13 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh – Bayam merupakan salah salah satu sayuran yang disukai orang Indonesia. Rasanya akan semakin enak dengan diolah menjadi berbagai sajian, baik ditumis ataupun disayur.

Bayam juga kaya akan kandungan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaat bayam untuk kesehatan tubuh? Untuk anda yang ingin mengetahuinya, anda bisa simak penjelasan di bawah ini, namun sebelumnya ketahui terlebih dahulu apa saja kandungan nutrisi dan vitamin pada bayam seperti berikut ini.

Nutrisi yang Terkandung Pada Bayam

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Sayuran yang  biasa kita temukan sehari-hari ini mengandung gizi yang beragam. Sayuran yang satu ini kaya akan nutrisi, vitamin, serta mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun vitamin yang banyak terkandung pada bayam di antaranya yaitu vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E dan vitamin K.

Sedangkan kandungan mineral utama yang terdapat pada bayam di antaranya yaitu zat besi, magnesium, kalsium, asam folat, dan sodium. Tidak hanya itu saja, pada bayam juga terkandung banyak antioksidan dan serat. Kandungan kalori serta lemaknya pun sedikit.

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

Ada banyak manfaat yang akan didapatkan tubuh jika kita mengonsumsi bayam. Nah, berikut ini beberapa manfaat bayam untuk kesehatan tubuh.

Mencegah Penyakit Kanker

Seperti yang kita ketahui semua kanker menjadi salah satu penyakit yang ditakutkan banyak orang. Kanker itu sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena sel abnormal tumbuh tidak terkendali pada tubuh. Dimana pertumbuhan sel abnormal ini akan merusak sel normal yang terdapat di sekitarnya. Pada umumnya penyakit kanker pada awal perkembangan tidak menimbulkan gejala dan baru terdeteksi saat stadium lanjut.

Nah, salah satu manfaat bayam hijau yaitu diketahui dapat mencegah timbulnya penyakit kanker. Bayam memiliki manfaat untuk mencegah kanker karena kandungan klorofil yang dimilikinya. Dimana klorofil pada bayam memiliki peran untuk menahan efek karsinogenik dari amina heterosilik. Selain itu, bayam juga dapat membantu memperlambat tumbuhnya sel tumor. Dimana manfaatnya ini telah dibuktikan oleh penelitian pada seorang wanita yang mengalami tumor pada serviksnya.

Bagus Untuk Penglihatan

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Bayam menjadi salah satu sayuran yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan mata. Bayam mengandung beta karoten, xanthene dan lutein yang bagus untuk kesehatan mata dan penglihatan anda.

Bayam bagus untuk penglihatan karena kandungan beta karotennya. Jika anda mengonsumsi bayam dengan rutin, maka kebutuhan vitamin A akan selalu tercukupi. Tidak hanya bagus untuk penglihatan saja, mengonsumsi bayam hijau juga dapat membantu mengurangi rasa gatal yang anda rasakan pada mata, membantu mengatasi ulkus mata , serta masalah kesehatan mata yang lainnya.

Sedangkan kandungan lutein dan xanthene pada bayam memiliki manfaat sebagai antioksidan. Dimana antioksidan ini berperan untuk mencegah radikal bebas yang dapat menimbulkan katarak di mata anda.

Bagus Untuk Diabetes

Kandungan pada bayam yang lainnya seperti asam alfa-lipoat dapat membantu menurunkan kadar gula darah, mencegah oksidatif, serta meningkatkan sensitivitas insulin. Tidak hanya itu saja, bayam dengan kandungan asam alfa-lipoat juga akan membuat risiko neuropati perifer, serta otonom pada penderita diabetes turun. Walaupun diketahui studi kasusnya masih belum terungkap dengan jelas, namun tidak ada salahnya untuk penderita diabetes mengonsumsi bayam agar terhindar dari masalah komplikasi nantinya.

Mengurangi Peradangan

Bayam tinggi akan kandungan antioksidan. Dimana kandungan antioksidan pada bayam tersebut dapat membantu melawan radikal bebas yang akan dapat menyebabkan terjadinya peradangan. Pada penyakit rematik, peradangan itu sendiri dapat menyebabkan nyeri pada sendi.

Baik Untuk Menjaga Tekanan Darah

Untuk anda yang menderita hipertensi, maka mengonsumsi bayam dapat menjaga tekanan darah. Bayam mengandung potasium di dalamnya yang dapat membuat tekanan darah turun. Tidak hanya itu saja, risiko mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi juga akan berkurang, pasalnya kandungan folat akan membuat pembuluh darah tenang.

Menguatkan Otot

Ternyata memang benar, bayam memiliki manfaat untuk menguatkan otot, terlebih lagi otot jantung. Ini disebabkan karena koenzim Q-10 pada bayam berperan sebagai antioksidan yang akan memompa darah ke tubuh, sebab otot jantung lebih kuat. Tidak hanya itu saja, kandungan ini juga akan mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi, mencegah penyakit gagal jantung, serta jantung koroner.

Memiliki Manfaat yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Bayam hijau juga memiliki manfaat yang bagus untuk ibu hamil. Bayam bagus untuk janin yang dikandung. Kandungan folat pada sayuran hijau dibutuhkan oleh janin. Pasalnya, kandungan tersebut bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf, sehingga masalah cacat pada bagian mulut seperti sumbing dapat dicegah. Karena seperti itu, bayam hijau memiliki manfaat yang bagus untuk ibu hamil maupun ibu menyusui karena memiliki khasiat yang baik untuk si kecil.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sayuran berwarna hijau yang satu ini tinggi akan kandungan vitamin C, vitamin A, magnesium dan folat. Dimana kandungannya tersebut akan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dimana sistem kekebalan tubuh yang kuat bermanfaat untuk mencegah kita dari serangan penyakit.

Meningkatkan Fungsi Otak

Seiring usia yang semakin bertambah, maka otak pun akan mengalami penuaan. Dengan mengonsumsi bayam, maka hal ini akan dapat dihindari. Dengan sayuran hijau ini maka fungsi otak akan dilindungi dari penuaan dini, serta dampak negatif yang lainnya. Sebenarnya tidak hanya bayam saja, beberapa sayuran berdaun hijau tua yang lainnya juga memiliki manfaat yang sama seperti sawi dan kangkung.

Kesehatan Tulang

Bayam memiliki kandungan vitamin K di dalamnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, pada bayam juga terkandung magnesium dan kalsium yang memiliki peran penting untuk kekuatan tulang.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Konsumsi bayam bermanfaat untuk metabolisme tubuh. Sebab pada bayam terkandung protein cukup tinggi sehingga memiliki dampak yang bagus bagi sistem pencernaan, serta bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Karena protein yang tinggi terkandung pada bayam, maka anda akan merasakan kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Manfaat sayur bayam yang lainnya yaitu dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular itu sendiri merupakan penyakit yang memiliki kaitan dengan jantung, serta pembuluh darah. Bayam mengandung tinggi serat, serta mineral yang akan membantu menurunkan tekanan darah, serta mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah.

Bagus Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Pada bayam terkandung vitamin A yang tinggi, yakni nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi sebum supaya rambut tetap dalam keadaan lembab. Tidak hanya itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk untuk rambut dan kulit. Bayam juga mengandung vitamin C yang baik, yakni nutrisi yang dapat memberikan manfaat baik bagi kecantikan seperti menguatkan rambut, mengurangi kerutan, pertumbuhan kuku, mengurangi masalah kulit kering dan lain sebagainya.

Meskipun bayam kaya akan kandungan nutrisi dan diketahui bermanfaat untuk kesehatan tubuh, namun anda juga harus ingat bahwa dengan menjaga kesehatan tidak hanya dengan mengonsumsi bayam atau satu jenis makanan saja. Namun, juga harus ditunjang dengan gaya hidup yang lainnya seperti mencukupi waktu tidur, rutin melakukan olahraga dan mengurangi stres.

Tips Mengolah Bayam Untuk Mendapatkan Manfaatnya yang Maksimal

Agar anda mendapatkan manfaat baik bayam, maka anda harus memasak bayam dengan baik dan benar. Nah, perhatikan tips berikut ini dalam mencuci dan mengolah bayam.

  • Agar anda mendapatkan nutrisi dan vitamin yang optimal dari bayam, maka anda sebaiknya membeli bayam yang keadaannya masih segar.
  • Sebelum anda memasak bayam, anda tentunya harus mencuci bayam hingga benar-benar bersih. Dengan cara mencuci yang tepat, maka kuman dan kotoran yang menempel pada bayam, baik pada daun maupun batangnya akan hilang. Adapun cara mencuci bayam yang benar yaitu seperti berikut ini:
  1. Rendam bayam dalam wadah yang sudah diisi oleh air.
  2. Kemudian usap permukaan bayam seluruhnya.
  3. Lalu anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan tisu atau lap bersih. Terakhir bayam siap diolah.
  • Namun, jika setelah membeli bayam anda tidak akan langsung memprosesnya, maka anda dapat menyimpannya terlebih dahulu. Cara menyimpan bayam pun jangan sembarangan. Sebaiknya simpan bayam dalam tempat atau wadah yang bersih, serta kedap udara. Agar kesegarannya tetap terjaga, anda bisa menyimpannya dalam kulkas.
  • Perlu anda ketahui, bayam yang belum dicuci akan bertahan  sampai 4 hari apabila dimasukan pada plastik, kemudian disimpan pada kulkas.
  • Tidak hanya memperhatikan cara mencuci dan cara mengolah bayam saja, anda juga harus memperhatikan peralatan untuk memasak yang anda gunakan. Pastikan alat-alat bersih dan terbebas dari bakteri.
  • Untuk menjaga agar kandungan nutrisinya tidak hilang anda harus mengolah bayam dengan baik dan benar. Pastikan anda tidak terlalu lama memasak bayam. Selain waktu yang harus diperhatikan, anda juga harus memperhatikan suhu saat mengolah bayam. Sama halnya dengan waktu, suhu yang terlalu tinggi, serta menggunakan cairan yang terlalu banyak akan menghilangkan nutrisi yang terkandung pada bayam.

Resep Masakan Bayam

Bayam bisa anda olah menjadi berbagai sajian yang nikmat, baik ditumis atau dibuat sayur bening dengan tambahan bahan pelengkap yang lainnya. Nah, berikut ini kami sajikan aneka resep olahan bayam yang dapat anda buat di rumah untuk keluarga tercinta.

Resep Sayur Bayam Bening Enak

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 ikat bayam
  • 1 buah jagung manis
  • 3 cm temu kunci
  • 2 siung bawang merah
  • 1 buah tomat merah ( Baca juga : Manfaat Tomat Untuk Kesehatan )
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • 700 ml air

Cara Menyiapkan Bahan

  1. Silakan ambil bayam yang sudah anda siapkan. Pastikan anda membeli bayam yang keadaannya masih segar. Kemudian siangi bayam dan cuci hingga bersih.
  2. Setelah itu, potong-potong jagung manis dengan ketebalan sesuai selera.
  3. Iris tipis bawang merah dan memarkan temu kunci.
  4. Untuk tomat, anda bisa belah memanjang.

Cara Membuat Sayur Bening Bayam

  1. Sediakan panci yang akan digunakan untuk membuat bayam. Lalu  masukan air dengan takaran yang telah ditentukan. Didihkan.
  2. Jika air sudah mendidih, silakan masukan temu kunci dan bawang merah. Rebus sampai mengeluarkan aroma harum.
  3. Kemudian masukan jagung yang telah anda potong-potong. Rebus jagung hingga matang dan empuk.
  4. Tambahkan bumbu seperti gula pasir dan garam. Aduk merata. Lalu tambahkan tomat dan biarkan hingga airnya mendidih.
  5. Masukan bayam yang sudah anda cuci bersih. Aduk merata dan masak hingga matang.
  6. Terakhir anda bisa menyajikannya pada tempat saji yang sudah disediakan.

Saat memasak bayam, pastikan anda  jangan terlalu lama supaya daunnya tetap hijau dan teksturnya tidak terlalu lembek serta kandungan nutrisinya tetap terjaga.

Resep Tumis Bayam Enak

Bahan yang Dibutuhkan

  • 350 gram daun bayam
  • 3 siung bawang putih
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 2 sendok teh minyak zaitun

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

  1. Sebelum mengolah bayam, anda harus menyiangi bayam terlebih dahulu. Kemudian cuci bayam hingga bersih. Jika sudah, silakan tiriskan.
  2. Selanjutnya silakan cincang bawang putih.

Cara Membuat Tumis Bayam

  1. Silakan ambil wajan yang akan digunakan untuk membuat tumis bayam. Kemudian masukan minyak zaitun sebanyak 2 sendok teh. Tunggu hingga minyak zaitun panas.
  2. Setelah panas, silakan masukan bawang putih cincang. Aduk merata hingga tercium wangi.
  3. Setelah itu, masukan bayam yang sudah anda cuci bersih. Aduk merata.
  4. Tambahkan bumbu seperti merica dan garam. Tambahkan secukupnya saja.  Aduk merata.
  5. Masukan air secukupnya saja. Aduk merata dan masak hingga bayam matang. Anda dapat mengoreksi rasanya. Jika kurang pas dapat menambahkan bumbu sesuai selera.
  6. Terakhir sajikan bayam pada tempat saji yang sudah disediakan.

Resep Keripik Bayam Teri

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

  • 250 gram daun bayam ukuran lebar
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Untuk Pencelup

  • 75 gram tepung sagu
  • 2 buah kuning telur
  • Garam secukupnya
  • 800 ml santan yang diambil dari 1/2 butir kelapa
  • 500 gram tepung beras
  • Merica bubuk secukupnya
  • 100 gram teri medan

Bumbu yang Dihaluskan

  • 8 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 8 butir bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • Bahan Untuk Pelapis
  • 75 gram tepung Sagu

Cara Menyiapkan Bahan-Bahan

  1. Silakan bersihkan bayam yang sudah anda sediakan.
  2. Lalu seduh teri medan dan tiriskan.
  3. Haluskan bumbu halus seperti di atas.

Cara Membuat Keripik Bayam

  1. Silakan sediakan wadah, lalu campurkan bahan pencelup ke dalamnya seperti tepung sagu, tepung beras, merica bubuk, garam, bumbu halus dan kuning telur. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur merata.
  2. Jika sudah, tuangkan santan sambil terus diaduk hingga adonan licin. Lalu masukan teri medan yang telah diseduh. Aduk hingga merata.
  3. Ambil bayam yang sudah anda bersihkan dan tiriskan, lalu lumuri dengan menggunakan bahan pelapis. Lalu anda bisa mencelupkan bayam ke dalam bahan pencelup,
  4. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng. Jika minyak sudah panas, anda bisa menggoreng bayam sampai matang dan kering.
  5. Setelah seperti itu, angkat dan tiriskan bayam. Terakhir anda bisa menyajikan bayam pada tempat saji.

Keripik bayam yang anda buat bisa disajikan di rumah untuk cemilan sehat keluarga anda.

Mengetahui manfaat bayam bagus untuk kesehatan, maka tidak ada salahnya anda memasukan bayam ke dalam menu sayuran anda. Selain memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan, bayam juga dapat diolah menjadi berbagian sajian yang nikmat dan lezat. Tentunya selain sehat, anda juga akan mendapatkan sajian yang enak.

Nah, demikian beberapa manfaat bayam untuk kesehatan tubuh, serta tips mengolahnya. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel