesukaannya. Contohnya, "jika puasamu tamat sampai adzan magrib nanti, ibu akan memasakan makanan kesukaan mu, bagaimana?" Hal ini akan perlahan membuat si kecil mau berusaha lebih baik meski tidak dilakukan dengan segera.

Loading...

Follow us