Ini Loh Cara Yang Tepat Merawat Kulit Saat Haid

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika wanita sedang mengalami siklus menstruasi. Berbagai masalah kulit wajah akan kerap muncul dengan sendirinya terutama ketika sedang mentsruasi. Tidak heran jika banyak wanita yang sedang menstruasi sering mengalami wajah yang berjerawat. Tentu ini membuat banyak wanita yang merasa tidak percaya diri karena masalah jerawat yang ia alami. Tidak jarang kulit wajah yang sedang menstruasi rentan mengalami kering dan juga kusam.

Ketika menjelang siklus haid, tubuh akan mengalami perubahan hormon sehingga akan mempengaruhi kondisi tubuh. Kondisi ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kulit. Tentunya, tidak heran jika kulit wajah akan kusam dan juga berjerawat. Terlepas dari hal tersebut tentunya Anda membutuhkan suatu cara untuk merawat kulit saat menstruasi agar mendapatkan kulit yang lebih sensitif. Dalam merawat kulit saat haid, beberapa tips dan cara yang dapat lakukan berikut ini:

Pijat kulit wajah Anda

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ialah dengan memijat kulit wajah Anda. Seperti yang dilansir dari boldsky.com, memijat kulit wajah tentunya dapat memperlancar sirkulasi di dalam darah. Masalah kulit kusam dan juga kering yang kerap muncul saat hadi pun akan dapat diatasi dengan mudah. Anda tentunya dapat memijat wajah dengan menggunakan gerakan lembut memakai minyak zaitun agar kulit wajah tampak lebih bersinar dengan mudah.

Jaga kelembapan kulit

Kulit akan tampak lebih bersih dan juga bersinar meskipun kita sedang menstruasi. Hal ini mungkin saja bisa Anda dapatkan jika Anda secara rutin menjaga kelembapannya berkurang.Anda tentunya dapat mengatasi minum banyak air dan juga menggunakan toner yang tentunya sesuai dengan jenis kulit wajah Anda dalam menjaga kelembapannya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Eksfoliasi kulit wajah sebelum dan juga sesudah haid

Pori-pori yang tersumbat tentunya akan membuat wajah rentan mengalami peyumbatan yang akhirnya akan menyebabkan timbulnya jerawat serta pori-pori yang bertambah besar. Anda tentunya dapat mencegah salah satu masalah ini dengan melakukan eksfoliasi atau juga mengangkat sel-sel kulit mati. Tentunya, Anda juga dapat membeli scrub yang banyak dijual di pasaran ataupun bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan oatmeal, gula dan juga air perasan jeruk lemon.

Menggunakan krim malam

Selain menggunakan pelembab wajah, tentunya Anda juga harus menggunakan krim malam agar sel-sel kulit wajah mengalami peremajaan kembali. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu memakai krim malam sebelum pergi tidur. Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikan air mawar sebelum tidur pada saat malam hari. Dengan begitu, Anda tentunya dapat mendapatkan wajah tampak lebih bersinar ketika menstruasi.

Jangan menggunakan makeup tabel

Jika Anda tidak ingin terlihat kusam pada saat menstruasi, alangkah baiknya jika Anda tidak menggunakan makeup yang cukup tebal. Penggunaan makeup yang berlebih tentunya Anda jangan sampai berlebihan. Hal ini tentunya akan menyebabkan iritasi dan jerawat. Selain itu, Anda juga cukup menggunakan makeup yang tipis-tipis sehingga tidak berlebihan selama menstruasi.

Gunakan masker wajah

Masker wajah tentunya dipercaya dapat menghaluskan kulit wajah Anda. Selain itu, masker memang menjadi andalan dalam melembapkan kulit wajah saat menstruasi. Agar tidak repot tentunya Anda dapat membeli masker yang memang banyak dijual dipasaran. Untuk bahan yang alami tentunya Anda dapat membuat masker sendiri dari gel lidah buaya dan juga mentimun. Anda tentunya dapat membuat kulit tampak lebih bersinar dan juga bercahaya.

Ketahui Kondisi Wajah Saat Menjelang Menstruasi

Saat datang bulan tentunya kondisi kulit juga akan mengalami ketidakseimbangan yang menyebabkan kulit menjadi semakin kusam dan juga tidak bercahaya. Sebagian besar wanita akan menganggap kulit saat datang bulan menjadi salah satu masalah yang paling sulit untuk diatasi. Untuk itu, ketahui beberapa penyebab kulit menjadi kusam ketika menjelang masa menstruasi yaitu sebagai berikut:

Dua minggu sebelum datang bulan

Memasuki minggu sebelum menstruasi, ini merupakan kondisi kulit dimana dapat dikatakan sebagai kondisi kulit terburuk. Hal ini dikarenakan tingkat hormon sex estradiol dapat menurun pada beberapa minggu ini. Sedangkan pada hormon testosterone dapat menjadi hormon utama yang ada pada pria untuk berada pada beberapa tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, pori-pori wajah pada minggu ini akan lebih membesar dari biasanya sehingga jerawat akan lebih rentan muncul terutama pada wanita yang memiliki wajah yang sensitif dan juga berjerawat.

Satu minggu sebelum datang bulan

Pada minggu ini tentunya minyak akan lebih banyak keluar dari biasanya. Pori-pori akan mulai membesar dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya. Pada umumnya, jerawat akan mulai tumbuh pada area tulang rahang dan juga bagian dagu.

Minggu ketika sedang datang bulan

Ketika minggu sedang datang bulan tentunya ini menjadi penyebab hormon prostaglandin meningkat saat datang bulan. Kulit akan menjadi lebih bersih dan juga halus. Namun, sayangnya di minggu ini Anda akan lebih merasa sensitif terhadap rasa sakit.

 Minggu sesudah datang bulan

Pada minggu inilah, hormon menjadi lebih seimbang karena tubuh dikuasi oleh hormon estrogen dan juga progesteron. Kondisi kulit setelah menstruasi tentunya akan lebih lembut, halus, kenyal dan juga bersinar. Selain itu, banyak jumlah hormon pada keduanya yang seimbang. Akan tetapi selalu meningkat setelah setiap datang bulan yang dialami pada bulan berikutnya.

Memiliki kulit yang bersih dan juga bersinar meskipun saat  menstruasi tentunya menjadi dambaan setiap orang. Menjaga kulit wajah tetap bersih saat menstruasi dapat dikatakan sebagai sebuah keharusan bagi Anda. Anda tentunya dapat menjaga kulit wajah dan juga tubuh tetap bersinar dengan menggunakan bahan-bahan alami. Itulah beberapa kondisi kulit dan juga cara yang tepat untuk merawat kulit saat menstruasi. Selamat mencoba!

Loading...

Follow us