Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Diabaikan

Penyebab Gigi Berlubang – Gigi berlubang menjadi salah satu masalah gigi yang sering dialami, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Gigi berlubang itu sendiri merupakan kondisi dimana gigi mengalami kerusakan yang mengikis email atau bagian luar sampai dentin atau bagian dalam hingga membentuk lubang. Masalah gigi yang satu ini sering diabaikan karena dianggap bukan masalah yang serius. Padahal sebenarnya, gigi berlubang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lainnya.

Ada banyak hal yang menyebabkan gigi berlubang. Nah, berikut ini beberapa penyebab gigi berlubang yang sering diabaikan.

Penyebab Gigi Berlubang

Penyebab Gigi Berlubang yang Sering Diabaikan

Terdapat banyak hal yang menyebabkan gigi berlubang, mulai kebiasaan yang anda lakukan sehari-hari sampai masalah medis tertentu. Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi berlubang seperti berikut ini.

Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman bercita rasa manis memang sangat nikmat dikonsumsi. Namun, mengonsumsi makanan dan minuman manis berlebihan akan dapat menyebabkan gigi berlubang. Pasalnya makanan dan minuman manis menjadi makanan untuk bakteri yang ada di dalam mulut anda.

Sisa-sisa gula atau makanan yang menempel pada gigi akan digerogoti oleh bakteri dan menghasilkan asam. Dimana asam yang dihasilkan ini bercampur dengan air liur, efeknya pada permukaan gigi akan terbentuk plak. Jika plak tersebut dibiarkan menumpuk, maka lapisan enamel akan terkikis sehingga lama kelamaan lubang pada gigi akan terbentuk. ( Baca juga : Penyebab Gigi Kuning Pada Anak )

Lubang yang awalnya berukuran kecil lama kelamaan akan melebar sampai ke lapisan bagian dalam gigi, bahkan bisa hingga ke bagian pulpa. Pulpa itu sendiri merupakan bagian gigi paling dalam yang dipenuhi oleh pembuluh darah serta saraf. Nah, jika lubang pada gigi sudah sampai ke bagian ini maka anda akan merasakan sangat nyeri. Ketika digunakan untuk mengunyah makanan gigi pun akan terasa nyeri.

Mengetahui seperti itu, sebaiknya anda batasi konsumsi makanan dan minuman manis. Kurangi porsi makanan manis yang biasa anda konsumsi setiap harinya. Selain itu, setelah mengonsumsi makanan ataupun minuman manis anda harus rajin membersihkan gigi serta mulut dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan untuk mencegah plak menumpuk pada gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Tidak Menggosok Gigi

Menjaga kesehatan gigi adalah hal penting yang harus anda lakukan. Pasalnya kondisi gigi dan mulut yang kotor dapat menyebabkan masalah kesehatan gigi, salah satunya yaitu munculnya plak pada gigi. Tidak hanya pada permukaan gigi saja, plak juga bisa muncul di bawah garis gusi, serta di bagian sela-sela gigi.

Apabila anda tidak menggosok gigi dengan rutin maka plak akan terus menerus terbentuk. Jika plak terus menerus menumpuk maka plak akan membusuk. Sehingga pada akhirnya akan menyebabkan gigi berlubang. Mengetahui seperti itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan merawat kebersihan gigi dalam setiap harinya. Dalam sehari anda harus menyikat gigi anda. Pagi-pagi setelah selesai sarapan dan ketika malam hari sebelum anda tidur. Anda harus menyikat gigi dengan baik dan benar supaya segala kotoran yang menempel pada gigi dapat terangkat dengan sempurna.

Ketika menyikat gigi anda bisa menyikatnya dengan gerakan memutar dengan lembut dan perlahan. Hindari menggosok gigi dengan kuat dan kencang karena lapisan enamel gigi anda justru akan rusak.

Tidak Membersihkan Gigi dengan Benang

Membersihkan gigi dengan cara menyikat saja tidak cukup. Untuk menyempurnakan dalam membersihkan gigi anda harus melanjutnya dengan benang gigi. Penumpukan plak gigi yang menjadi penyebab gigi berlubang paling banyak pada sela-sela gigi. Dengan menggunakan benang gigi maka sela-sela gigi yang tidak terjangkau oleh sikat gigi dapat dibersihkan.

Ketika menggunakan benang gigi, anda juga harus memperhatikan caranya. Silakan ambil benang gigi dan benang dimasukan pada sela-sela gigi. Gesekan benang tersebut dengan perlahan dan hati-hati jangan sampai melukai gusi anda.

Kondisi Mulut Kering

Selain penyebab di atas, ternyata tanpa disadari mulut kering juga dapat menjadi penyebab gigi berlubang. Kondisi mulut kering terjadi karena air liur produksinya sedikit. Padahal air liur memiliki peran penting untuk kesehatan mulut seperti menjaga agar mulut keadaannya tetap lembab, serta sisa-sisa makanan, juga plak gigi dapat dibersihkan.

Air liur mengandung senyawa yang dapat melawan asam yang oleh bakteri diproduksi. Oleh karena itu, kondisi mulut kering dapat membuat risiko mengalami masalah mulut semakin meningkat. Beberapa masalah mulut yang mungkin terjadi di antaranya yaitu gigi berlubang, gigi sensitif dan lain sebagainya.

Nah, untuk mencegah agar mulut tidak kering salah satu cara yang dapat anda lakukan yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Oleh karena itu, demi menjaga produksi air liur anda harus memperbanyak minum air dalam setiap harinya. Selain itu, minum air putih yang cukup juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda.

Jika anda kurang suka minum air putih karena rasanya yang tawar, maka untuk mensiasatinya anda dapat menambahkan aneka potongan buah segar pada air anda. Dengan cara ini anda akan menjadi lebih banyak minum air putih.

Masalah Kesehatan Tertentu

Beberapa masalah kesehatan tertentu dapat menyebabkan gigi berlubang. Mereka yang memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah pada giginya yaitu orang yang memiliki riwayat penyakit GERD. GERD atau refluks asam lambung dapat membuat asam lambung naik ke bagian kerongkongan hingga mulut. Dimana asam lambung beserta asam yang dihasilkan bakteri dalam mulut akan bercampur dan menyebabkan dentin, serta enamel gigi terkikis. Jika kondisi ini terus menerus dibiarkan akan membuat gigi menjadi sensitif, yang pada akhirnya akan menjadi berlubang.

Selain penyakit GERD, penyakit lainnya seperti bulimia dan anoreksia dapat menyebabkan gigi berlubang. Produksi air liur pada mulut akan terpengaruh oleh penyakit-penyakit ini. Dimana kondisi ini akan membuat mulut anda kering yang pada akhirnya muncul lubang pada gigi.

Letak Gigi

Letak gigi juga dapat menjadi penyebab munculnya lubang pada gigi. Pada kebanyakan kasus lubang lebih sering muncul di bagian belakang gigi. Lubang sering muncul di bagian gigi geraham, serta premolar. Sisa makanan lebih sering tersangkut di bagian belakang gigi pasalnya banyak memiliki celah dan alur. Tidak hanya itu, bagian gigi belakang juga biasanya lebih sulit dijangkau dengan menggunakan sikat gigi ketika anda membersihkan gigi. Walaupun anda dengan rutin menyikat gigi, namun bagian belakang gigi belum tentu tersikat dengan bersih.

Nah, untuk menjaga supaya seluruh gigi anda benar-benar sehat dan bersih, disarankan untuk rajin pergi ke dokter gigi untuk mengontrol kondisi gigi anda serta dengan rutin membersihkan karang dan plak gigi. Dokter biasanya akan menyarankan untuk membersihkan plak, serta karang gigi dengan rutin setiap 6 bulan sekali dengan metode scaling. Dengan metode ini akan efektif membersihkan plak yang menjadi penyebab gigi berlubang bahkan hingga ke bagian belakang gigi yang biasanya sulit dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi.

Usia

Usia yang paling rentan mengalami masalah gigi berlubang yaitu anak-anak serta lansia. Pada lanjut usia, seiring dengan usia yang semakin bertambah maka proses metabolisme tubuh akan menjadi lebih lambat. Sehingga memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan, salah satunya masalah gigi berlubang.

Selain itu, beberapa obat yang dengan rutin dikonsumsi oleh orang yang sudah lanjut usia dapat membuat produksi air liur terhambat. Ditambah lagi karena gaya hidup ketika masih muda seperti misalkan minum alkohol dan merokok dapat menyebabkan gigi rusak saat usia sudah tua.

Sedangkan pada usia anak-anak, di usia ini mereka biasanya hobi mengonsumsi makanan ataupun minuman manis. Hobi mengonsumsi makanan manis yang tidak diiringi dengan perawatan gigi yang baik dan benar akan menyebabkan gigi rusak saat usia dini.

Nah, untuk orangtua yang anaknya hobi mengonsumsi makanan atau minuman manis sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Pastikan anak anda diajarkan untuk merawat gigi dengan baik dan benar. Selain itu, anda juga harus rutin memeriksakan gigi anak dengan rutin pada dokter gigi.

Kurangnya Asupan Fluoride

Fluoride adalah mineral yang terbentuk dengan alami. Dimana gluopride itu sendiri dapat membantu mencegah masalah gigi berlubang. Fluoride menjadi bahan umum yang terdapat pada pasta gigi atau obat kumur. Nah, kerusakan gigi akan mudah terjadi jika fluoride kurang.

Bahaya Gigi Berlubang yang Dibiarkan

Penyebab Gigi Berlubang

Jika dibiarkan dan tidak segera diobati, gigi berlubang akan menimbulkan bahaya. Masalah gigi berlubang yang tidak diatasi dengan baik dan benar akan menimbulkan infeksi pada jaringan tubuh. Nah, jika jaringan tubuh sudah mengalami infeksi maka tidak menutup kemungkinan infeksi tersebut dapat menyebar ke bagian organ tubuh yang lainnya. Adapun beberapa masalah kesehatan yang disebabkan karena gigi berlubang adalah seperti berikut ini.

Abses

Abses dapat terjadi apabila gigi berlubang tidak segera diobati sehingga infeksi yang terjadi dapat menyebar ke jaringan lunak. Abses atau kantong nanah yang terbentuk akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Dimana abses itu sendiri terjadi karena adanya kumpulan bakteri dalam mulut.

Menimbulkan Rasa Nyeri yang Tidak Tertahankan

Masalah gigi berlubang dapat menimbulkan rasa sakit. Dimana tingkat keparahan rasa sakit itu sendiri tergantung dari besar lubang pada gigi. Kemungkinan anda dapat merasakan sakit yang tiba-tiba muncul, namun setelah itu rasa sakitnya akan hilang.

Tidak lama setelah itu, rasa sakit akan kembali muncul bahkan rasa sakit tersebut dapat menjalar ke bagian telinga dan rahang, serta tidak menutup kemungkinan menyebabkan sakit kepala. Akibat rasa nyeri ini tentunya aktivitas anda akan terhambat. Selain itu, anda juga akan menjadi lebih sensitif pada lingkungan, seperti misalkan ingin marah saat mendengar suara yang bising.

Masalah Gusi

Gigi berlubang juga dapat menyebabkan penyakit gusi. Gejala penyakit gusi itu sendiri yaitu terasa nyeri pada gusi mengalami peradangan. Dimana masalah ini dapat menjalar ke gusi yang lainnya. Karena hal ini maka gusi akan menjadi bengkak dan merah. Saat disikat ataupun dipegang gusi akan menjadi berdarah.

Struktur Rahang Terpengaruh

Kondisi gigi berlubang yang dibiarkan terlalu lama akan dapat membuat infeksi menjadi semakin meluas. Selain pada bagian gigi, infeksi juga dapat menjalar ke bagian gusi. Jika tidak segera disembuhkan akan membuat bagian tulang rahang mengalami kerusakan.

Kondisi ini dapat terjadi jika ada gigi ompong karena pembusukan yang disebabkan oleh gigi berlubang. Gigi anda akan bergeser sehingga struktur gigi dapat terpengaruh dan struktur rahang pun akan terpengaruh.

Penyakit Jantung

Menurut beberapa penelitian menunjukan bahwa penyakit periodontal atau penyakit gigi dan gusi memiliki hubungan dengan penyakit jantung. Kondisi gusi yang terluka akan membuat bakteri yang terdapat pada mulut terpicu untuk masuk ke dalam aliran darah, akibatnya dapat menyebabkan infeksi pada otot dalam jantung.

Endokarditis dan Sinusitis

Bahaya gigi  berlubang yang lainnya yaitu dapat berkembang menjadi endokarditis serta sinusitis. Endokarditis itu sendiri merupakan infeksi di lapisan dalam ruang jantung dan katup jantung. Selain itu kuman yang berasal dari gigi berlubang dapat menyebar ke bagian dinding rongga sinus sehingga dapat menyebabkan sinusitis.

Melahirkan Bayi Prematur

Risiko gigi berlubang tentunya sangat membahayakan bagi ibu hamil. Ibu hamil yang memiliki masalah gigi berlubang harus lebih waspada. Bakteri dapat masuk ke aliran darah yang dapat menyebar ke seluruh tubuh, begitupun pada kandungan. Kondisi ini akan dapat membuat risiko bayi lahir prematur semakin meningkat karena janin dalam kandungan pertumbuhannya terganggu akibat infeksi. Janin yang pertumbuhannya terganggu juga bisa menyebabkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR).

Tips Mencegah Gigi Berlubang

Penyebab Gigi Berlubang

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, sebelum anda mengalami masalah gigi berlubang alangkah lebih baik jika anda mencegahnya. Ada beberapa tips mencegah gigi berlubang seperti di bawah ini.

Rutin Melakukan Pemeriksaan Pada Dokter Gigi

Sangat penting untuk rutin melakukan pemeriksaan pada dokter gigi untuk mencegah anda mengalami masalah gigi dan mulut. Melakukan konsultasi pada ahlinya efektif untuk mencegah masalah kesehatan mulut tersebut.

Melakukan Sikat Gigi dengan Rutin

Untuk anda yang selama ini malas atau jarang menyikat gigi, untuk mencegah masalah gigi, termasuk gigi berlubang sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut. Rutinlah menggosok gigi dua kali dalam sehari untuk membersihkan mulut anda. Jika anda tidak dapat melakukan sikat gigi setelah selesai makan, maka cara alternatif lainnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan berkumur.

Dalam memilih pasta gigi, anda dapat memilih pasta gigi yang mengandung flouride karena dapat mencegah masalah gigi berlubang. Dengan senyawa  ini lapisan pelindung gigi akan terjaga dan masalah gigi keropos dapat dicegah.

Melakukan Diet Sehat

Untuk mencegah gigi berlubang anda harus dapat membatasi makanan dan minuman manis.  Jika anda semakin sering mengunyah makanan manis atau minum minuman mengandung gula, maka bakteri akan semakin banyak menghasilkan asam. Nah, untuk melindungi anda dari masalah gigi berlubang anda dapat mencoba mengunyah permen karet dengan kandungan xylitol. Tidak hanya membersihkan gigi, permen karet dengan kandungan xylitol juga akan dapat membuat perkembangan bakteri penyebab gigi berlubang berkurang.

Banyak Minum

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya untuk mencegah gigi berlubang penting untuk minum air putih yang cukup. Air liur salah satu fungsinya yaitu untuk menyalurkan flouride ke bagian gigi yang akan meminimalkan risiko masalah gigi berlubang.

Demikian beberapa penyebab gigi berlubang, bahaya gigi berlubang yang dibiarkan dan pencegahan yang dapat anda lakukan. Mengetahui bahaya gigi berlubang, anda jangan menganggap spele lagi masalah ini. Jaga kesehatan mulut dan gigi anda dengan perawatan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel