Penyebab Gigi Kuning Pada Anak

5/5 (5)

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gigi anak menjadi kuning, seperti misalnya akibat konsumsi air minum yang berasal dari pompa air dengan kadar zat besi yang begitu tinggi atau penyebab lainnya bisa juga dipicu karena terdapat kandungan stain yang mengkontaminasi air yang kemudian diminum oleh anak, konsumsi vitamin yang mengandung zat besi serta cara menggosok gigi yang kurang tepat, akibatnya terjadi penumpukan plak dan sisa makanan. Jika hal ini terus dibiarkan, bukan saja warna kuning yang bisa menjadi permasalahan, gigi berlubang dan sakit gigi juga bisa timbul. Selain itu, ternyata antibiotik yang dikonsumsi oleh si anak juga ikut berperan pada pembentukan warna kuning digiginya. Sebab antibiotik yang diminum dibawa melalui pembuluh darah yang sebagian diendapkan pada gigi.

Adapun antiboitik yang amat menmpengaruhi pembentukan warna kuning pada gigi terutama pada gigi bayi adalah tetrasiklin yang dapat membuat gigi berwarna kuning keabu-abuan. Apabila hal ini terjadi pada masa gigi susu tumbuh pada anak, maka kemungkinanan penyebabnya bisa dikarenakan konsumsi tetrasiklin pada saat masa kehamilan anda. Hanya saja, dewasa ini penemuan kasus kelainan gigi pada anak akibat konsumsi tetrasiklin amatlah jarang. Hal ini dikarenakan, saat ini penggunaan tetrasiklin dilarang keras saat masa kehamilan dan usia anak dibawah usia 12 tahun.

Lantas Bagaimana Mencegah timbulnya gigi kuning untuk buah hati selanjutnya? Berikut tips yang bisa anda lakukan :

1. Selektif memilih Vitamin untuk sikecil

Beberapa vitamin yang beredar, banyak mengandung zat besi yang begitu tinggi. Untuk itu, untuk mencegah timbulnya warna kuning pada gigi sikecil adalah dengan selektif memilih vitamin dengan kandungan zat besi yang seimbang dengan kandungan vitamin lainnya.

2. Hindarkan Sikecil Dari Makanan dan Minuman Manis

Selain merusak gigi yang dapat membuatnya berlubang, kandungan pemanis dalam makanan dan minuman yang disantap oleh sikecil ikut berperan dalam pembentukan warna kuning pada giginya. Untuk itulah, ada baiknya mulai membatasi makanan dan minuman manis pada sikecil yang pada akhirnya lambat laun sikecil dapat sedikit dihindarkan dari konsumsi makanan dan minuman manis yang terlalu.

3. Terapkan Aturan Rajin Menggosok Gigi

Malas menggosok gigi bukan hanya dijumpai pada anak-anak, bahkan orang dewasapun kerap kali menyepelekan manfaat dari menggosok gigi. Padahal, ketika beraktifitas dan banyak makanan yang dimasukan kemulut, plak dan kuman akan bersarang pada gigi, jika tidak dibersihkan maka plak dan kuman ini akan menumpuk yang bisa menimbulkan sakit gigi dan juga karang gigi. Untuk membeiasakan anak rajin menggosok gigi, maka anda sebagai orang tua tentunya harus bisa dijadikan sebagai contoh yang baik. Pribadi anak-anak cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka, agar anak rajin menggosok gigi, maka andapun harus serta merta rajin menggosok gigi.

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah timbulnya warna kuning pada gigi. Namun cara yang terbaik untuk mengetahu seberapa parah gigi kuning pada sikecil adalah dengan memeriksakannya kedokter gigi minimal 6 bulan sekali. (Baca : Tips Membujuk Anak Pergi ke Dokter Gigi)

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply