data-ad-format="auto"

Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

Kini usia kehamilan anda sudah memasuki usia minggu ke 16.

Yang mana ini artinya anda sudah memasuki trimester ke dua masa kehamilan anda sebelum nantinya akan berlanjut ke bulan berikutnya sampai masuk ke trimester ke 3 atau trimester akhir periode kehamilan. Serangkaian perjalanan panjang dari masa kehamilan ini tentu akan menjadi masa yang melelahkan bila anda tidak menjalaninya dengan lapang dada. Akan tetapi, nyatanya tidak demikian, buktinya saat ini anda masih bisa menjalani setiap masa yang baru usia kehamilan anda.

Dengan semangat dan usaha anda yang keras, usia kehamilan 16 minggu ini masih anda jalani. Selain itu, kami percaya rasa cinta anda yang besar terhadap si buah hatilah yang membuat anda terus bertahan dan berjuang.

Betapa tidak, buah hati tercinta yang telah sekian lama anda nantikan ini, akhirnya bisa hadir dalam rahim anda yang akan terus bertumbuh menjadi seorang bayi yang akan siap dilahirkan, sehingga rasanya lengkaplah sudah kebahagiaan anda bersama dengan pasangan.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Bak sebuah mimpi menjadi nyata, kondisi ini tentunya akan membuat anda merasa bahagia yang tak tertahankan. Sehingga tidak heran, mengingat usia kelahiran yang tinggal menghitung hari, mungkin saat ini anda sudah mulai mengemas pakaian-pakaian mungil untuk si buah hati dan meletakanya pada keranjang baju bayi yang sudah anda persiapkan.

Bukan hanya itu, ruangan khusus sebagai kamar si bayi mungkin sudah anda dekor dengan cantik bahkan meski anda belum mengetahui dengan pasti apa jenis kelamin si buah hati, beberapa orangtua umumnya lebih cenderung mempersiapkan lebih awal perlengkapan dan peralatan untuk si calon buah hati mereka.

Atas semua rangkaian perjuangan dan persiapan yang sudah anda lakukan selama ini, kami ucapkan selamat yang begitu besar untuk bunda. Sebab tanpa perjuangan dan kerja keras anda, perkembangan si buah hati mungkin tidak akan dapat berjalan dengan lancar seperti saat ini.

Berkat kasih sayang yang besar dan perhatian yang bunda curahkan pula, perkembangan pesat si janin dalam rahim anda seolah seperti menggambarkan bahwa si kecil pun tak sabar ingin meletakan jari jemari kecilnya di hati bunda agar anda bisa merasakan bahwa besar pula rasa cinta mereka untuk anda.

perkembangan janin minggu 16

Perkembangan Janin Usia 16 Minggu

Mengingat begitu besar antusiasme setiap bunda untuk dapat mengetahui setiap perkembangan yang terjadi dengan buah hatinya, mungkin tidak cukup untuk mereka hanya dengan melakukan check kesehatan dan perkembangan bayi dengan menggunakan test USG.

Untuk ituah, mengetahui setiap perkembangan janin dalam tahapan per minggu akan membuat anda dapat memantau dan mengetahui seperti apa momen-momen yang dialami oleh si bayi setiap pergantian minggunya. Ingin tahu seperti apa tahapan perkembangan bayi pada usia 16 minggu ini? Simak dibawah ini.

Ukuran tubuh bayi anda pada usia minggu ke 16 ini, kira-kira seukuran dengan buah alpukat. Di minggu ini, perkembangan tubuhnya terjadi dengan begitu pesat dan cepat. Sirkulasi pada si bayi dan kandung kemihnya kini telah sepenuhnya bekerja dan berfungsi. Saat ini mungkin si bayi sudah mulai menemukan mainan barunya yakni tali pusatnya sendiri yang membentang.

Pada minggu ini ada begitu banyak perkembangan yang terjadi dengan si bayi, bobotnya saat ini kurang lebih sudah mencapai 100 gram dan panjanganya sekiar 10 cm. Kenaikan bobot tubuh ini terbilang sebagai kenaikan yang cukup signifikan dari bobot tubuh sebelumnya. Seiring dengan perkembangan ini, kini otot pada wajah si bayi pun dengan perlahan mulai terbentuk dapat belum dapat di kontrol oleh si bayi dengan baik.

Pada usia ini, kepala si bayi mulai tegak dan matanya sudah berada di posisi seharusnya. Bila anda mampu melihat dengan jelas kedalam perut anda, anda mungkin melihat bahwa rupa si bayi kini sudah terlihat seperti manusia mungil yang begitu lucu. Sistem saraf pada si bayi pun sudah mulai berkembang sehingga otot pada anggota tubuhnya dapat melentur dengan baik.

Dalam rahim anda, si bayi tumbuh didalam cairan yang menenggelamkannya. Napas yang dihembuskannya pun berupa cairan bukan udara. Namun demikian, cairan inilah yang akan melindunginya dan membantunya tumbuh dan perkembang sampai akhirnya ia akan siap untuk di lahirkan nantinya.

Selain itu, pada perkembangan janin usia janin 16 minggu, uterus atau rahim anda sudah mulai mengalami pembesaran yang cukup signifikan. Yang mana kondisi ini pada umumnya akan mulai anda rasakan. Selain itu, pembesaran dibagian perut pun akan mungkin anda lihat dan rasakan.

Pada saat ini, ketika anda bercermin didepan kaca atau mengukur bagian perut dengan menggunakan pita ukuran (alat ukur lingkar), anda mungkin akan menyadari bahwa lingkar perut bagian anda kini mengalami kenaikan. Dari saat ini pula anda mungkin sudah saat mempertimbangkan untuk mengenakan pakaian dan celana yang lebih longgar atau mulai mengenakan pakaian hamil yang akan membuat ana merasa lebih nyaman.

Ketika anda bergerak dengan tiba-tiba, terkadang anda akan merasakan sakit dibagian pinggang. Hal ini dikarenakan logamen di setiap sisi rahim anda yang berada dibagian panggul meregang. Peregangan inilah yang akan menimbulkan rasa nyeri ketika anda secara mendadak melakukan pergerakan. Namun demikian, kondisi ini pada umumnya adalah hal yang normal dan semua wanita hamil akan merasakan kondisi yang wajar.

Akan tetapi, bila kondisi ini berubah menjadi lebih buruk dan sakit dibagian persendian pada pinggang tak kunjung sembuh atau malah membuat bagian tersebut mengalami pembengkakan, maka sebaiknya hubungi dokter atau kunjungi bidan yang biasa anda kunjungi untuk memeriksakan kesehatan.

Jangan sekali-kali menemui tukang urut atau dipijat seorang diri, salah-salah kondisi ini, malah akan membuat anda kesakitan dan bayi dalam rahim anda menjadi terancam bila saja ada tekanan yang membuat si jabang bayi tertekan.

Perhatikan kembali, janin dalam rahim anda belumlah terbentuk dengan sempurna, jangankan untuk ditekan atau mendapatkan tekanan yang kuat. Rangsangan yang terlalu kuat seperti teroyak akan membuat mereka berada dalam bahaya.

Untuk itulah, sebaiknya jaga semua hal yang terjadi dengan anda. Berkonsultasi ke dokter atau bidan adalah solusi terbaik untuk menangani kondisi atau keluhan kesehatan yang terjadi dengan anda atau janin dalam rahim anda.

Dokter dan bidan dibekali dengan pengetahuan yang tepat dalam menangani pasien atau ibu hamil, dengan demikian penanganan yang akan diberikan oleh dokter dan bidan sifatnya lebih aman dibandingkan dengan orang lain.

Demikian gambaran perkembangan bayi usia 16 minggu pada rahim seorang ibu.

Catatan: Para pakar menyatakan bahwa setiap bayi atau janin memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Perkembangan diatas hanya menggambarkan secara umum bagaimana pertumbuhan dan perkembangan seorang janin dalam rahim pada usia 16 minggu.

Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan informasi yang cukup untuk anda.

Loading...

Follow us