Inilah Manfaat Menakjubkan Dari Teh Hitam Yang Jarang Diketahui Oleh Banyak Orang

5/5 (1)

Berbagai bahan alami tentunya memiliki manfaat yang tentu tidak kalah dengan bahan yang diproduksi oleh pabrik (factory product). Ternyata bahan alami yang kita temui sehari-hari mempunyai khasiat yang tidak dapat diabaikan. Ketidaktahuan kita akan hal tersebut memang wajar mengingat kita dihadapkan pada satu kondisi dimana kita lebih memilih menggunakan bahan yang diproduksi dibandingkan dengan bahan alami. Selain lebih mudah untuk didapatkan, produksi pabrik juga memang sangat praktis untuk digunakan.

Seeprti salah satu bahan alami yang kerap dijadikan sebagai media untuk refleksi ini yakni teh hitam. Mungkin konsumsi teh hitam di Indonesia sudah mencapai angka yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan teh hitam bisa dijadikan berbagai produk olahan dan memiliki beragam jenis. Namun, tidak sedikit pula orang yang bahkan anti untuk minum teh atau tidak ada keinginan untuk mengonsumsi teh.

Padahal banyak orang yang tidak tahu bahwa teh ternyata mengandung zat dan senyawa yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Teh hitam ini digadang-gadang sebagai senior teh sama halnya dengan teh hijau. Bila dilihat dari manfaat tentunya teh hitam mengandung zat yang hampir sama dengan teh hijau. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa manfaat teh hitam yang tidak banyak diketahui oleh orang banyak.

Apa Itu Teh Hitam

Sebelum kita mengetahui akan manfaat dari teh hitam, mungkin tidak lengkap rasanya jika kitya tidak membahas terlebih dahulu mengenai apa itu teh. Teh yang kita kenal sekarang ini ialah salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi oleh sebagian besar orang atau mungkin setara dengan konsumsi kopi di Indonesia. Bagi orang Cina ada sebuah anggapan bahwa lebih baik tidak makan dibandingkan dengan meminum teh bahkan satu haripun.

Teh memang memiliki beragam jenis diantaranya teh hijau, teh hitam dan juga teh putih. Jenis minuman herbal ini pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat di Cina dan Jepang. Namun, seiring dengan berjalannya waktu teh mengalami penyebaran hampir ke seluruh dunia terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Mengenai jenis teh tetunya ada banyak perbedaan antara teh hitam dan juga teh hijau. Namun, keduanya memang memiliki manfaat yang tidak bisa diabaikan.

Seperti yang kita tahu bahwa teh hitam yang banyak beredar di pasaran telah diolah terlebih dahulu dengan cara dikeringkan dan diproses melalui fase oksidasi agar menghasilkan warna dan juga rasa yang cukup khas. Singkatnya, teh hitam berasal dari jenis Camellia sinensis. Teh hitam ini memang berasal dari daun teh hijau. Namun, teh hitam dihasilkan dari proses oksidasi dengan cara di panaskan dan juga disortir kualitasnya. Proses oksidasi inilah yang menjadikan teh hijau ini menjadi warna hitam.

Kandungan Di Dalam Teh Camellia Sinensis

Di dalam kandungan teh hitam tentunya terdapat zat dan juga senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya:

Subtansi fenol

Kandungan di dalam teh hitam yang pertama ialah subtansi fenol yang dominan dengan polifenol yang sangat berkhasiat bagi kesehatan. Selain itu, teh hitam juga mengandung flanovol yang hampir sama dengan polifenol.

Enzim

Zat selanjutnya yang ada di dalam teh hitam ialah enzim dimana enzim ini sangat bermanfaat untuk menjaga kekuatan gigi. Beberapa senyawa enzim yang ada di  dalam daun teh diantaranya amilase, invertase, protase, oksimetilase, B-glukosidase dan peroksidase.

Subtansi aromatik

Salah satu kandungan yang ada di dalam teh Camellia Sinesis yang paling penting ialah untuk menentukan tingkat kualitas teh tergantung dari aroma dan juga rasanya. Aroma teh seperti pigmen teh dapat muncul dari oksidasi senyawa katekin dengan adanya bantuan enzim.

Komponen bukan fenol

Subtansi bukan fenol di dalam teh tentunya terdiri dari pektin, klorofil, alkaloid dan karbohidrat. Selain itu senyawa di dalam teh hitam juga terdapat asam amino, resin, mineral, vitamin dan juga asam organik. Seluruh senyawa ini tentunya dapat memperkaya kandungan teh dan juga memberikan rasa teh yang sangat unik dan juga khas.

Manfaat Teh Hitam

Meskipun memang teh memiliki beragam jenis yang tentunya mempunyai khasiat yang sangat besar. Namun, apda pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai manfaat dari salah satu satu jenis teh yaitu teh hitam. Manfaat teh hitam tentunya dibagi menjadi beberapa segi diantaranya segi kesehatan dan juga kecantikan.

Segi Kesehatan

Untuk segi kesehatan teh hitam memang memiliki beragam manfaat yang tidak bisa Anda abaikan. Hal ini dikarenakan teh hitam kerap dijadikan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat teh hitam yang tidak banyak diketahui oleh sebagian besar orang, diantaranya:

Untuk Sistem Syaraf

– Meminum teh secara teratur tentunya mampun menenangkan syaraf Anda. Selain itum teh hitam yang rutin dikonsumsi bisa membuat tubuh menjadi lebih segar, berenergi dan juga membuat pikiran kita tenang. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi teh hanya untuk mendapatkan manfaat rileksasi dari teh. Teh hitam juga bisa memberikan aura positif bagi tubuh untuk lebih bersemangat dalam menjalani hari yang menyenangkan.

– Teh hitam juga memiliki kemampuan kinerja dalam mengatur sistem peredaran darah serta saraf yang bekerja lebih maksimal. Teh hitam juga menjadi satu alternatif bagi Anda yang sering mengalami pola tidur yang tidak teratur dan juga sering insomnia. Selain itu, kandungan yang ada di teh hitam juga bisa memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga bisa membuat kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

– Teh hitam juga memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga hubungan antara sistem saraf dengan pusat otak. Hal ini tentunya akan mampu meningkatkan konsentrasi belajar dan juga tingkat kecerdasan Anda.

Untuk Sistem Metabolisme Tubuh

– Untuk sistem metabolisme tubuh, tentunya teh hitam memiliki manfaat yang sangat baik dalam mendukung sistem metabolisme tubuh. Dimana teh hitam berfungsi untuk mengontrol kadar gula di dalam darah yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Proses ini tentunya tidak bisa lepas dari kemampuan teh hitam dalam memperbaiki kinerja sehingga memaksimalkan produksi insulin di dalam tubuh.

– Mengonsumsi teh hitam secara teratur tentunya bisa menekan perasaan lapar lebih lama sehingga mencegah penyerapan kalori yang berlebih sehingga tidak ada lagi lemak yang menumpuk dan tertimbun di dalam tubuh. Inilah mengapa teh kerap dijadikan sebagai bahan alami dalam mendukung program diet.

Untuk Sistem Pencernaan

– Teh hitam mengandung tanin, katekin, dan juga fluorid yang terbukti ampuh dalam memerangi adanya potensi gejala kankder mulut, mencegah terjadinya plak ataupun sakit gigi, mengurangi potensi timbulnya bau mulut dan juga menjaga sistem email gigi agar tetap kuat. Dengan begitu mulut dan juga gigi akan memproses makanan yang masuk ke dalam mulut agar hancur sempurna sehingga memudahkan dalam menghancurkan makanan.

– Meminum teh hitam ternyata mampu meredakan diare dikarenakan kandungan di dalamnya yang mendorong keluarnya semua mikroorganisme sebagai penyebab diare sehingga mereka tidak akan berlama-lam untuk ada di dalam usus.

Untuk Sistem Reproduksi Wanita

– Bagi wanita yang rutin untuk meminum teh hitam tentunya akan meningkatkan kesuburan di dalam sistem reproduksi tubuh sehingga akan semakin terjaga dan juga semakin meningkat.

– Teh hitam juga bisa dikonsumsi secara rutin bagi wanita yang sedang menjalankan program hamil agar mendapatkan keturunan dengan mudah.

Untuk Sistem Respirator

– Teh hitam juga akan sangat mudah untuk digunakan sebagai obat untuk nyeri tenggorokan. Alangkah baiknya jika Anda meminum seduhan teh hitam untuk melegakan tenggorokan agar dapat sembuh seperti sediakala.

– Teh hitam juga memiliki peran yang sangat penting dalam melindungi mikroorganisme yang sangat berbahaya dan juga mengancam organ paru-paru layaknya yang terjadi pada gejala pneumonia.

– Teh hitam juga mampu merileksasi sistem saraf ataupun otot sehingga akan meringankan keluhan asma yang Anda miliki.

Untuk Sistem Kardiovaskular

– Meminum teh hitam tentunya dapat menetralkan tekanan darah yang ada pada diri seseorang sehingga memiliki kecenderungan pada keluhan hipertensi jika diminum secara rutin dan teratur.

– Teh hitam juga mampun menurunkan risiko terjadinya serangan penyakit stroke ataupun jantung koroner. Selain itu, teh hitam juga menjaga saluran kardiovaskular mulai dari pembuluh darah yang tekanannya sampai pada kinerja jantung dan juga memompa darah.

– Mengonsumsi teh secara rutin antara 1-2 cangkir per hari tentunya akan mampun menurunkan kadar kolesterol di dalam darah hingga 46%. Jika dosis ditambah sampai 4 cangkir, maka prosentasi eliminir kolesterol darah akan mencapau 68% berdasarkan hasil penelitian.

– Kandungan teh hitam juga memiliki manfaat yang cukup dalam membersihkan pembuluh darah dari berbagai flak lemak jahat sehingga aliran darah akan berjalan lebih lancar sehingga kinerja jantung akan lebih ringan.

Untuk Sistem Imunitas Tubuh

– Mengonsumsi teh hitam tentunya mampu melawan virus penyebab flu. Berbagai keluhan seperti hidung tersumbat, kepala pening, lidah terasa pahit, dan juga sakit tenggorokan gatal. Kandungan antioksidan yang tinggi terdapat di dalam kandungan teh hitam.

– Teh hitam juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu sistem pertahanan tubuh serta mengatasi peradangan dan juga infeksi ataupun iritasi yang umumnya terjadi pada permukaan kulit.

– Kandungan manfaat antioksidan di dalam teh hitam tentunya sangat tinggi akan membantu sistem pertahanan untuk melawan ancaman mikroorganisme berbahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Mikroorganisme ini tentunya dapat berasal dari golongan bakteri, virus dan juga jamur.

Untuk Sistem Rangka Gerak

– Teh hitam memiliki kandungan yang sangat ampuh dalam mengatur kadar asam urat di dalam aliran darah pada batas normal. Hal ini tentunya akan terhindar dari risiko pegal-pegal ataupun peradangan di dalam persendian.

– Meminum teh hitam tentunya berpotensi dalam melindungi Anda dalam keropos tulang yang nantinya akan melemahkan anggota gerak tubuh Anda serta terhindar dari peluang besar terkena penyakit osteoporosis.

– Minum teh secara teratur tentunya akan menjaga kesehatan tulang dan juga ancaman dari mikroorganisme perusak tulang sehingga kesehatan tulang akan senantiasa terjaga.

Untuk Sistem Ekskresi

– Minum teh hitam secara rutin tentunya mampu membersihkan segala racun yang ada di dalam tubuh melalui urin ataupun feses. Hal ini dikarenakan teh merupakan zat diuretik yang dapat merangsang untuk sering berkemih. Namun, jika diiringi dengan minum air putih tentunya akan mencukupi racun di dalam tubuh yang akan dibersihkan dan juga dibuang secara maksimal.

Segi Kecantikan

Untuk segi kecantikan tentunya ada beberapa manfaat yang mungkin bisa Anda dapatkan dari teh hitam ini untuk perawatan kulit wajah dan juga tubuh, diantaranya:

Wajah

Untuk wajah tentunya teh hitam dimanfaatkan untuk beberapa bagian seperti kulit wajah, mata, bibir dan juga masalah kulit lainnya.

  • Mata

Teh hitam tentunya memiliki manfaat untuk menyegarkan mata, menghilangkan sembab serta lingkar mata. Cukup dengan menempelkan pada kedua kelopak mata dari dua bekas seduhan teh hitam. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kemudian angkat dan pastikan mencuci muka sebelum atau setelah mengaplikasikan kantong teh pada mata.

  • Jerawat

Masalah kulit yang satu ini memang kerap menjadi masalah kulit yang sangat menganggu dan membuat penampilan menjadi tidak sempurna. Untuk menggunakanteh hitam sebagai cara untuk menghilangkan jerawat dan juga bekas jerawat bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

– Cuci wajah dengan air sampai bersih

– Keringkan wajah dengan menggunakan handuk lembut

– Lalu, tempelkan ampas teh hitam ke seluruh wajah terutama wajah yang berjerawat.

– Biarkan beberapa saat hingga teh tersebut kering

– Setelah itu bilas dengan menggunakan air hingga bersih

Kandungan antioksidan di dalam teh hitam tentunya akan mampu melawan perkembangbiakan bakteri sehingga jerawat akan lebih cepat kering dan mereda.

  • Kulit wajah

Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan juga lembut serta terhindar dari kerutan akibat radikal bebas, tentunya Anda cukup dengan menggunakan ampas seduhan teh hitam untuk masker. Setelah itu, tunggu sampai kurang dari 30 menit, kemudian pastikan Anda untuk selalu mencuci bersih dan mengeringkan wajah sebelum dan setelah mengaplikasikan.

  • Bibir

Untuk mendapatkan bibir lembut tentunya Anda bisa menggunakan ampas bekas seduhan teh hitam. Anda juga dapat mencuci muka serta mengeringkan muka terlebih dahulu. Lalu, aplikasikan ampas teh pada bibir Anda secara merata sambil menekan bagian bibir kurang lebih 5 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih, kemudian keringkan. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil bibir yang lembut dan juga optimal.

  • Rambut

Bagi Anda yang memiliki masalah rambut yang kusut dan juga susah untuk diatur. Tentunya, Anda dapat menggunakan teh hitam sebagai solusi dan juga alternatif yang lain untuk mendapatkan rambut yang memang Anda inginkan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat rambut lembut dan juga bersinar, diantaranya:

– Cuci rambut Anda dengan menggunakan shampo seperti biasa dan juga bilas dengan air sampai bersih.

– Lalu, pada langkah terakhir tentunya Anda bisa mengaplikasikan seduhan dua cangkir teh hitam pekat yang sudah dingin. Anda tentunya bisa mengaplikasikan secara merata ke seluruh rambut Anda.

– Biarkan hingga beberapa saat agar teh menyerap dengan menggunakan air hingga bersih

– Rambut hitam dan berkilau tentunya bisa dapatkan dengan segera.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari teh hitam yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel