Ibu Hamil Seringkali Menolak Makan, Mungkinkah Pregorexia?

Perubahan berat badan umum dialami oleh ibu hamil yang berhubungan erat dengan tumbuh-kembang janin. Lantas, bagaimana apabila ibu hamil sangat ketakutan dalam perubahan berat badan sehingga terobsesi mengontrol berat badan?
Kondisi wanita yang ketakutan mengalami kenaikan berat badan saat hamil sehingga melakukan latihan-latihan ekstrim dan pembatasan kalori disebut dengan istilah pregorexia.

Ketika hamil wanita harus mendapatkan berat badan yang disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangan janin. Bahkan kenaikan berat badan pada ibu hamil bisa bervariasi sesuai dengan faktor yang meliputi ibu sebelum kehamilan.
Pada ibu hamil yang mengalami pregorexia mengalami kesulitan dalam memisahkan kebutuhan fisik dan kesehatan yang mendukung tumbuh kembang janin. Akhirnya, ibu hamil yang menderita pregorexia menghindari asupan makanan yang berpotensi pada kenaikan berat badan yang signifikan, padahal jelas saja ini membahayakan kesehatan ibu dan janin.

Meskipun ibu hamil yang mengalami pregorexia relatif jarang akan tetapi tidak ada salahnya anda mengetahui ciri umum dari pregorexia. Ibu penderita pregorexia mengalami ketakutan yang ekstrim terhadap kenaikan berat badan. Ibu hamil biasanya melakukan pembatasan yang tidak biasa pada asupan kalori hingga melakukan latihan-latihan fisik ekstrim selama kehamilan.

Gejala yang muncul pada wanita yang menderita pregorexia gangguan perilaku melewatkan waktu makan, penekanan berat sehingga terlalu sering menghitung kalori yang masuk, membatasi makanan secara ekstrim hingga olahraga yang berbahaya.
Pregorexia pada ibu hamil dapat memicu perkembangan dan pertumbuhan janin. Gangguan kesehatan yang mungkin ditimbulkan resiko keguguran yang tinggi, pendarahan uterus normal, meningkatkan resiko janin yang buruk hingga meningkatkan resiko bayi prematur.

Dalam kasus yang lebih parah bahwa pregorexia dapat menyebabkan kematian apabila tidak ditangani dengan serius. Bahaya dari pregorexia tidak hanya mengancam janin akan tetapi ibu hamil. Pengobatan pada penderita pregorexia dengan dua cara,secara fisik dan psikis. Secara fisik ibu hamil berhubungan dengan berat badan sedangkan secara psikis berhubungan dengan emosional yang berhubungan dengan gangguan makan. Pengobatan akan bervariasi dilihat dari masalah fisik atau psikis yang harus diproritaskan. Anda dapat meminta bantuan dokter kandungan, ahli gizi, ginekolog atau psikoterapis untuk pemulihan pregorexia.

Dengan demikian bagi anda yang sedang hamil nikmati masa kehamilan anda dengan menyenangkan. Melewati masa kehamilan dengan menyenangkan akan membuat anda untuk mengurangi resiko yang berhubungan dengan masalah psikis selama kehamilan. Selain itu anda tidak perlu khawatir dengan perubahan yang terjadi selama kehamilan, perubahan secara fisik dan psikis umum terjadi selama kehamilan. Hindari ketakutan yang berhubungan dengan perubahan fisik, selama anda dapat mengontrol pola makan yang seimbang, olahraga yang sesuai untuk ibu hamil. Hal ini dapat membuat anda terhindar dari pregorexia.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel