Perkembangan Janin Usia 15 Minggu

4.77/5 (77)

Perkembangan janin dalam rahim anda, kini telah masuk pada usia 15 minggu menurut perhitungan hari pertama haid terakhir anda.

Perjalanan panjang kehamilan yang sudah anda jalani selama ini, tentu menjadi serangkaian proses yang mendebarkan sekaligus membahagiakan. Dapat menyaksikan sendiri bagaimana perkembangan si buah hati dari momen ke momennya tentu menjadi hal yang sangat mengharukan, segaligus menyenangkan untuk terus disimak.

Betapa tidak, kehadiran si calon buah hati dirumah anda tentu sudah begitu anda nantikan selama ini. Bahkan mungkin saat ini, anda sudah mempersiapkan dan merangkai sebuah kamar mungil yang khusus anda persembahkan untuknya nanti.

Selain itu, perlengkapan lain seperti popok-popok kain yang lucu dan mainan gantung mungkin sudah terpasang di kamarnya yang telah anda dekorasi dengan begitu cantik. Wajar saja, semua ini hanya akan anda persembahkan untuk si buah hati tercinta yang tak selang berapa lama lagi, ia akan hadir kedunia dan mengisi ruang kosong yang telah anda buat untuknya.

Dengan begini, tawa riang dan tangis manjanya akan terdengar haru sekaligus membahagiakan mengisi hari-hari dan setiap detik dalam kehidupan anda.

Untuk itu, kami ucapkan selamat ya bunda. Perjalanan panjang ini tak akan semata-mata bisa bunda tempuh tanpa kerja keras dan usaha bunda untuk selalu mendukung perkembangan dan pertumbuhannya dalam rahim bunda. Jaga selalu pola hidup sehat dan pola makan yang baik serta dapatkan waktu istirahat yang cukup, agar kesehatan bunda dan si buah hati dalam raim tetap bisa terus terjaga dengan baik.

Nah, kami memahami bahwa setiap perkembangan, baik itu perkembangan yang besar atau perkembangan yang sifatnya kecil akan tentu membuat anda sebagai orangtua si buah hati merasa senang dan menjadi momen yang begitu berharga.

Untuk itulah, kami sajikan untuk anda setiap perkembangan si buah hati setiap minggunya dalam rahim bunda. Ingin tahu seperti apa perkembangan si janin dalam rahim pada usia ke 15 minggu? Simak selengkapnya dibawah ini.

perkembangan janin minggu 15

Perkembangan Janin Usia 15 Minggu

Pada usia kehamilan ini, janin anda mengalami perkembangan yang begitu pesat. Akan tetapi, ukuran si bayi saat ini masih terlalu kecil jika dikepal dengan menggunakan tagan orang dewasa. Bobot tubuhnya pada usia kehamilan ini akan mengalami kenaikan dibandingkan dengan minggu sebelumnya, kini beratnya sudah mencapai 70 gram dengan panjang tubuh dari bagian kepala hingga ke bagian bokong sekitar 9,1 cm. Ukuran ini tentunya akan terus berkembang dan mengalami kenaikan seiring dengan bertambahnya usia pada si bayi.

Selain itu, pada usia ini si buah hati mungkin sudah mulai mengalami cegukan. Kondisi ini pada umumnya merupakan tanda bahwa si kecil sedang dalam proses memahami bagaimana caranya ia untuk bisa bernapas.

Meskipun si bayi sudah mulai mengalami cegukan, namun hal ini belum bisa anda rasakan atau anda dengarkan dengan baik karena sistem pembuat suara dibagian tenggorokan (trakea) pada si bayi, diisi dengan banyak cairan bukan udara. Akan tetapi setelah kelahiran nanti, maka kondisi cegukan akan lebih sering dirasakan oleh si buah hati bila tubuhnya terkena paparan cuaca dingin dan banyak lagi faktor yang bisa membuatnya mengalami cegukan.

Pada usia kehamilan minggu ini, meski si bayi hanya mengalami kenaikan berat badan yang relatif, akan tetapi, kondisi ini akan juga berpengaruh terhadap kenaikan berat badan anda yang diantaranya pada kehamilan minggu ini kenaikan berat badan yang akan anda alami hingga 2.2-4.5 kg. Penambahan bobot tubuh ini mungkin sebagian dirasakan oleh wanita dan sebagian lain pun ada yang tidak menyadari kenaikan ini. Namun tak perlu khawatir, kenaikan berat tubuh selama masa kehamilan adalah hal yang wajar. Perubahan ini adalah bentuk tubuh untuk mengimbangi perkembangan janin didalam perut anda.

Kini, usia 15 minggu membuat kaki si bayi tumbuh lebih panjang dibandingkan dengan tangannya, yang mana tentunya perkembangan ini akan membuat kaki si bayi lebih proporsional ukurannya dengan ukuran tubuhnya.

Selain itu, otot-otot dan semua persedian pada organ tubuhnya sudah mulai dapat bergerak. Alat kelaminnya pun sudah dapat dikembangkan dengan baik. Alat scan ultrasound pun sudah mulai bisa melihat perkembangan ini. Akan tetapi, mungkin akan butuh waktu lebih lama untuk bunda bisa mengetahui jenis kelamin putra dan putri yang tengah bunda kandung saat ini.

Pada minggu ini, bayi anda sudah mulai dapat mendengar banyak hal seperti halnya suara sistem pencernaannya juga bunyi detak jantungnya. Meski matanya masih tertutup, namun ia pun bisa menjadi sensitif terhadap sorotan cahaya dari luar perut ibu. Minggu ke 15 belas usia kehamilan, membuat telinga si bayi terus berkembang dan mulai nampak seperti telinga manusia dewasa. Matanya kini perlahan mulai berpindah dari sebelah kanan dan kiri menjadi mendekat tepat diatas hidung.

Nah, pada tahapan tengah usia kehamilan anda ini adalah saat yang tepat untuk mulai melakukan beberapa latihan dasar dan olahraga yang dapat mendukung bagian otot-otot kewanitaan agar kuat sehingga jalannya proses kelahiran bisa dijalani dengan lebih lancar.

Selain itu, tidak ada salahnya untuk mulai mencari-cari sumber pengetahuan mengenai kelas antenatal. Terutama untuk anda para calon ibu yang baru pertama kali mengalami kehamilan, kursus kebugaran dan olahraga akan membuat anda mendapatkan banyak keuntungan. Apapun program olahrga yang anda ambil, beberapa latihan tersebut akan dapat mempersiapkan anda untuk menghadapi kehamilan yang tinggal menunggu waktu.

Terutama pada usia kehamilan 37 minggu, dari usia kehamilan ini anda harus mulai mempertimbangkan banyak hal dan mungkin menghentikan segala pekerjaan dan rutinitas adalah ide yang baik sebab pada usia ini usia kehamilan anda sudah masuk dalam masak siap untuk melahirkan.

Dengan demikian, jika anda masih melakukan banyak kegiatan dan rutinitas, dikhawatirkan kelahiran anda bisa terjadi kapan saja. Untuk itu, sebaiknya tinggalah dirumah atau bila memungkinkan mintalah suami atau kerabat anda untuk menemani anda jika saja sewaktu-waktu kontraksi mulai anda rasakan.

Menghindari segala macam aktivitas berat dan melelahkan tentunya bukan hanya penting dilakukan menjelang hari kelahiran saja. Guna mendukung tubuh agar perkembangan janin dalam rahim anda senantiasa sehat, maka rutinitas dan kesibukan yang membuat anda menguras banyak tenaga sebaikya dihindari. Agar demikian, bayi dan anda bisa dalam keadaan yang sehat. Sehingga kelahiran akan dapat anda jalani dengan lebih nyaman dan tanpa tekanan.

Catatan: Setiap perkembangan janin mengalami perkembangan yang berbeda. Perkembangan bayi anda dalam rahim bersama dengan bayi yang lain mungkin akan mengalami perbedaan. Nah, perkembangan diatas hanya menjelaskan perkembangan bayi secara umum.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel