Menu Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Saat Sahur, Agar Tahan Lapar

5/5 (3)

Dengan demikian, wajar jika anda yang saat ini menjalani ibadah puasa seringkali merasakan kelaparan. Hanya saja, hal ini bukan berarti dapat dijadikan sebagai alasan untuk membatalkan puasa yang anda jalani atau bermalas-malasan menjalani rutinitas biasa karena puasa. Nah, kali ini, ada beberapa menu makanan yang dianjurkan dikonsumsi saat waktu sahur, untuk menjaga agar anda tidak merasa kelaparan dan membuat anda selalu segar selama puasa.

1.    Oatmeal

Oatmeal adalah  makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi. Begitupun saat berpuasa, menu ini amat dianjurkan dikonsumsi sewaktu sahur. Sebab oatmeal mengandung serat yang tinggi yang dapat mengenyangkan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, mengkonsumsi oatmeal juga dapat membantu jantung anda agar tetap sehat, sehingga tak heran jika oatmeal dijadikan sebagai menu makanan altermatif untuk mereka yang lebih memilih sarapan yang sehat.

2.    Apel

Selain kaya akan kandungan vitamin C yang berfungsi mencegah anda dari gangguan mulut seperti sariawan, buah apel juga dipenuhi dengan kandungan serat dan air didalamnya. Sehingga mengkonsumsi buah ini sewaktu sahur akan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

3.    Cokelat Hitam

Menghadirkan coklat hitam untuk disajikan sebagai menu penutup diwaktu sahur adalah hal yang tidak ada salahnya anda lakukan. Sebab selain cokelat mampu membuat anda merasa kenyang lebih lama, mengkonsumsi coklat hitam terbukti dapat mengurangi tekanan darah serta melindugi kesehatan otak dan jantung.

4.    Telur

Konsumsi protein sehat saat makan sahur dapat membuat tubuh menjadi lebih bertenaga dan tidak mudah lesu. Salah satu sumbermakanan yang kaya akan kandungan proteinnya adalah telur. Hadirkan telur saat menyantap makan sahur. Namun, ada baiknya, hindarkan mengolahnya dengan cara digoreng. Dikukus dan direbus adalah cara mengolah yang lebih baik untuk kesehatan anda, sebab lemak berlebih dapat memicu kantuk, terutama saat berpuasa.

5.    Air Putih

Asupan air putih yang cukup dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baik, jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka dapat berefek baik pada tubuh yang merasa lebih segar sepanjang hari dan menambah energi. Minum air putih dan konsumsi jus tanpa gula amat dianjurkan saat sahur. Sementara konsumsi kopi dan teh manis malah membuat tubuh mengalami kekurangan cairan, karena sifatnya yang diuretik atau merangsang terus buang air kecil.

6.    Sup

Sup adalah menu yang paling dianjurkan saat waktu sahur, karena kandungan protein dan sayuran didalamnya. Selain itu, mengkonsumsi sup saat sahur dapat membuat perut anda tetap terasa penuh.

Itulah dia beberapa menu makanan yang baik dan dianjurkan untuk dikonsumsi sewaktu sahur. Dengan menu makan yang berkualitas saat sahur, maka akan menjaga anda tetap segar sepanjang hari.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply