data-ad-format="auto"

Perasaan Bahagia Ternyata Mampu Menurunkan Darah Tinggi

Mens sana in corpora sano yang artinya dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, ternyata kata tersebut bukan hanya sekedar slogan!. Sebuah ulasan dari berbagai penelitian menyatakan mengenai pengaruh masa-masa bahagia dan perasaan bahagia akan berpengaruh pada kesehatan dan hingga usia berapa kita akan hidup. Telah banyak studi yang membuktikan bahwa emosi negative, perasaan khawatir dan depresi mampu memprediksi kemungkinan seseorang terkena resiko serangan jantung. Demikian sebaliknya, aura-aura positif yang bisa mengundang beberapa perasaan seperti kebahagiaan, kepuasan hidup, penuh harapan, optimisme, selera humor dan penuh energy dapat menurunkan risiko kematian hingga meningkatkan kemungkinan hidup lebih lama.

Mengapa demikian? Hal tersebut ternyata terjadi karena saat tubuh kita mengalami ‘sweet moment/moment yang indah’, maka system kekebalan tubuh kita akan membaik, respon tubuh terhadap stress juga cenderung menurun. Contoh misalkan, respon inflamasi yang mendukung terbentuknya pengerasan pembuluh tubuh yang dapat berujung pada penyakit jantung. Selain itu, salah satu manfaat dari perasaan bahagia adalah menurunnya tekanan darah tinggi. Karena emosi negative pada seseorang yang mengalami emosi, tekanan darah cenderung akan melonjak dan system kekebalan menurun. Meskipun dalam keadaan sedih, orang yang berpikiran positif memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang selalu berpikiran negative.

Sebuah penelitian yang dilansir dari sebuah situs timesofindia.com menjelaskan, jika hormone dopamine terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Hormone dopamine adalah salah satu hormone yang ada dalam tubuh yang berkaitan dengan kebahagiaan. Lebih detailnya lagi, ketika anda merasa bahagia, maka tingkat stress yang anda alami akan secara otomatis menurun dan dengan demikian akan berpengaruh pada penurunan tekanan darah pada tubuh anda. Akibat penelitian ini, maka para penelitipun sepakat mengembangkan sebuah molekul yang dapat menyembuhkan para penderita tekanan darah tinggi dengan basis hormone tersebut. Molekul tersebut dinamakan SEAP atau ANP. Selain dapat dihasilkan dari perasaan bahagia, hormone ini juga dapat dihasilkan dari system syaraf yang bernama system syaraf simpatik. Terkadang serangan stress selalu menghilangkan dan merusak kebahagiaan hidup anda. Namun sebenarnya, anda bisa mengendalikannya dengan melakukan beberapa tips berikut untuk mengelola stress anda agar anda tetap bisa merasa bahagia.

How To Be Happy ? Is Manage Your Stress

1.    Beralih  Sejenak

Baca Juga: Keputihan Pada Wanita - Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Lakukan aktivitas lain seperti olahraga atau kegiatan fisik lainnya yang membantu anda merasa lebih nyaman dan rileks, perasaan rileks membantu tingkat stress menurun lebih cepat. Misalkan, alihkan diri anda dengan melakukan hal-hal lain salah satunya dengan melakukan hobi anda atau rehat sejenak dengan menyenderkan kepala. Hal tersebut baik untuk kesehatan fisik maupun mental anda.

2.    Sediakan “Me-Time”

Lakukanlah hal apapun yang ingin anda lalukan selama itu mampu membuat tubuh anda nyaman. Istirahat, atau cobalah tekhnik relaksasi yoga, pijat atau mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat terbukti mampu membuat tubuh anda merasa lebih tenang.

3.    Tumpahkan Masalah Anda

Tidak ada salahnya tumpahkan seluruh isi hati anda pada secarik kertas atau seseorang yang bisa anda percaya, jika perlu sambil menangis, jika hal tersebut sudah benar-benar tak bisa anda bendung sendiri. Terkadang hal-hal seperti itu dapat membantu anda melepaskan emosi dan dapat meredakan kecemasan anda.

4.    Hadapi Masalah Anda

Menghindar atau sembunyi dari masalah, bukanlah solusi yang baik. Justru dengan menghindar masalah yang saat ini anda hadapi akan semakin membesar dan kemungkinan serangan stress serta depresi juga akan semakin meningkat. Untuk itu, mulai menghadapi masalah anda, dengan begitu meski dirasa berat satu persatu semuanya akan terselesaikan.

Dengan mengelola stress anda berarti anda memilih bahagia. Dengan memilih bahagia anda juga berarti memilih untuk hidup yang lebih sehat. Untuk itu mulai saat ini, kelola stress anda, mulailah hidup bahagia untuk hidup yang lebih lama.

Loading...

Follow us