4 Cara Mengatasi Kondisi Mudah Lupa Saat Hamil

Cara Mengatasi Kondisi Mudah Lupa Saat Hamil – Kondisi mudah lupa saat hamil biasanya banyak dikeluhkan oleh ibu hamil, seperti lupa menyimpan benda tertentu dan lain sebagainya. Mudah lupa saat hamil itu sendiri merupakan kondisi yang wajar, namun akan cukup mengganggu.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ibu hamil muda lupa seperti stres, susah tidur, mual dan muntah yang dapat menyebabkan lemas dan sulit konsentrasi, hormon yang mengalami perubahan, depresi, prioritas ibu hamil pada buah hati sehingga fokus terbagi dan menyebabkan mudah lupa.

Nah, untuk menghadapi kondisi mudah lupa ketika hamil, beberapa tips berikut ini bisa anda perhatikan.

Mudah Lupa Saat Hamil

Cara Mengatasi Kondisi Mudah Lupa Saat Hamil

Kondisi mudah lupa tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, untuk membantu mengantisipasi kondisi ini, beberapa tips ini dapat anda lakukan.

Mencukupi Waktu Tidur

Mudah Lupa Saat Hamil

Mencukupi waktu tidur tentu sangat penting untuk dilakukan. Bagi ibu hamil disarankan untuk tidur sekitar 8 hingga 9 jam setiap harinya. Jika tidur cukup dan berkualitas maka daya ingat dan konsentrasi akan meningkat. Ketika tubuh dapat beristirahat dengan baik, maka otak pun akan istirahat, serta membantu memulihkan energi yang diperlukan.

  • Pastikan anda tidur lebih awal agar mendapatkan waktu tidur yang cukup.
  • Buat suasana kamar tidur senyaman mungkin agar anda mudah terlelap dan tidur menjadi berkualitas.
  • Hindari hal-hal yang dapat mengganggu waktu tidur.

Lihat juga : 5 Tips Perawatan Payudara Saat Hamil

Mencatat Kegiatan Sehari-Hari

Mudah Lupa Saat Hamil

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kondisi mudah lupa yaitu membuat catatan kegiatan sehari-hari.

  • Anda dapat mencatat semua yang ingin anda lakukan di hari itu. Jika sudah selesai dilakukan, anda dapat memberikannya tanda.
  • Anda dapat memasang alarm pada ponsel supaya tidak lupa akan janji atau rencana yang telah dibuat, misalkan jadwal untuk cek kandungan dan lain sebagainya.
  • Selain itu, anda juga dapat meminta pasangan untuk mengingatkan akan hal-hal yang perlu dilakukan atau sudah dijadwalkan.

Olahraga dengan Teratur

Mudah Lupa Saat Hamil

Olahraga dengan teratur ketika hamil memiliki banyak manfaat, di antaranya yaitu membantu meningkatkan kebugaran tubuh, serta membantu mempersiapkan tubuh untuk persalinan. Olahraga juga akan memperbaiki daya ingat, serta kemampuan konsentrasi.

  • Pilihlah olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil. Beberapa olahraga yang dapat dijadikan pilihan yaitu yoga hamil, senam hamil dan lain sebagainya.
  • Namun, sebelum melakukan olahraga lebih baik anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter. Pasalnya setiap kondisi ibu hamil berbeda-beda. Selain itu, anda juga sebaiknya meminta saran olahraga yang tepat untuk ibu hamil.

Letakan Benda dengan Teratur

Mudah Lupa Saat Hamil

Bentuklah kebiasaan meletakan benda atau apapun dengan teratur dan pada tempat yang sama sehingga anda tidak akan lupa dan repot ketika membutuhkannya.

  • Letakan lagi benda-benda atau segala sesuatu di tempat sebelumnya anda mengambilnya.
  • Ada banyak hal yang dapat menyebabkan ibu hamil mudah lupa. Namun, ini merupakan kondisi normal. Selain melakukan cara-cara di atas, anda juga dapat mencoba melakukan relaksasi dan bersikap santai sehingga tubuh dan pikiran lebih segar. Selain itu, anda juga harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Itulah beberapa cara menghadapi kondisi mudah lupa saat hamil. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons