Kebiasaan Agar Ibu Hamil Tetap Sehat Ketika Puasa

Ketika menjelang bulan Ramadhan, banyak ibu yang tengah mengandung merasa ragu ketika akan menjalankan ibadah puasa. Hal ini disebabkan karena khawatir jika kesehatan janin yang dikandungnya bermasalah. Namun, berdasarkan penelitian puasa memberikan dampak positif pada ibu hamil, itupun jika ibu hamil dan janinnya dalam keadaan sehat.

Ketika menjalankan ibadah puasa, ibu hamil harus mengemban 2 tanggung jawab secara sekaligus, yakni menjaga kesehatan janin yang dikandungnya dan menjaga kesehatan dirinya sendiri. Nah, agar kesehatan ibu dan janin yang dikandung tetap terjaga, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama ibu hamil menjalankan puasa seperti di bawah.

KEBIASAAN-AGAR-IBU-HAMIL-TETAP-SEHAT-SAAT-PUASA.jpg

Konsumsi Makanan Sehat

Untuk menjaga kesehatan tubuh, mengkonsumsi makanan sehat penting dilakukan oleh ibu hamil. Ketika puasa, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi. Dimana nutrisi tersebut cukup untuk kesehatan janin dan ibu hamil itu sendiri. Mengkonsumsi makanan sehat penting dilakukan ketika sahur. Beberapa komposisi nutrisi yang harus dikonsumsi ibu hamil yaitu protein baik itu protein nabati atau hewani, karbohidrat kompleks dan lemak. Buah dan sayur juga perlu dikonsumsi, pasalnya buah dan sahur akan membantu memperlancar proses pencernaan.

Hindari Mengkonsumsi Minuman Terlalu Manis Ketika Berbuka

Minuman dengan rasa manis berlebihan akan menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Jika hal ini terus dibiasakan dalam hidup kita maka keadaan ini tentunya sangat berbahaya. Bagi anda yang sedang hamil harus memperhatikan hal ini. Ketika berbuka alangkah lebih baik anda menghindari minum minuman terlalu manis atau tidak meminumnya sama sekali. Jika anda ingin mengkonsumsi yang manis manis ketika berbuka, maka kurma adalah pilihan yang tepat. Kurma tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah, justru kurma memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Minum Air Putih Sesuai Aturan

Meskipun sedang menjalankan puasa tetapi jangan sampai anda mengalami dehidrasi atau kekurangan asupan cairan. Hal ini pun harus diperhatikan oleh ibu hamil yang sedang menjalankan puasa. Agar dehidrasi tidak terjadi maka anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi banyak air putih. Namun, anda jangan meminumnya secara sekaligus. Perhatikan jangka waktu ketika anda minum sesuai dengan kondisi ibu hamil. Apabila pada saat berbuka anda terlalu banyak mengkonsumsi air putih maka akan menyebabkan perut menjadi kembung dan kondisi lainnya yang akan mengganggu kenyamanan.

Cukupi Kebutuhan Istirahat

Pada saat berpuasa maka asupan makanan akan menjadi berkurang, terlebih lagi untuk ibu yang tengah mengandung yang memang pada dasarnya membutuhkan asupan nutrisi yang banyak. Ketika berpuasa sebaiknya ibu hamil bisa mengatur waktu istirahatnya. Sebaiknya kurangi beberapa kegiatan yang biasa dilakukan sebelum menjalankan puasa. Jangan sampai ibu hamil merasa kelelahan karena aktivitas yang begitu padat.

Konsumsi Susu Khusus Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan nutrisi lain selain dari makanan. Nutrisi tersebut bisa didapatkan dari susu khusus untuk ibu hamil. Anda bisa mengkonsumsi susu ibu hamil ketika sahur.

Hindari Stress

Ibu hamil tidak boleh mengalami stress yang berlebih. Ibu hamil dianjurkan untuk selalu merasa tenang, termasuk ketika menjalankan puasa. Jika kondisi kejiwaan ibu hamil baik maka janin yang dikandungnya pun akan baik.

Olahraga Ringan

Olahraga yang dimaksud bukanlah olahraga pada umumnya. Ibu hamil hanya perlu melakukan olahraga ringan seperti senam yoga. Senam yoga bisa dilakukan pada sore hari menjelang buka puasa. Sehingga pada saat energi anda terkuras karena berolahraga, bisa langsung diganti dengan asupan makanan.

Itulah beberapa tips agar ibu hamil tetap sehat selama menjalankan puasa. 

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel