Jenis Buah Penurun Darah Tinggi (Hipertensi)

4.29/5 (7)

Hipertensi menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti setelah penyakit jantung, stroke dan diabetes. Penyakit ini seringkali disebut dengan sillent killer atau pembunuh diam-diam. Betapa tidak, pada umumnya tanda atau gejala dari penyakit hipertensi tidak menunjukan gejala yang spesifik dimana kondisi seperti ini memberikan kerugian yang besar pada para penderitanya yang tidak menyadari bahwa sebenarnya ia sudah menderita hipertensi sejak lama sebelum penyakit ini berkembang menjadi kondisi yang lebih buruk seperti yang dialaminya saat ini.

Hipertensi atau kondisi tekanan darah yang berada jauh diangka normal memang menjadi hal yang menyeramkan. Sebab bila tidak segera ditangani kondisi ini akan dapat berkembang menjadi komplikasi dan menyebabkan masalah lainnya dapat terjadi. Adapun salah satu penyebab dari kondisi ini terjadi adalah konsumsi kadar garam dalam kehidupan sehari-hari yang terlalu berlebihan dan gaya hidup yang kurang sehat yang dijalani oleh si penderita.

Memang penting sekali untuk segera menangani sebuah kondisi keluhan kesehatan yang terjadi dengan tubuh. Sebab bagaimanapun kondisi keluhan penyakit yang bersarang dalam tubuh akan dapat menurunkan kualitas hidup seseorang dan membuat aktivitasnya terganggu.

Nah, kali ini untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi dalam tubuh maka konsumsi beberapa buah berikut ini akan menjadi solusi yang baik. Ingin tahu seperti apa saja buah yang baik untuk menurunkan darah tinggi? Mari simak dibawah ini.

Jenis Buah Penurun Darah Tinggi (Hipertensi)

Buah Mengkudu

Jenis buah yang pertama yang baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan mengatasi hipertensi adalah buah mengkudu. Mengkudu menjadi salah satu buah yang memang cukup mudah ditemukan dilingkungan sekitar kira. Buahnya yang berbentuk mirip dengan buah sirsak namun tanpa duri ini memang begitu khas. Apalagi aroma yang menyengat dari buah mengkudu membuat buah ini mudah sekali untuk dikenali. Meskipun rasanya tidak enak, akan tetapi khasiat dari bahan yang satu ini akan dapat bermanfaat baik untuk menurunkan darah tinggi.

Buah mengkudu disebut-sebut mengandung banyak manfaat dan nutrisi yang amat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kesehatannya dengan lebih baik. Kandungan protein yang terdapat didalamnya pun baik untuk dikonsumsi. Belum lagi, mineral dan vitamin yang berlimpah yang tersimpan dalam buah dan juga daun pohon buah mengkudu ini dinilai dapat meredakan hipertensi dengan lebih baik. Selain itu, kandungan selenium yang terdapat dalam buah mengkudu ini akan dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Ketimun

Buah ketimun mungkin sudah sering menjadi santapan atau dijadikan lalapan yang nikmat yang anda konsumsi sehari-hari. Namun demikian, selain rasanya yang nikmat pada saat dicocol bersama dengan sambal terasi yang pedas, rupanya buah ketimun pun memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk meredakan hipertensi. Untuk itu, jangan heran bila anda seringkali melihat orang hipertensi banyak atau sering mengkonsumsi buah ketimun. Kandungan mineral potasium yang berlimpah yang terdapat dalam ketimun membuat buah yang satu ini cukup efektif untuk menaklukan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Sementara itu, untuk anda yang kurang suka dengan buah mentimun atau ketimun, kini tidak ada alasan untuk anda tidak menyantapnya, terutama bila anda menderita hipertensi. Baca juga: Kunci Penting Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah Pisang

Tahukah anda bahwa selain menjadi buah penurun kolesterol, pisang pun akan dapat membantu tekanan darah tinggi. Buah yang umum dengan warna kuning atau hijau ini rupanya memiliki kandungan kalium dan beberapa kandungan penting lainnya yang dapat membantu tubuh anda mengendalikan dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain rasanya yang nikmat dan daging buahnya yang pulen, buah pisang pun cenderung mudah untuk didapatkan karena buah ini tersedia diberbagai daerah di Tanah Air. Oleh karenanya, bagi anda para penderita hipertensi, pisang mungkin bisa menjadi buah cemilan anda sehari-hari yang baik untuk kesehatan dan mengendalikan darah tinggi yang baik.

Mulailah mengkonsumsi buah ini dan menyajikannya dalam menu makanan harian anda. Sementara itu, anda pun akan dapat mengkreasikan sajian buah ini dengan bahan lainnya seperti gandum, seral atau ditambahkan dengan madu atau susu. Kreasi ini akan menghindarkan anda dari rasa kebosanan menyantap makanan yang itu-itu saja.

Tomat

Buah tomat seringkali diperdebatkan antara masuk menjadi bagian dari sayuran atau buah-buahan. Hal ini dikarenakan tomat seringkali digunakan sebagai bumbu dan bahan pelengkap ketika memasak sajian makanan berasa asin di dapur. Rupanya manfaat dari buah tomat lebih mencengangkan dari perdebatan tersebut.

Kandungan kalsium yang ada dalam buah tomat akan dapat membantu anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan lebih baik. Selain itu, kandungan magnesium, kalsium, vitamin E,D dan C yang terkandung didalamnya akan dapat bermanfaat baik dalam membantu tubuh menurunkan tekanan darah dengan lebih efektif.

Fakta ini bahkan diejlaskan dan diuji oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ben Gurion yang menaklukan pengujian menggunakan buah tomat sebagai buah penurun tekanan darah hanya dalam waktu 16 hari. Waktu yang singkat ini tentu mencengangkan untuk sekedar mengkonsumsi buah alami sebagai penurun tekanan darah. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk anda mengkonsumsi buah ini bila memang anda bermasalah dengan kenaikan tekanan darah yang tinggi.

Cara Mencegah Hipertensi Sejak Dini

Sebenarnya selain mengkonsusmi berbagai jenis buah yang dijelaskan diatas, hipertensi atau tekanan darah tinggi akan dapat dicegah dengan baik sebelum kondisi ini berubah menjadi lebih parah dalam tubuh anda. Nah, dibawah ini adalah beberapa pencegahan terhadap hipertensi yang dapat dilakukan sejak dini.

Galakan Pola Hidup yang Sehat

Cara yang paling sederhana yang pertama untuk dapat mencegah hipertensi adalah dengan mengurangi konsumsi garam berlebihan dan menjalankan pola hidup yang sehat. Bila anda adalah seorang perokok dan berkebiasaan mengkonsumsi alkohol maka sebaiknya hentikan kebiasaan ini dengan segera. Karena pada umumnya hipertensi lebih banyak terjadi sebab dari kondisi gaya hidup yang kurang sehat yang dijalankan.

Hindari Konsumsi Obat-Obatan Terlarang

Konsumsi beberapa jenis obat-obatan dapat menjadi pemicu timbulnya hipertensi. Satu atau dua kali mungkin tidak akan terasa akan tetapi perlahan setelah terakumulasi lama dampak ini baru akan terasa. Untuk itu, hindari mengkonsumsi obat-obatan terlarang yang tidak jelas sebab kondisi ini akan dapat beresiko untuk kesehatan anda.

Selain itu, beberapa jenis obat lain seperti obat penekan nafsu makan, obat pelangsing dan jenis obat-obatan yang tidak diberikan sesuai resep dokter sebaiknya tidak dikonsumsi dengan sembarang sebab hal ini tentu akan memberikan resiko jangka panjang untuk kesehatan anda.

Demikianlah beberapa tips dan informasi yang dapat disampaikan dari pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat dan memberikan anda informasi yang cukup dan sampai jumpa kembali pada pembahasan yang lainnya.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Leave a Reply