Perbedaan Kehamilan Pertama dengan Kehamilan Kedua?

2.57/5 (7)

Beberapa ibu hamil mengeluhkan kondisi kehamilan pertama, berbeda dengan kehamilan kedua yang dirasakan lebih tenang dan mengasyikan. Kebanyakan ibu hamil merasakan perasaan yang lebih nyaman dikehamilan kedua hal ini dikarenakan pengalaman menyenangkan sebelumnya. Sehingga penting bagi ibu hamil dapat menjaga fisik dan psikis sehingga mengurangi masalah kesehatan dan menjadikan pengalaman yang menyenangkan untuk kehamilan selanjutnya. Akan tetapi masih ada pula ibu hamil yang masih merasakan kekhawatiran di kehamilan kedua. Hal ini dikarenakan beberapa perubahan baik secara fisik, berhubungan dengan berat badan yang semakin bertambah pada ibu hamil di kehamilan selanjutnya, usia yang semakin bertambah, beberapa kondisi kesehatan yang mulai terganggu atau juga perubahan hormon yang sangat jauh berbeda dibandingkan dengan kehamilan pertama. Dikarenakan kehamilan dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik kesehatan ibu dan janin maka pada masing masing kehamilan akan memiliki riwayat yang berbeda. Begitu juga pada kehamilan pertama dan kehamilan kedua, seringkali terjadi perbedaan.

Berikut adalah perbedaan kehamilan pertama yang dirasakan oleh ibu hamil pada kehamilan kedua, diantaranya :

1.  Kehamilan lebih singkat

Bagi anda yang sedang memasuki kehamilan kedua, seringkali merasakan kehamilanya lebih cepat. Seperti yang dilansir dari pregnancy.about.com bahwa hal ini dikarenakan ibu hamil sering kali sibuk dalam merawat dan memperhatikan anak pertama sehingga keluhan di kehamilan kedua jarang dirasakan. Sehingga anda disarankan membuat program kehamilan, anak tidak terpaut usia yang jauh dan tidak pula terpaut dekat.

2.  Perubahan fisik yang terlalu cepat di kehamilan kedua

Usia dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan kondisi kehamilan pada usia lanjut. Sehingga seringkali ibu hamil di kehamilan kedua mengeluhkan kondisi fisik yang terganggu. Perubahan fisik yang timbul lebih cepat inilah yang menyebabkan kehamilan kedua sering kali disertai dengan timbulnya resiko varises yang lebih tinggi, kenaikan berat badan yang lebih besar dari kehamilan pertama atau mengalami sakit pinggang yang lebih sering.

3.  Pergerakan Bayi Lebih Cepat

Perbedaan yang sering kali dirasakan oleh ibu hamil di kehamilan anak kedua adalah pergerakan janin yang lebih cepat. Pada kehamilan pertama seringkali ibu dapat merasakan tendangan janin pada usia kehamilan lima bulan, sedangkan di kehamilan kedua akan terasa lebih awal biasanya di usia kandungan empat bulan. Hal ini dapat dihubungkan dengan pengalaman ibu dikehamilan sebelumnya yang berhubungan dengan perasaan sensitif ketika mengalami tendangan.

4.  Proses Persalinan

Proses persalinan pada kehamilan pertama dapat dijadikan acuan dikehamilan selanjutnya, sehingga anda lebih bisa mengatur mental anda dalam mempersiapkan persalinan selanjutnya. Hal yang harus anda jadikan pelajaran, adalah pengalaman-pengalaman berharga anda yang menyenangkan sedangkan bagi anda yang mengalami pengalaman kurang menyenangkan dapat lebih piawai adalah mengatasi situasi yang membuat traumatik dan menghindarinya di kehamilan kedua.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel