Jenis dan Rencana Makan yang Dianjurkan Pada Penderita Hipertensi

5/5 (1)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang muncul secara diam-diam. Hal ini dikarenakan pada umumnya tidak ada gejala spesifik yang ditunjukan oleh penyakit yang satu ini sehingga faktor inilah yang seringkali menjadi bahaya besar untuk para penderita hipertensi. Banyak pasien hipertensi yang berobat ke dokter sudah divonis dengan hipertensi yang kronis. Kondisi ini membuat mereka terkejut dan tidak menyadari bahwa sebenarnya telah sejak dulu mereka menderita kondisi yang sama.

Kondisi gangguan kesehatan ini memang perlu untuk segera diatasi dengan baik sebab bila tidak kondisi ini akan dapat merembet dan berkembang menimbulkan komplikasi kesehatan yang berbahaya. Bukan hanya pada orang dewasa, hipertensi pun dapat terjadi pada anak-anak dan bahkan anak bayi baru lahir sekalipun. Untuk itulah, penanganan dan pencegahan memang perlu untuk dilakukan dengan baik terhadap kondisi yang satu ini.

Adapun salah satu cara untuk mencegah dan mengatasi hipertensi adalah dengan membatasi asupan garam dimana hal ini menjadi langkah penting. Memang nyatanya, garam atau sodium memiliki peran penting, namun untuk menjaga tekanan darah pada kisaran normal asupan garam kedalam tubuh perlu diperhatikan dengan baik. Akan tetapi, hal ini pun bukanlah satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk menjaga tekanan darah tetap sehat. Lalu bagaimana sebaiknya hal yang perlu dilakukan? Menjaga pola makan adalah jawaban paling tepat dalam hal ini. Yuk, simak lebih lanjutnya dibawah ini.

Mengetahui Kategori Hipertensi

Hipertensi memang menjadi salah satu penyakit yang sulit untuk dideteksi sejak dini karena gejala yang samar dari kondisi kesehatan ini. Lalu bagaiaman cara seseorang dapat mengetahui apakah ia terkena hipertensi atau tidak? Jawabannya adalah dengan memperhatikan pengukuran tekanan darah dan lakukan pemeriksaan ini secara rutin.

Adapun ketika melakukan pemeriksaan dan diketahui hasilnya anda dapat melihat angkat tekanan sistolik dengan melihat angka pertama dari hasil dimana angka ini menunjukan ukuran tekanan darah dalam arteri ketika jantung anda berdenyut. Sementara tu, angka yang berikutnya menunjukan tekanan diastolik yang menunjukan tekanan diantara detak jantung ketika jantung anda beristirahat. Artikel lainnya: Hipertensi Pulmonal, Penyebab Gejala dan Penanganan

Sementara itu, tekanan darah yang normal pada manusia berkisar antara 120/80. Bila tes tekanan darah menunjukan hasil yang melebihi kisaran normal, maka kondisi ini akan dapat dikategorikan menjadi:

  • Prahipertensi yakni kondisi angka tekanan darah pada angka 120 sampai dengan 139 untuk angka sistolik atau 80 sampai dengan 89 untuk tekanan diastolik.
  • Hipertensi Tahap 1. Kondisi ini adalah kondisi apabila tekanan sistolik dalam tubuh anda berkisar antara 140 sampai dengan 159 atau tekanan diastoliknya mencapai 90 sampai dengan 99.
  • Hipertensi Tahap 2. Adalah kondisi dimana tekanan darah sistolik dalam tubuh mencapai 160 atau lebih tinggi dari angka ini atau tekanan diastoliknya 100 atau lebih tinggi dari ukuran ini.

Mengenali kategori hipertensi yang mungkin terjadi adalah hal penting untuk dipahami. Hal ini diharapkan akan membantu anda untuk lebih waspada dengan segera mengkonsultasikan kondisi ini ke dokter. Sementara itu, dibawah ini mari kita kenali jenis dan rencana makan yang dianjurkan untuk penderita hipertensi.

Jenis dan Rencana Makan yang Dianjurkan Pada Penderita Hipertensi

Pola makan menjadi hal yang penting untuk selalu diperhatikan pada para penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan pada umumnya pemicu paling tinggi kondisi hipertensi yang menyerang seseorang diakibatkan oleh gaya hidup dan datang dari makanannya. Untuk itu, penting sekali bagi anda merencanakan dan mengubah pola makan pada jenis yang lebih sehat. Yuk, kenali lebih dalam seperti apa jenis dan rencana makan pada para penderita diabetes dibawah ini.

  1. Kenali Makanan Anda

Sebagian orang tidak menyadari apa saja yang mereka konsumsi sehari-harinya, apalagi dengan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk anda yang berkeinginan menjaga tekanan darah agar tetap normal, maka anda dapat melakukan serangkaian kegiatan dengan mulai menjalani kebiasaan mencermati setiap asupan makanan dan kandungan yang ada didalamnya.

Perlu diketahui dengan betul bahwa makanan dengan kandungan sodium yang tinggi akan dapat meningkatkan tekanan darah. Dengan semakin sedikit konsumsi sodium dalam asupan sehari-hari maka tekanan darah didalam tubuh anda akan dapat terkendali dengan lebih baik. Sebaliknya dengan banyak mengkonsumsi makanan dengan magnesium, potasium pun akan dapat bekerja untuk mengendalikan tekanan darah.

Adapun jenis makanan yang tinggi akan kandungan sodium diantaranya adalah makanan dalam kalengan, makanan yang diproses dan makanan cepat saji. Untuk itulah, bila perlu buat catatan makanan tentang apa saja yang anda kosnumsi dalam satu har.

Catatan ini diharapkan akan membuat anda mengetahui jenis makanan apa yang anda asup kedalam tubuh. Sehingga hal ini akan menjadi tolak ukur anda untuk menghindari konsumsi terhadap makanan tersebut. Selain garam, kecap asin dan beberapa bumbu masakan berasa asin pun menjadi sayarat yang perlu untuk dihindari agar tekanan darah dalam tubuh anda dapat dikendalikan dengan baik.

  1. Jenis Makanan yang Boleh Dikosumsi

Ada beberapa jenis bahan makanan yang boleh dan memang dianjurkan pada penderita hipertensi. Beberapa jenis ini diantaranya adalah:

  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau akan dapat membantu dala mengobati tingginya tekanan darah dalam tubuh. Adapun beberapa jenis sayuran yang dapat dikonsumsi dan aman untuk tubuh diantaranya adalah bayam, buncis, selederi, tomat, kedelai, bawang putih, kentang dan masih banyak lagi. Untuk itu, jangan sungkan untuk menyajikan hidangan ini sebagai santapan sehari-hari anda.

  • Buah-Buahan

Buah-buahan menjadi bahan yang baik untuk para penderita diabetes. Buah-buahan memiliki kandungan vitamin, serat dan mineral yang baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahan inipun akan membantu anda terhindari dari tekanan darah yang tinggi. Beberapa jenis buah-buahan yang aman dikosumsi diantaranya adalah mengkudu, alpukat, pisang, kiwi, melon dan masih banyak lagi.

  • Jenis Makanan Lainnya

Selain sayur dan buah anda pun akan dapat mengkonsumsi bahan makanan lainnya yang dapat saling menyelingi untuk menghindarkan rasa bosan karena menyantap makanan yang sama dalam jangka waktu yang panjang. Adapun beberapa jenis makanan yang aman dikonsumsi diantaranya adalah coklat, yoghurt, susu skim bebas lemak, ikan salmon, oatmeal, minyak zaitun dan roti gandum.

Tidak ada makanan yang dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi dengan seketika. Tekanan darah pada kisaran normal akan tergantung pada pola makan yang sehat secara keseluruhan. Untuk itu, tetap terapkan pola makan dan pola hidup yang sehat dengan baik sebab hal ini akan dapat menunjang kendali tekanan dalam darah dengan lebih baik.

Demikianlah beberapa hal yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini semoga bermanfaat dan memberikan anda informasi yang dibutuhkan. Pada intinya menjaga pola makan dengan konsumsi makanan sehat adalah hal penting untuk dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh anda agar tetap normal.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel