Konsumsi Buah-Buahan Ini Yang Ampuh Untuk Menurunkan Kolesterol

5/5 (5)

Kolesterol memang menjadi salah satu penyakit banyak diderita oleh sebagian besar orang. Tidak dapat dipungkiri bahwa kolesterol banyak menyerang orang yang sudah lanjut usia dikarenakan sistem metabolisme pada tubuh yang sudah berusia lanjut mengalami beberapa perubahan. Wajar jika memang beberapa masalah kesehatan pada orang yang sudah berusia lanjut kerap mengalami gangguan.

Seperti yang kita tahu bahwa tingginya kolesterol yang ada di dalam darah dipicu oleh tingginya kadar lemak jahat di dalam tubuh. Kondisi ini tentunya menyebabkan penderita mengalami beberapa masalah kesehatan pada tubuhnya seperti nyeri dan juga pegal-pegal, tidak terkecuali juga rasa sakit kepala yang kerap menyerang. Namun, bagi Anda yang mengalami kadar kolesterol yang tinggi di dalam darah, tentu jangan khawatir. Hal ini dikarenakan masih banyak beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkah ataupun mencegah kadar kolesterol di dalam darah menjadi menurun.

Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah ialah dengan mengonsumsi buah-buahan yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Beberapa buah-buahan di bawah ini tentunya bisa menjadi alternatif bagi Anda untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Buah Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Di Dalam Darah

Jika kadar kolesterol di dalam darah tidak dikendalikan, maka akan memicu terjadinya serangan jantung dan juga stroke. Selain dengan melakukan olahraga yang rutin dan teratur, tentu Anda juga bisa menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengonsumsi obat-obatan sebagai penurun kolesterol. Namun, jika Anda terus menerus mengonsumsi obat-obatan penurun kolesterol tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Terlepas dari hal tersebut tentunya Anda membutuhkan satu alternatif yang mungkin bisa membantu Anda untuk terlepas dari obat-obatan yang Anda konsumsi untuk menurunkan kolesterol. Seperti halnya buah-buahan yang bisa membantu Anda untuk menurunkan kolesterol. Namun, tidak setiap buah-buahan memiliki khasiat untuk menurunkan kolesterol, tentunya hanya ada beberapa jenis buah yang dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Berikut ini beberapa jenis buah yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol, diantaranya:

Apel

Jenis buah yang satu ini tentunya memiliki rasa yang khas yang disukai oleh banyak orang. Apel termasuk ke dalam jenis buah yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol karena mengandung pektin yakni serat larut air yang terbukti ampuh untuk menurunkan kolesterol. Dalam hal ini  pektin dapat menyerap kolesterol dan juga lemak jahat yang ada di dalam usus halus untuk selanjutnya di bawa keluar tubuh melalui urin dan juga feses.

Selain itu, apel juga mengandung vitamin dan juga antioksidan polifenol yang bisa mengurangi peradangan akibat kadar kolesterol yang tinggi. Dalam hal ini serat apel dapat memberikan rasa kenyang yang cukup lama sehingga Anda bisa bertahan untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat seperti junk food dan juga fast food. Tentu, sangat mudah sekali untuk mendapatkan buah apel ini dan disarankan untuk selalu dikonsumsi oleh Anda setiap harinya.

Buah Berries

Buah-buahan yang termasuk ke dalam buah berry ini diantaranya strawberry, blueberry, raspberry dan juga jenis buah berry lainnya. Keluarga berry ini memiliki kandungan pektin yang sangat banyak serta larut dalam air sehingga mampu mengikat kadar kolesterol di dalam darah yang terserap oleh usus halus. Kadar kolesterol yang jahar tersebut tentunya akan berkurang dan akan tergantikan oleh kadar kolesterol yang baik yakni HDL.

Buah berry yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol ini tentunya bukan tanpa sebab melainkan sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dimiliki oleh Erlund et al dengan menggunakan subjek penelitian sebanyak 72 orang. Dari sampel penelitian ini tentunya memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskuler. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa asupan 2 porsi buah berry perhari baik dikonsumsi setelah makan siang ataupun setelah makan malam. Jika dilakukan secara rutin, maka dipercaya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik HDL dan juga menurunkan tekanan darah sistolik.

Sedangkan penelitian lain yaitu Basu et al menggunakan subjek sebanyak 26 wanita dengan asupan buah berry selama 4 minggu untuk menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah. Selain itu, buah-buahan dari kelompok buah berry ini juga tinggi akan kadar polifenol serta antioksidan yang baik di dalam tubuh.

Anggur

Sama halnya dengan buah yang lainnya, anggur juga memiliki manfaat yang cukup banyak untuk mengikat kolesterol yang terserap di dalam usus halus. Seperti sebuah penelitian yang dilakukan bahwa anggur memiliki senyawa antioksidan yang cukup tinggi terlebih pada anggur merah. Antioksidan ini tentunya bisa membantu untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL menjadi meningkat serta menurunkan kadar kolesterol jahat yakni LDL serta trigliserida di dalam darah.

Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa anggur dapat menjadi cemilan yang cukup baik untuk orang-orang yang memiliki aterosklerosis koroner. Antioksidan quercetin yang ada di dalam anggur juga bisa dipercaya dapat melawan peradangan yang ada di dalam tubuh. Untuk itu, konsumsilah anggur setiap harinya untuk mendapatkan manfaat yang cukup dari buah yang satu ini.

Alpukat

Seperti yang kita tahu bahwa alpukat termasuk ke dalam jenis buah yang sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Selain itu, aplukat juga memiliki kandungan yang cukup banyak berupa vitamin, mineral dan juga senyawa tertentu yang dapat menghambat penyerapan kadar kolesterol di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi 2 buah alpukat setiap harinya, maka dipercaya dapat menurunkan kadar koleterol jahat di dalam darah yakni LDL.Penelitian lain juga menyebutkan bahwaselain dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, alpukat juga bisa memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama bahkan setelah Anda mengonsumsinya hingga 3-5 jam. Selain itu, alpukat juga bisa menurunkan kadar gula di dalam darah. Alpukat juga memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, glutathione yang dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker dan juga penyakit jantung. 

Jeruk

Buah yang memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi ini tentunya dipercaya dapat mengikat kadar kolesterol di dalam darah yang terserap oleh usus halus. Buah yang kerap dikonsumsi sebagai penurun kolesterol ini memiliki warna khas yaitu oranye yang ternyata mengandung d-limonene yakni senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu, rasa masam di dalam jeruk dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker baik kanker payudara dan juga kanker usus.

Manfaat lain yang ada di dalam jeruk tentunya memiliki sifat antikanker seperti yang dilaporkan oleh sebuah penelitian pada tahun 2007 silam. Jeruk juga merupakan buah yang sangat tinggi akan kadar vitamin c. Dalam hal ini vitamin c tidak hanya bekerja untuk mencegah penumpukan kadar kolesterol, tetapi juga mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskuler.

Pepaya

Jenis buah lain yang bisa menurunkan kolesterol ialah pepaya. Buah penurun kadar kolesterol HDL ini tentunya memiliki kandungan antioksidan seperti vitam,in C, vitamin E dan likopen. Kadar kolesterol ini tentunya bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi. Kondisi ini tentunya bisa berkumpul kembali membebntuk plak dan juga menutup pembuluh. Vitamin C dan E pada pepaya tentunya bisa menyatu dengan enzim yang bisa disebut dengan paraxonase. Hal ini tentunya bisa menghambat terjadinya oksidasi kolesterol yang tentu ada di dalam pembuluh darah.

Pisang

Buah pisang merupakan sumber vitamin yang cukup baik sebagai penurun kolesterol. Serat yang terdapat di dalam pisang ini tentunya mampu mengurangi kadar kolesterol jahat. Selain itu, kandungan kalium yang terdapat di dalam pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Jambu biji

Buah selanjutnya tentu terkenal dengan vitamin C yang sangat tinggi diantara buah-buahan yang lainnya. Jembu biji tentunya mengandung antioksidan dan juga vitamin yang bisa bekerja dan juga melindungi jantung dari berbagai kerusakan akibat terjadinya radikal bebas. Serat larut air yang ada di dalam jambu biji dan kadar kalium tentu dapat membantu menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah. Sedangkan untuk menaikkan kadar kolesterol HDL di dalam darah tentunya dapat mencegah berbagai penyakit jantung.

Para penelitian yang dilakukan di Malaysia selama 9 minggu tentunya menunjukkan bahwa asupan jambu biji sebanyak 400 gram per hari dapat meningkatkan total kadar kolesterol HDL yang ada di dalam darah serta kadar antioksidan yang ada di dalam tubuh.

Jeruk nipis

Selain jeruk biasa yang kita konsumsi sehari-hari, jeruk nipis juga tentunya mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Zat flavonoid yang ada di dalam jeruk nipis ialah senyawa yang dapat menghambat produksi LDL. Flavonoid yang terdapat di dalam brokoli, teh, tomat, buah delima dan juga bawang berlapis memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Buah zaitun

Kandungan zat anti oksidan yang ada di dalam buah zaitun tentunya dapat menurunkan kadar kolesterol yang terdapat di dalam darah. Akan tetapi, tidak mengurangi tingkat kadar kolesterol baik d dalam tubuh yaitu HDL. Buah yang banyak memiliki khasiat pada kesehatan jantung ini ternyata mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan juga vitamin E sehingga akan menaikkan kadar kolesterol baik. Kita tentunya dapat mengonsumsi setidaknya mencampurkan dua sendok minyak zaitun dengan buah zaitun yang dicampurkan dengan sala sehingga dapat menaikkan kadar kolesterol yang baik di dalam tubuh.

Tomat

Buah yang sekaligus termasuk jenis sayuran ini ternyata memiliki khasiat yang paling ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Tomat disini kaya akan sumber likopen yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Tomat juga bisa dimakan langsung setelah dicuci atau dibuat jus. Tomat juga dipercaya dapat membantu penderita maag kronis yang tentu sangat membantu.

Strawberry

Buah yang memiliki rasa masam ini memang sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan zat antioksidan tersebut tentunya dapat menangkis lemak jahat (LDL) yang dapat mencegah oksidasi serta merugikan tubuh. Banyak sekali buah strawberry yang ditemukan di kebun-kebun di daerah pegunungan. Tentu akan lebih sering jika dijadikan sebagai jus serta dapat dimakan langsung yang tentu tidak kalah nikmatnya.

Lemon

Segala buah yang memiliki rasa yang masam tentunya sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Lemon tentunya banyak mengandung vitamin C serta memiliki senyawa yang dapat mengurangi produksi apo-B. Senyawa ini tentunya dapat memicu bertambahnya kadar kolesterol yang ada di dalam darah juga sebagai antioksidan yang memiliki kontribusi dalam mengurangi oksidan LDL.

Mangga

Kadar vitamin C yang terdapat di dalam mangga tentunya dapat mencegah kolesterol jahat yang bisa teroksidasi sehingga menyebabkan terjadinya plak kolesterol di dalam tubuh. Buah yang memiliki cita rasa yang enak ini tentunya bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Semangka

Khasiat yang terdapat di dalam semangka tentunya memiliki zat dan juga senyawa yang dapat meningkatkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Buah semangka ini tentunya dapat menghilangkan rasa haus dan dahaga sebagai penurun kolesterol. Senyawa likopen yang ada di dalam buah semangka dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah.

Makanan Alami Penurun Kolesterol

Selain buah-buahan, beberapa jenis makanan juga memiliki khasiat yang cukup tinggi dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Beberapa jenis makanan ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, diantaranya:

Kacang-kacangan

Jenis makanan pertama yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah ialah beberapa jenis kacang-kacangan. Makanan ringan ini tentunya terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition juga mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi 1,5 ons kacang kenari dalam sebulan tentunya dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 5,4%. Jenis kacang-kacangan lain juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 9,3%. Meskipun dapat menurunkan kadar kolesterol, namun Anda juga harus menyesuaikan porsi yang cukup karena kacang-kacangan memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.

Cokelat

Jenis makanan yang selanjutnya yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah ialah dengan mengonsumsi cokelat. Dalam hal ini cokelat mengandung antioksidan yang sangat kuat untuk membangun kadar kolesterol yang baik di dalam darah. Namun, Anda harus memilih jenis cokelat yang memiliki warna yang gelap karena mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan cokelat susu.

Bawang putih

Jenis sayuran yang selanjutnya tentunya masuk ke dalam daftar makanan yang dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu, bawang putih juga dapat menurunkan tekanan darah serta melindungi tubuh dari infeksi. Penelitian terbaru tentunya dapat menemukan bahwa bawang putih dapat membantu menghentikan terjadinya penyumbatan arteri.

Teh

Jenis minuman yang satu ini memang memiliki khasiat sebagai media relaksasi. Penelitian terbaru yang dilakukan di USDA tentunya membuktikan bahwa teh hitam dapat menguragi lipid yang ada di dalam darah hingga 10% dalam jangka waktu selama 3 minggu. Selain itu, teh juga dapat membantu mengurangi penyakit jantung koroner serta dapat melawan tumbuhnya sel kanker.

Margarin

Jenis makanan ini terkenal dengan kandungan lemak yang ada di dalamnya. Namun, Anda tentunya dapat menggunakan jenis margarin yang terbuat dari sterol tumbuhan. Sterol tumbuhan ini ialah senyawa yang dapat mengurangi terjadinya risiko penyerapan kadar kolesterol. Sebuah penelitian juga telah membuktikan bahwa wanita yang menjalani diet sterol dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dengan total hingga 3,5%.

Itulah beberapa jenis buah yang memiliki manfaat yang cukup tinggi untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel