data-ad-format="auto"

Ibu Hamil Terserang Flu, Janin Berisiko Tinggi Terkena Skizofrenia?

Kondisi kesehatan ibu hamil sangat penting untuk dijaga dari awal terjadinya pembuahan hingga persalinan berlangsung.Ini berkaitan dengan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Oleh karena itu, perhatikan perubahaan kondisi kesehataan anda. Sakit ringan yang menyerang anda seperti misalnya flu akan membahayakan kesehatan janin anda apabila tidak dilakukan penanganan yang serius.

Flu disebabkan karena virus sehingga apabila menyerang ibu hamil akan meningkatkan risiko rusak pada otak janin dan menaikan risiko gangguan jiwa atau yang dikenal dengan istilah Skizofrenia. Skizofrenia merupakan kelainan mental yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan respons emosi yang melemah. Penderita mengalami halusinasi dalam pendengaran, mendengar suara suara terus- menerus atau perasaan diikuti dalam setiap gerak geriknya.

Resiko terjadinya Skizofrenia pada ibu hamil yang paling utama adalah ibu hamil yang menderita influenza selama trimester pertama kehamilan. Sedangkan penyebab lainnya dapat disebabkan karena campak, polio, rubella, varisela-zoster, toxoplasma gondii dan herpes simplex virus tipe 2 yang diderita saat ibu hamil.

Selain penyebab yang disebutkan diatas, kondisi janin yang mengalami kekurangan oksigen sebelum atau sesaat akan dilahirkan akan berisiko terkena Skizofrenia. Kekurangan oksigen akan mengurangi volume pada bagian otak besar yang berhubungan dengan daya mengingat dan juga navigasi ruangan sehingga memicu terjadinya Skizofrenia. Kini, anda dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan selama hamil terutama influenza yang menyerang di trimester pertama.

Baca Juga: Panduan Lengkap Kehamilan dan Persalinan

Inilah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah flu saat anda hamil :

1. Menjaga kebersihan

Biasakan untuk mencuci tangan sebelum makan atau bersentuhan dengan hidung/mulut. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya penyebaran virus yang menyebabkan flu. Dengan pola hidup yang sehat dan bersih maka akan membantu anda dalam menjaga perkembangan janin yang maksimal.

2. Mendapatkan vaksin flu

Flu yang menyerang di trimester awal yang akan meningkatkan risiko terjadinya Skizofrenia. Dalam melakukan pencegahan pastikan anda mendapatkan vaksin flu. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter agar tidak membahayakan kesehatan kehamilan anda. Dengan mendapatkan vaksin flu menunjang perkembangan janin yang optimal.

3. Hindari kontak dengan orang yang terkena flu

Flu disebabkan karena virus sehingga penyebarannya sangat mudah melalui udara, kontak langsung dengan penderita flu bahkan dari sapu tangan yang digunakan penderita. Oleh karena itu hindari berdekatan dengan orang yang menderita flu. Anda dapat menggunakan masker untuk menutup hidung dan mulut ketika berada di luar rumah.

4. Perhatikan asupan makanan

Bahan makanan tertentu mampu menjaga imunitas anda sehingga terhindar dari flu. Anda dapat mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin C atau zat yang sesquiterpenes yang terdapat pada jahe.

Dengan demikian sekalipun flu terlihat sepele akan tetapi penelitian yang dilakukan di New York State Psychiatric Institute akan berdampak pada perkembangan janin apabila flu di trimester pertama tidak diberikan penangan khusus. Pastikan anda bebas flu selama kehamilan sehingga tumbuh kembang janin akan berlangsung secara optimal.

Loading...

Follow us