Pola Mendengkur Saat Tidur, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketika tidur bersama dengan anggota keluarga dalam sebuah acara besar kekeluargaan atau mungkin ketika anda tengah menginap bersama dengan teman kerja, kemudian secara tidak sengaja anda mendengar teman anda mendengkur atau mungkin secara tidak sadar anda sendiri yang mendengkur dan pagi hari seseorang mendegur anda atas dengkuran anda yang menganggu.

Hal ini tentu akan membuat anda berada dalam posisi yang canggung dan membuat anda sedikitnya malu dengan hal yang tidak anda sadari telah anda lakukan.

Ya, dengkuran ketika orang lain terlelap atau pada saat kita tengah asyik tidur, memang seringkali mengganggu. Ketika dilakukan oleh orang lain, tidur anda di malam hari akan berubah menjadi tidak nyaman dengan bunyi berisik dari dengkuran. Sementara bila hal ini dilakukan oleh anda sendiri secara tidak disadari, malah akan membuat anda di komplen dengan berbagai macam keluhan. Alhasil, anda sendiri akan dibuat malu dan dibuat canggung dengan keadaan ini.

Mendengkur memang tidak menyakiti orang lain atau tidak membuat anda yang merasakannya menjadi terluka, akan tetapi dampak dari dengkuran inilah yang pada umumnya seringkali menimbulkan situasi dan kondisi yang tidak nyaman sebab dampaknya bisa menganggu orang lain.

Untuk itulah, rasanya dengkuran yang sudah terbukti dampaknya dan keluahan orang lain atau anggota keluarga anda sendiri sudah mulai anda dengar, maka sebaiknya segera atasi dengkuran ini.

Bahkan ketika anda tidur dimalam hari bersama dengan pasangan. Kondisi mendengkur tak sedikit membuat beberapa pasangan seringkali dilanda masalah. Tak sedikit pasangan suami istri yang merasa tak nyaman bahkan ketakutan dengan suara dengkuran yang dikeluarkan oleh pasangannya. Alhasil, kondisi ini akan membuat mereka tak bisa tidur dan terus terjaga dimalam hari sehingga menjelang pagi hari, baru perasaan ngantuk akan hadir.

Waktu inilah dimana anda seharusnya terbangun dan bersiap untuk pagi hari, sementara perasaan ngantuk masih menyelimuti anda, maka yang terjadi adalah stres karena anda belum mendapatkan waktu istirahat yang cukup akibat dengkuran yang dikeluarkan oleh pasangan, sementara tugas anda di pagi hari menumpuk dan menunggu untuk diselesaikan.

Nah, dengan demikianlah, sudah tepat rasanya bila saat ini anda segera mencari solusi untuk mengatasi dengkuran yang anda alami atau dirasakan oleh orang lain.

Mendengkur tidak hanya mengganggu, tapi 75% dari orang yang mendengkur pada umumnya memiliki ancaman obstructive sleep apnea, yakni gangguan pernapasan pada saat tidur yang terjadi dalam jangka waktu yang pendek. Orang yang dapat meningkatkan resiko penyakit ini pada umumnya adalah orang yang menderita jantung.

Nah, selain beberapa hal diatas kita kenali lebih dalam seperti apa pola mendengkur yang sering terjadi pada saat tidur.

pola mendengkur

Kebiasaan Mendengkur

Kebiasaan tidur mendengkur atau yang lebih sering dikenal dengan istilah ngorok, seringkali menjadi hal yang akan dapat menganggu orang lain. Suara keras yang dikeluarkan pada sat tidur, membuat orang lain yang berada bersama dengan si pendengkur, menjadi sulit memejamkan mata dan mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Lantas sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan mendengkur? Bagaimana mengatasinya? Pertanyaan inilah yang sekiranya saat ini banyak menghiasi benak anda dalam rangka ingin mengatasi kebiasaan mendengkur pada diri anda atau tak tahan dengan si pasangan sendiri yang sering mendengkur.

Kebiasaan mendengkur pada dasarnya mudah saja untuk disembuhkan dengan cara merubah gaya hidup anda saat ini. Sebab pada umumnya, kebiasaan mendengkur ini lebih sering dipengaruhi oleh berat badan yang berlebihan, kebiasaan merokok, dan konsumsi minuman beralkohol. Untuk mengatasi beberapa masalah ini, hal yang anda lakukan hanyalah dengan menghindari semua kebiasaan tersebut.

Adapun kebiasaan mendengkur yang terjadi seringkali terjadi karena proses metabolisme tubuh. Berdasarkan proses metabolisme tubuh, seseorang menarik dan mengeluarkan nafasnya melalui hidung sebanyak kurang lebih 28 ribu kali setiap harinya.

Kodisi ini dikarenakan adanya 5 sensor berupa syaraf yang langsung terhubung dengan bagian otak anda. Adapun fungsi dari setiap syaraf ini berbeda cara kerjanya, seperti halnya menyaring, menghangatkan, mengurangi kelembapan, membaui udara dan menambah kelembapan yang masuk kebagian saluran pernapasan.

Penyebab Kebiasaan Mendengkur

Nah, ketika seseorang mendengkur, udara yang masuk ke dalam hidung dan mulut menjadi terhalang sebab adanya penyempitan udara. Sehingga demikian, obstruksi jalannya udara tersebut akan membentuk bunyi yang keras, ketika jaringan dalam saluran udara tersebut bergetar maka akibatnya adalah udara akan masuk kedalamnya.

Pada umumnya faktor yang membuat jaringan saluran pernapasan ini bergetar akan dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti halnya masalah dibagian hidung, adanya radang amandel, kelebihan berat badan, faktor usia, sinus dan posisi tidur yang kurang tepat.

Umumnya, kondisi permasalah tidur mendengkur ini lebih cenderung banyak dialami oleh kaum pria, sebab distribusi kelebihan berat badan pada kaum pria menumpuk dibagian leher dan dada yang akan dapat membuat bagian saluran udara mengalami penyempitan.

Selain itu, penyebab lain yang membuat seseorang tidur dengan mendengkur adalah adanya hidung tersumbat. Pada kondisi ini, penyempitan udara dibagian saluran pernapasan pada umumnya disebabkan oleh adanya tumpukan lendir yang kental. Adapun cara mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan dilator hidung seperti halnya nasal strip atau jenis plester yang ditempelkan dibagian hidung.

Beberapa peralatan ini akan dapat membuat hidung merasa lega karena lendir yang menyumbat bagian hidung bisa dicairkan dan dikeluarkan. Selain itu, perangkat pernapasan mulut yang mendorong lidah dan rahang kedepan untuk meningkatkan aliran udara pun akan dapat anda gunakan.

Akan tetapi, bila anda hendak menggunakan beberapa obat-obatan diatas, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu bersama dokter. Beberapa pengobatan diatas bisa mungkin akan buruk dampaknya bila anda memiliki riwayat kesehatan lain dalam tubuh anda.

Cara Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

Nah, untuk dapat membantu anda mengatasi kebiasaan mendengkur, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan, mulai dengan pengobatan awal dan berkelanjutan sampai dengan pengobatan bila kebiasaan ini tidak bisa diatasi dengan cara-cara yang awal. Berikut ini kami jelaskan beberapa hal yang bisa dilakukan.

Langkah Pengobatan Awal dan Berkelanjutan Untuk Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

Pengobatan paling umum yang dinilai paling berhasil dalam menyembuhkan atau mengatasi kebiasaan mendengkur adalah dengan merubah gaya hidup dan menerapkan pola hidup yang sehat. Nah untuk dapat merubah gaya hidup, dibawah ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan mendengkur.

Ubah Posisi Anda Saat Tidur

Berbaring dengan telentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada bagian mulut menjadi turun ke dinding belakang tenggorokan anda. Kondisi inilah yang akan dapat menyebabkan suara bergetar pada saat anda atau si penderita tidur.

Nah untuk itulah, mengubah posisi tidur adalah solusi yang akan dapat menghindarkan anda dari kebiasaan mengeluarkan suara bising pada saat tidur. Cobalah untuk tidur dengan posisi menyamping agar ngorok bisa dihindari.

Jika pada saat tidur nantinya, rupanya anda secara tidak sengaja merubah posisi tidur anda menjadi telentang, maka mungkin anda memerlukan sesuatu yang bisa membuat anda tetap menjaga posisi tidur anda atau menghindarkan anda dari posisi tidur telentang.

Solusinya adalah dengan meletakan bola tenis ke bagian belakang punggung anda. Hal ini disebut-sebut ampuh untuk menghindarkan anda dari posisi tidur telentang. Dengan adanya bola tenis dibagian belakang punggung, maka akan secara otomatis menghalangi anda untuk bisa mendapatkan posisi yang nyaman pada saat tidur telentang. Dengan demikian, tubuh anda akan secara otomatis menghindari posisi tersebut.

Turunkan Berat Badan

Sebagaimana dibahas diatas, bahwa salah satu hal yang dapat memicu seseorang mengeluarkan suara berisik pada saat tidur adalah dipengaruhi oleh faktor berat badan yang berlebihan. Dengan demikian, tidak heran bila orang-orang dengan bobot tubuh yang tambun akan cenderung sering mengorok pada saat tidur.

Untuk itu, sebaiknya cobalah untuk menerapkan pola makan yang baik agar berat tubuh anda tidak terus-terusan mengalami kenaikan. Cobalah untuk melakukan olahraga yang akan dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga tubuh anda bisa lebih proporsional.

Hindari Konsumsi Alkohol

Bukan hanya dapat menimbulkan kebiasan buruk seperti mendengkur, konsumsi alkohol tentu akan beresiko dengan tubuh anda. Alkohol dan konsumsi obat penenang akan dapat mengurangi istirahat pada otot-otot yang terdapat dibagian tenggorokan anda, sehingga demikian hal ini akan membuat kondisi mendengkur menjadi lebih parah.

Selain itu, konsumsi alkohol 4-5 jam sebelum tidur akan membuat bunyi ngorok atau mendengkur menjadi lebih keras. Untuk itu, sebaiknya hindari mengkonsumsi alkohol terutama dalam jumlah yang berlebihan dan konsumsi sebelum tidur. Sebab hal ini akan membuat kebiasaan mendengkur menjadi lebih parah.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Kepulan asap rokok yang anda hirup malah akan semakin membuat bagian pernapasan mengalami penyempitan yang lebih parah. Dengan demikian, solusi terbaik untuk menghindari kebiasaan mendengkur adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok.

Langkah Pengobatan Bila Kondisi Mendengkur Malah Memburuk

Jika dengkuran anda malah semakin memburuk, meski beberapa hal diatas sudah anda lakukan, maka segeralah lakukan konsultasi dengan dokter. Dengan begini, dokter akan mengevaluasi apakah sesuatu terjadi dengan anda. Seperti halnya adanya sindrom resistensi saluran napas bagian atas atau adanya sleep apnea, yakni gangguan tidur yang dapat berpotensi serius, dimana pada kondisi ini anda akan berhenti bernapas secara berkala selama tidur.

Bila kondisi ini terjadi, dokter mungkin akan menyarankan pengobatan standar untuk mengatasi sleep apnea yang terjadi, namun pada umumnya pengobatan ini jarang dilakukan untuk mengatasi kebiasaan mendengkur. Adapun pengobatan tersebut yakni CPAP (continuous positive airway pressure).

Demikian beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebiasaan mendengkur pada seseorang. Kebiasaan yang satu ini memang seringkali menganggu dan bila anda sendiri yang mengalaminya, kondisi ini akan membuat anda banyak dikomplen orang lain yang ada disekitar anda, termasuk mungkin pasangan anda sendiri. Untuk itulah, mengetahui beberapa cara untuk dapat mengatasi kebiasaan ini adalah hal yang penting yang akan dapat membantu anda untuk menyembuhkan atau memperbaiki kondisi ini.

Semoga cara diatas akan membantu anda atau orang sekitar anda yang memiliki kebiasaan mengeluarkan suara bising (mendengkur) pada saar tidur. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.  

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel