Meningkatkan Peluang Melahirkan Normal dengan 8 Tips Ini

Meningkatkan Peluang Melahirkan Normal – Kehamilan merupakan momen yang sangat dinantikan oleh pasangan yang sudah menikah. Buah hati akan lahir dan melengkapi keluarga. Banyak pasangan yang melakukan program hamil untuk mewujudkan kehamilan. Saat anda dinyatakan hamil, rasa bahagia tentu akan anda rasakan.

Saat hamil sangat penting untuk menjaga agar kehamilan tetap sehat hingga waktu melahirkan tiba. Nah, berbicara mengenai proses persalinan, banyak ibu hamil yang mendambakan melahirkan secara normal atau melahirkan melalui vagina. Melahirkan normal diketahui memiliki keuntungan tersendiri, salah satunya yaitu proses penyembuhan yang cukup cepat.

Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk persalinan normal juga lebih murah dibandingkan dengan proses persalinan dengan operasi caesar. Apabila anda salah satu yang mendambakan melahirkan normal, ada beberapa hal yang bisa mulai anda lakukan saat hamil agar dapat melahirkan normal. Selain dapat meningkatkan peluang anda untuk melahirkan normal, tips ini juga akan membantu menjaga kesehatan si kecil dalam kandungan. Lantas apa saja tips yang akan meningkatkan peluang anda melahirkan normal? Untuk mengetahuinya anda bisa simak di bawah ini.

Melahirkan Normal

Meningkatkan Peluang Melahirkan Normal dengan Tips Ini

Jika anda memutuskan untuk melahirkan normal, beberapa tips ini dapat dilakukun untuk membantu meningkatkan peluang melahirkan normal.

Menjaga Posisi Janin Agar Tetap Optimal

Melahirkan Normal

Menjaga agar posisi janin tetap optimal adalah langkah penting untuk membuat peluang melahirkan normal meningkat. Untuk menjaga supaya posisi janin tetap optimal, caranya yaitu dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang akan membuat posisi si kecil menjadi kurang pas. Yuk perhatikan beberapa tips berikut ini. (Baca juga : Perawatan Sederhana Meredakan Ambeien Saat Hamil )

  • Hindari kebiasaan jarang bergerak, suka membungkuk, duduk dan berdiri dengan posisi atau postur yang buruk, atau kebiasaan anda yang sering memakai high heels dalam waktu yang lama. Kebiasaan-kebiasaan buruk ini akan menyebabkan posisi panggul tidak optimal, efeknya janin dalam kandungan akan menjadi kesulitan menemukan jalan lahirnya.
  • Untuk memperbaiki postur tubuh anda, serta mempermudah si kecil bergerak ke jalan lahir, menggunakan birthing ball bisa anda manfaatkan.

Hindari Stres

Melahirkan Normal

Berbagai masalah dalam hidup tentu akan menyebabkan kita stres dan itu adalah hal yang wajar. Bahkan untuk ibu hamil yang menjelang persalinan, biasanya sering terpikirkan berbagai hal yang membuat dirinya stres. Meskipun begitu, anda harus menghindari pikiran atau perasaan buruk supaya proses melahirkan menjadi lebih lancar dan rileks.

  • Anda bisa melakukan konsultasi dengan keluarga atau teman yang sudah memiliki pengalaman melahirkan normal dengan lancar. Agar tidak membuat anda semakin takut dan khawatir, sebaiknya anda menghindari cerita buruk  tentang persalinan.
  • Menjelang persalinan anda bisa mengisi waktu dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Adapun kegiatan menyenangkan yang bisa anda lakukan yaitu mendengarkan musik, membaca buku atau beribadah supaya perasaan anda menjadi nyaman dan tenang, serta terhindar dari stres.

Melakukan Latihan Teknik Pernapasan dan Mengejan

Melahirkan Normal

Salah satu kunci sukses melahirkan secara normal yaitu pernapasan yang baik. Tidak hanya melakukan latihan teknik pernapasan saja, namun anda juga sebaiknya mempelajari bagaimana teknik mengejan yang baik dan benar.

Untuk melakukan latihan ini, anda bisa melakukan latihan dengan mandiri ataupun ikut kelas kehamilan. Dengan mengikuti kelas kehamilan anda akan mendapatkan banyak pelajaran untuk membantu melahirkan secara normal dengan nyaman. Seperti misalkan teknik mengejan, teknik pernapasan, gerakan yang akan membantu agar posisi janin menjadi optimal hingga rekomendasi olahraga atau makanan yang bagus bagi ibu hamil.

Memilih Olahraga yang Tepat

Melahirkan Normal

Diketahui ada beberapa jenis olahraga yang bagus dan tepat untuk ibu hamil, di antaranya yaitu olahraga seperti berjalan dan berenang. Dimana olahraga ini dianjurkan bagi ibu hamil. Berenang akan membantu pernapasan, serta mencegah terjadinya cedera otot ketika melahirkan dengan normal. Selain itu, berjalan juga menjadi pilihan olahraga ringan supaya tubuh anda tetap sehat.

  • Anda bisa melakukan jalan santai di area sekitar rumah kurang lebih selama 30 menit 2 kali dalam sehari supaya melahirkan normal bisa berjalan dengan lancar.
  • Sebelum berolahraga akan lebih baik jika anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena setiap kondisi ibu hamil berbeda-beda.

Pilih Dokter dan Rumah Sakit yang Mendukung Proses Melahirkan Normal

Melahirkan Normal

Tips selanjutnya yang harus anda perhatikan yaitu memilih dokter dan rumah sakit yang akan mendukung anda menjalankan proses persalinan normal.

  • Anda harus mencari tahu riwayat persalinan pada rumah sakit tujuan anda.
  • Saat anda melakukan konsultasi dengan dokter, anda bisa mencoba bertanya tentang pandangan dokter tentang proses kelahiran normal.
  • Apabila anda merasa dokter tidak mendukung keinginan anda untuk melahirkan normal, anda bisa mencoba melakukan konsultasi dengan dokter yang lainnya.

Meminta Dukungan Keluarga

Melahirkan Normal

Anda bisa membuat kesepakatan dengan keluarga bahwa anda bisa dan mampu melahirkan dengan proses normal. Karena keinginan untuk melahirkan normal seringkali runtuh akibat pengaruh dari orang terdekat ataupun keluarga.

Oleh karena itu, menjelang waktu persalinan usahakan anda untuk ada dalam lingkungan keluarga yang mendukung anda. Bahkan lingkungan positif ini akan membantu meningkatkan rasa percaya diri anda dan membantu mengurangi stres.

Jaga Kesehatan dengan Maksimal

Melahirkan Normal

Melahirkan dengan proses normal tentunya memerlukan stamina, serta keadaan tubuh optimal. Sehingga dengan begitu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

  • Anda harus menjaga asupan makanan dengan baik. Pastikan anda mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi seimbang.
  • Selain itu, anda juga harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan cara banyak minum air. Anda bisa berkonsultasi pada dokter mengenai jumlah cairan yang dibutuhkan oleh tubuh anda karena setiap ibu hamil kondisinya berbeda.
  • Melakukan olahraga ringan khusus untuk ibu hamil juga bisa membantu. Namun, pastikan anda berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui olahraga yang tepat untuk ibu hamil.
  • Hal yang tidak kalah penting lainnya yaitu memenuhi kebutuhan waktu istirahat. Ini dilakukan supaya tubuh anda siap melahirkan dengan proses normal.
  • Hindari mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan bercita rasa terlalu manis untuk menjaga berat badan anda dan si kecil supaya tetap ideal. Banyak persalinan berakhir dengan caesar yang disebabkan karena berlebihnya berat badan pada janin atau ibu.

Pijat Perineum

Melahirkan Normal

Perineum merupakan otot yang ada di antara vagina dan anus. Dengan melakukan pijatan pada perineal akan membuat otot menjadi rileks, serta membantu mengurangi robekan saat proses melahirkan normal.

Pijatan ini bisa anda lakukan ketika usia kehamilan sudah dekat dengan waktu persalinan. Untuk memijat bagian otot parineum anda bisa memakai ibu jari. Pijatan ini bisa anda lakukan sebanyak 1 hingga 2 kali dalam setiap minggu.( Lihat juga : Tips Pola Makan Agar Cepat Hamil )

Itulah beberapa tips meningkatkan peluang melahirkan normal yang bisa anda coba. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

 

Leave a Reply