Perkembangan Janin Usia 11 Minggu

4.76/5 (156)

Saat ini usai kehamilan anda telah masuk pada periode trimester pertama dari 3 terimester periode kehamilan.

Kami ucapkan selamat ya bund, perkembangan janin dalam rahim ibu berkembang dengan begitu pesat. Yang mana tentunya, setiap detiknya si kecil dalam rahim ibu akan terus berkembang dan bertumbuh seiring dengan dukungan asupan nutrisi dan gizi yang ibu berikan untuk mereka.

Pada kehamilan usia 11 minggu, kini bayi anda telah secara resmi bergelar janin dan bukan lagi embrio. Sebab pada usia ini, organ-organ pada si bayi dalam kandungan sudah terbentuk seperti manusia kecil. Hal ini tentu berbeda dari masa sebelumnya, dimana bentuk atau rupa si kecil lebih mirip berudu dibandingkan dengan manusia. Ekor yang membentangnya pun kini sudah menghilang. Mata, telinga, hidung dan semua organ internal pada si kecil sudah mulai terbentuk dengan perlahan.

Bayi anda saat ini sudah benar-benar terbentuk dengan sepenuhnya. Kini, jari-jari pada tangan dan kakinya sudah mulai terpisah dan selaput yang menyelimutinya kini sudah tak lagi ada. Tulang-tulangnya pun kini sudah mulai mengeras dengan perlahan. Sementara itu, selama 6 bulan kedepan, pertumbuhan bayi anda akan terus berkembang lebih besar dan lebih kuat sehingga ia akan siap untuk dilahirkan ke dunia dan siap untuk hidup diluar rahim.

perkembangan janin minggu 11

Nah, bila dukur dari ujung kepala hingga kebagian pantatnya, ukuran bayi anda panjangnya sudah mencapai 4 cm. Kini, ia telah memiliki semua bagian organ dalam tubuhnya mulai dari tunas gigi, kuku-kukunya dan jari tanagn serta kakinya mulai terpisah dengan perlahan.

Bila anda mampu melihat kedalam perut anda, kini si kecil mulai memiliki kemampuan baru yakni menendang dan meregangkan tubuhnya yang mungil. Gerakan-gerakan yang diciptakannya dalam rahim anda, seolah terlihat seperti ia tengah melakukan tarian balet dalam air.

Pergerakan ini begitu lucu dan menggemaskan, tak heran bila pada saat yang bersamaan ketika anda melakukan scan atau pemeriksaan USG dan kebetulan si buah hati sedang menendang atau melakukan pergelangan pada tubuhnya, hal ini akan tentu membuat setiap orang tua yang menyaksikannya dibuat haru dan bahagia.

Betapa tidak, setiap pergerakan dan tendangan yang dilakukan oleh si buah hati pada umumnya menandakan janin yang sehat. Pergerakan ini tentunya akan lebih sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia si janin dalam kandungan ibu.

Bukan hanya itu, tubuh si janin terus mengalami perkembangan yang begitu pesat sehingga kini kepalanya hanya sepertiga dari seluruh tubuhnya. Bagian organ luar dari kelamin si buah hati pun sudah mulai terbentuk. Sehingga pada minggu ini, anda akan dapat melakukan test kehamilan guna mengetahui jenis kelamin si buah hati.

Akan tetapi, pada perkembangan ini, bagian organ terluar yang melapisi tubuh si janin yakni kulitnya belum terbentuk dengan sepenuhnya. Kulitnya masihlah begitu transparan. Namun kabar lain yang menggemberikan adalah pada minggu ini, tulang-tulang pada si janin mulai mengeras dan menguat, yang mana ini artinya perkembangan ini akan terus berlanjut sampai ia terbentuk dengan sempurna dan si bayi telah siap untuk dilahirkan kedunia.

Pergerakan si buah hati dalam rahim anda begitu aktif, akan tetapi demikian hal ini belum bisa anda rasakan sampai bulan ke 4 dalam periode kehamilan.

Tanda dan Perubahan yang Dialami Pada Kehamilan Usia 11 Minggu

Kini periode trimester kehamilan pertama anda hampir usai, yang mana ini artinya periode trimester selanjutnya dalam kehamilan akan siap anda jalani. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya periode kehamilan yang anda jalani, akan muncul pigmentasi garis vertikal gelap dibagian perut anda, garis ini umumnya disebut dengan linea nigra. Selain itu, dalam kondisi usia kehamilan minggu ini, anda mungkin akan mulai mengalami masalah dengan waktu tidur dimalam hari.

Selain itu, perkembangan hormon dan janin dalam rahim anda akan dapat mengakibatkan ibu hamil seringkali merasa mudah lemas ketika melakukan aktivitas. Nah, bila pada masa kehamilan 1 dan 2 bulan, si janin masih disebut dengan embro atau kumpulan sel, pada usia ke 3 bulan atau 11 minggu ini, si janin sudah bergelar jann dengan anggota tubuhnya yang mulai terlihat.

Pada usia kehamilan ini, anda akan mulai mengalami berbagai perubahan fisik yang cukup drastis, beberapa dari wanita hamil kurang menerima keadaan ini. Namun demikian, tak sedikit pula mereka yang dengan lapang dada menerima kondisi ini.

Perubahan fisik yang dialami oleh ibu hamil sedikit banyak akan membuat mereka mengalami krisis kepercayaan diri. Betapa tidak, kulit yang kencang berubah menjadi mengendur, perubahan pigmen pada kulit membuatnya menjadi gelap dibeberapa bagian area tertentu, terutama kenaikan berat badan yang cukup signifikan adalah hal yang paling menjadi ketakutan untuk setiap wanita.

Akan tetapi demikian, tak sebijaknya kondisi ini dijadikan sebagai ketakutan besar yang membuat anda enggan memiliki buah hati atau mungkin menyangkal kehamilan anda. Hadirnya buah hati dalam rahim anda adalah anugerah besar yang Tuhan berikan. Dengan begini anda telah diberikan kepercayaan oleh Tuhan untuk bisa menjadi ibu.

Untuk itulah, tidak sebaiknya anda menjadikan kondisi kehamilan anda sebagai hal yang akan membuat anda dibebani dengan banyak hal. Sebaliknya, cobalah fokus pada bagaimana membuat kehamilan anda tetap sehat agar janin dalam rahim anda bisa berkembang dan bertumbuh dengan baik.

Seiringan dengan berjalannya kehamilan, beberapa tanda kehamilan seperti halnya kenaikan jumlah hormon dalam tubuh anda akan membuat jaringan dasar panggul dan otot-otot akan mengalami peregangan. Yang mana kondisi ini akan dapat berdampak pada melemahnya bagian otot sphincter yang mengontrol pelepasan air seni dari kandung kemih anda.

Ketika anda tertawa, batuk atau berlari hal ini akan membuat bagian kandung kemih menjadi tertekan. Tekanan inilah yang akan meremas bagian kandung kemih anda, hal inilah yang pada akhirnya akan membuat anda mudah merasakan ingin buang air kecil.

Dengan demikian, tak heran bila beberapa gejala pada orang hamil salah satunya adalah seringnya mereka merasakan ingin buang air kecil. Kondisi ini, pada umumnya akan cukup menganggu dan membuat anda kesulitan tidur dimalam hari, karena terus-terusan ingin buang air kecil.

Nah, adapun cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menyediakan tempat untuk buang air kecil dekat dengan jangkauan anda. Agar demikian, anda tak perlu jauh-jauh pergi ke toilet. Atau usahkan buat kondisi kamar ada senyaman mungkin, ketika kondisi kamar anda nyaman secara tidak langsung, hal ini akan membuat anda bisa terlelap dengan lebih nyaman.

Demikian beberapa tanda dan perubahan yang akan terjadi pada wanita hamil diusia kehamilan 11 minggu. Perkembangan janin pada masing-masing bayi mengalami perbedaan. Perkembangan diatas, menggambarkan perkembangan janin secara umum.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel