Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak yang Penting Dipenuhi

Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak – Masa kanak-kanak merupakan puncak perkembangan dan pertumbuhan tubuh si kecil. Mengetahui seperti itu, diperlukan keadaan lingkungan yang baik dalam menunjang proses tumbuh kembangnya. Selain itu, salah satu faktor yang akan mempengaruhi pertumbuhan si kecil yaitu nutrisi yang ia dapatkan dari makanan yang dikonsumsinya. Tidak akan ada nutrisi yang dapat bekerja sendiri dalam memaksimalkan pertumbuhan anak, sebab semuanya memiliki peranan masing-masing. Anak membutuhkan aneka nutrisi supaya pertumbuhannya dapat berjalan dengan cepat dan normal.

Lantas apa saja nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak?  Nah, pada pembahasan di bawah ini kami jelaskan apa saja nutrisi untuk tumbuh kembang anak dan makanan apa saja yang mengandung nutrisi tersebut.

Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak

Tahukah bunda? Meskipun si kecil pintar makan dan makan sebanyak tiga kali dalam sehari, bukan berarti ia akan selalu sehat. Pasalnya, belum tentu makanan yang ia makan mengandung nutrisi cukup yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan kebutuhan nutrisi si kecil dengan cara menyiapkan makanan sehat. Sebelum anda memberikan makanan sehat, penting untuk mengetahui nutrisi untuk tumbuh kembang anak yang penting berikut ini. ( Baca juga : Pola Makan Anak Sehat )

Nutrisi Untuk Tumbuh Kembang Anak

Kalsium

Salah satu nutrisi penting yang harus didapatkan anak yaitu kalsium. Kalsium memiliki fungsi untuk membantu pertumbuhan tulang anak dan menjadikan giginya lebih kuat. Selain itu kalsium juga dapat menjaga fungsi otot dan bermanfaat untuk saraf yang sehat. Kalsium dapat membantu proses pembekuan darah, serta dapat membantu tubuh dalam mengubah makanan menjadi energi.

Mengetahui manfaat kalsium yang baik untuk anak, maka penting untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi anak. Anda dapat memberikan makanan sumber kalsium seperti ikan, keju dan susu ke dalam menu makannya.

Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial memiliki banyak manfaat untuk anak, terlebih lagi untuk tumbuh kembangnya. Asam lemak esensial akan membantu dalam pembentukan sel, melancarkan aliran darah, mengatur sistem saraf, sistem kekebalan tubuh menjadi kuat dan membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi.

Asam lemak juga dibutuhkan untuk mempertahankan fungsi otak untuk mengatur penglihatan anak. Untuk mendapatkan asam lemak esensial, anda bisa memberikan makanan yang mengandung nutrisi ini seperti ikan tuna, telur dan kacang-kacangan.

Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan maupun kesehatan anak. Magnesium memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti menstabilkan irama jantung, menjaga tulang agar kuat, mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu otot serta fungsi saraf.

Agar si kecil mendapatkan nutrisi penting ini, anda dapat mengolah makanan yang mengandung magnesium seperti ikan, tahu sayuran dan buah-buahan.

Zat Besi

Zat besi memiliki peran dalam memproduksi hemoglobin dan mioglobin. Jika anak kekurangan zat besi, maka ia akan mengalami anemia atau kurang darah. Apabila anak sampai mengalami keadaan ini, maka ia akan merasa lemas, lelah dan mudah tersinggung. Anda dapat memberikan nutrisi ini melalui makanannya. Beberapa makanan yang mengandung zat besi yaitu kuning telur, ikan dan daging.

Kalium

Nutrisi untuk tumbuh kembang anak yang selanjutnya yaitu kalium. Kalium merupakan zat gizi yang memiliki peran untuk menjaga tekanan darah, serta mengontrol air dalam tubuh apakah seimbang atau tidak. Selain itu, kalium membantu irama jantung dan fungsi otot. Dalam jangka panjang zat gizi yang satu ini akan membantu mengurangi risiko osteoporosis dan batu ginjal.

Untuk mendapatkan asupan kalium anda dapat memberikan anak anda beberapa makanan yang mengandung kalium seperti buah tomat, pisang dan susu. ( Lihat juga : Tips Mengatasi Anak Susah Makan )

Vitamin A

Vitamin A merupakan nutrisi penting untuk anak yang bermanfaat untuk menjaga pertumbuhan mata dan kesehatan tulang si kecil. Bahkan vitamin ini dapat melindungi tubuh dari infeksi, mampu menunjang kesehatan dan pertumbuhan sel dan jaringan tubuh seperti kuku, rambut dan kulit.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A si kecil anda dapat memberikannya makanan yang menjadi sumber vitamin ini. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A diantaranya hati ayam, daging sapi, susu dan buah berwarna merah.

Vitamin C

Vitamin C memiliki manfaat untuk proses perbaikan maupun pembentukan sel darah merah, tulang dan jaringan pada tubuh. Selain itu, vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan gusi anak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu proses penyembuhan luka, mencegah terjadinya infeksi dan membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang berasal dari makanan. Penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ini dan anda bisa mendapatkannya dari nanas, buah pepaya dan melon.

Vitamin D

Tidak kalah penting dengan nutrisi yang lainnya, vitamin D dapat membantu tubuh si kecil dalam proses penyerapan mineral seperti kalsium untuk pembentukan gigi, serta tulang yang kuat. Perkembangan massa tulang anak penting untuk anda perhatikan. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D bagi anak, anda dapat memberikan makanan seperti tahu, telur, tempe dan daging ikan.

Vitamin E

Dalam masa pertumbuhan anak vitamin E dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas. Seperti yang kita ketahui radikal bebas dapat menyebabkan rusaknya sel. Tidak hanya itu, vitamin E memiliki peran dalam sistem kekebalan tubuh si kecil, proses metabolisme tubuh dan perbaikan DNA. Cukupi kebutuhan vitamin E anak dengan memberikan makanan seperti bayam, buah alpukat dan biji-bijian.

Zink/Seng

Zink (seng) merupakan nutrisi untuk perkembangan anak yang penting untuk dipenuhi. Zink dibutuhkan enzim dalam tubuh agar dapat menjalankan fungsinya masing-masing dalam sistem pencernaan, pertumbuhan anak dan metabolisme. Anda bisa memenuhi kebutuhan zink pada anak dengan memberikan makanan seperti bayam, tomat dan brokoli. ( Lihat juga : Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak )

Agar Tumbuh Kembang Anak Optimal

Ada tiga faktor yang mendukung dan penting untuk pertumbuhan anak, yaitu nutrisi, stimulasi serta kasih sayang orang tua.

Setiap orang tua tentunya ingin tumbuh kembang anak berjalan dengan optimal, cerdas, sehat, kreatif dan berperilaku baik. Namun ini tidak akan terjadi tanpa adanya peran dari keluarga. Peran keluarga yang mampu mengoptimalkan tumbuh kembang anak yaitu bermula sejak anak masih dalam kandungan. Hal yang paling utama, bahkan setelah anak lahir yaitu nutrisi. Peran anda sebagai ibu tentunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Sedangkan seorang ayah berperan dalam mendukung maupun menyediakan kebutuhan ibu saat sedang mengandung.

Ketika si kecil masih dalam kandungan, anda bisa memberikannya stimulasi. Seperti misalkan mengajak janin berbicara atau mengelus perut. Sedangkan setelah si kecil lahir, anda bisa menstimulasinya dengan mengajak bermain, mendongeng atau memberikan contoh yang baik. Stimulasi berpengaruh terhadap otak. Itulah mengapa anak akan mendengar, melihat, meniru, memahami dan mengulang apa yang orang tua atau orang sekitarnya lakukan. Untuk membentuk rasa percaya diri dan rasa aman pada anak anda dapat memberikan kasih sayang dengan cara dipeluk, dicium atau diberikan pujian.

Selain itu, perlindungan atau cara bagaimana orangtua melindungi anaknya dari penyakit ikut berpengaruh. Perlindungan dari orang tua diantaranya yaitu mencukupi kebutuhan nutrisi, imunisasi dan menyediakan lingkungan yang aman dan bersih untuk anak.

Dengan demikian, memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak penting dipenuhi. Anda dapat memasukan makanan mengandung nutrisi tersebut pada menu makan si kecil. Itulah beberapa nutrisi untuk tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat.

Artikel ini di review oleh Bidan Pevi Revina sTR.Keb

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply