Perkembangan Janin Usia 10 Minggu

4.76/5 (109)

Perkembangan bayi dalam rahim anda kini sudah memasuki usia minggu ke 10.

Sebelumnya kami ucapkan selamat dulu ya bunda, kehamilan yang telah anda nanti-nanti selama ini, akhirnya bisa terwujud. Kini, lengkaplah sudah kebahagiaan keluarga kecil anda bersama dengan pasangan.

Pada usia kehamilan minggu ini, kini gelar yang dimiliki oleh bayi anda dalam rahim bukan lagi sebagai embrio, namun ia sudah secara resmi bertumbuh menjadi janin. Ia pun kini akan siap untuk bertumbuh menjadi bayi yang siap untuk dilahirkan. Ukuran tubuhnya pun akan dua kali lipat lebih besar pada 3 minggu yang akan datang dibandingkan dengan ukuran tubuh sebelumnya.

Bayi dalam anda perut kini sudah mulai bisa menendang dan menelan serta semua organ utama dalam tubuhnya sudah berkembang dan terbentuk dengan sepenuhnya. Yang mana ini artinya, lengan, kaki, hidung, mata, telinga, bibir dan organ-organ internal seperti ginjal, jantung, otak dan lain-lain sudah terbentuk dengan sempura. Seiring waktu yang bersamaan, kini muncul juga pertumbuhan lain pada organ-organnya seperti kuku dan rambut-rambut halus sudah mulai bermunculan.

Bukan hanya itu, organ kelamin pada si janin sudah mulai terlihat. Yang mana pada perkembangan ini anda tentu akan mulai dapat melakukan scan pada perut anda guna mengetahui jenis kelamin bayi anda apakah perempuan atau laki-laki.

Ukuran janin anda kini sudah berkembang dengan panjang 3 cm. Ukuran dari ujung kepala kebagian punggung beratnya kira-kira seberat 4 gram. Perkembangan ini seiringan dengan munculnya telinga dibagian sisi kanan dan sisi kiri dibagian sebelahnya.

Bibir atas dan lubang hidung pada si janin mulai terbentuk dan terlihat. Selain itu, rahang dan bakal giginya pun sudah mulai terbentuk. Jantungnya kini sudah berdetak hingga 180 kali per menit, yang mana ini berarti ukuran ini 2-3 kali lebih banyak dibandingkan dengan detak jantung pada manusia dewasa.

Ketika dilakukan pemeriksaan USG, si janin akan mulai bergerak-gerak. Pergerakan inilah yang pada umumnya akan membuat setiap orangtua dibuat terharu dan senang tak tertahankan. Tak heran, bila hal ini sering menjadi momen yang menggembirakan. Dengan demikian, wanita yang hamil seringkali membawa serta pasangan mereka guna menyaksikan perkembangan janin mereka yang begitu menakjubkan.

Dalam tahapan perkembangan ini, organ vital pada si janin seperti halnya ginjal, paru-paru dan otak akan mulai berfungsi dan semakin matang. Dengan perkembangan ini, kepala pada bayi mulai membesar sebesar setengah dari keseluruhan ukuran tubuhnya, dengan tonjolan dibagian depan kepala yang mana ini akan menjadi bagian dari perkembangan otaknya.

Bila anda mampu melihat kedalam perut anda, anda mungkin akan dapat merasakan betapa menarik dan menakjubkannya setiap perkembangan seperti tumbuhnya kuku dan rambut-rambut halusnya. Garis tulang punggungnya pun menjadi bagian yang terlihat dengan jelas. Saraf tulang belakang menjalar dari bagian sumsum tulang belakang yang terlihat dengan jelas.

Perkembangan ini bukan hanya terjadi pada janin yang ada dalam rahim anda. Namun juga uterus atau rahim anda sekarang ukurannya mulai membesar sebesar ukuran jeruk lemon. Perubahan ukuran yang membesar ini mungkin akan dapat anda rasakan dibagian tengah atas tulang kemaluan anda. Hanya saja, ketika meraba bagian ini sebaiknya lakukan dengan perlahan agar jangan sampai anda menekan bagian ini terlalu kuat.

perkembangan janin minggu 10

Tanda-Tanda Kehamilan Usia Minggu Ke 10

Pada usia kehamilan minggu ini anda mungkin mulai merasakan jika bagian pinggul anda mulai membesar, namun demikian kondisi ini belum membuat anda memerlukan ukuran celana yang lebih besar. Karena mungkin perubahan yang terjadi dibagian pinggul ini kondisinya belum signifikan atau drastis.

Sejalan dengan perkembangan bayi dalam rahim anda, kini bagian uterus akan mulai membesar dan mengembang guna mendukung perkembangan si janin didalamnya. Ukuran rahim anda kini membesar sebesar buah anggur, ukuran ini tentunya cukup besar untuk mengisi panggul anda.

Pada kondisi ini, anda mungkin akan merasakan tanda-tanda kehamilan yang umum seperti halnya merasa seperti sedang sakit, lelah atau pusing. Akan tetapi, ingatkan kembali diri anda, bahwa ini adalah tanda-tanda yang akan anda alami yang mana sebagian besar wanita hamil mengalami kondisi ini dan ini tentunya menjadi kondisi yang wajar anda rasakan.

Pada saat ini, anda harus mulai merancang pertemuan dengan bidan atau dokter terdekat anda guna melakukan pemeriksaan secara rutin untuk menjaga kehamilan anda. Akan ada banyak hal yang dilakukan pada pertemuan dengan dokter atau bidan.

Pada pertemuan awal biasanya, pertemuan ini akan dilakukan untuk melakukan sekitar 10 hal mengenai antenatal. Nah, untuk menghindari kasus jika nanti anda melewatkan segala hal, maka sebaiknya tulis terlebih dahulu beberapa pertanyaan yang akan anda ajukan pada dokter atau bidan yang menangani anda.

Dengan demikian anda akan paham dengan segala perubahan atau tanda yang terjadi dengan tubuh anda. Selain itu, dokter pun biasanya akan memberikan solusi dan cara dari segala hal yang terjadi dengan tubuh anda.

Apa Saja yang Perlu Diketahui

Pada saat yang bersamaan ketika anda melakukan scan test untuk melihat jenis kelamin bayi anda, anda pun dapat melakukan tes lainnya seperti halnya melakukan tes untuk mengetahui perkembangan janin dan pertumbuhannya dalam rahim anda.

Untuk dapat melakukan tes ini biasanya dokter atau bidan akan memberikan tawaran tes nuchal translucency scan. Test ini biasanya akan dapat dilakukan antara usia kehamilan 11 minggu lebih 2 hari dan 14 minggu lebih satu hari dari masa kehamilan anda. Test ini biasanya dilakukan untuk mendeteksi jika ada kelainan down syndrom pada si janin yang dikandung.

Chorionic villus sampling ( CVS ) merupakan tes diagnositik antenatal yang akurat yang dapat mendeteksi down syndorm pada bayi dan kelainan-kelainan lainnya. Test CSV biasanya ditawarkan oleh dokter antara usia kehamilan 11 minggu dan 14 minggu. Bila dokter memberikan penawaran tes ini pada usia kehamilan diatas, hal ini mungkin memberikan sinyal dari dokter bahwa kehamilan anda berada dalam resiko tinggi.

Selama kehamilan sebaiknya, kurangi kegiatan jalan-jalan dengan menggunakan kendaraan seperti mobil dan motor. Apalagi perjalanan yang anda lakukan sifatnya ditempuh dalam jarak yang jauh dan dengan medan yang terjal. Pikirkan kembali kondisi kesehatan buah hati dalam kandungan anda.

Dengan menempuh perjalanan jauh yang terjal, bayi dalam kandungan anda akan terancam keselamatannya. Akan tetapi, bila dalam kondisi mendesak mengharuskan anda melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan, sebaiknya gunakan sabuk pengaman dan hindari jalanan yang terjal dengan mengambil jalan alternatif.

Selama masa kehamilan, mungkin ada begitu banyak pantangan dan tantangan yang akan anda hadapi. Akan tetapi, sebaiknya jangan pernah menganggap hal ini sebagai hal yang akan membuat anda terbebani. Sebab pada dasarnya, kondisi ini akan dapat berakhir setelah kelahiran si buah hati kedunia. Terus berjuang dan semoga kehamilan anda tetap sehat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel