data-ad-format="auto"

Tips Cerdas Ciptakan Quality Time Dalam Keluarga

Dalam sebuah keluarga bukan hanya ada peran ayah, ibu dan anak saja, namun juga sesungguhnya ada ikatan yang terjalin diantara mereka. Terjalinnya ikatan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab seorang ibu atau istri saja yang harus menjamin agar ikatan ini selalu berjalan dengan baik. Keharmonisan dan hubungan baik dalam keluarga dapat terjalin asalkan terjadi komunikasi yang baik antara ayah, ibu beserta anak.

Dalam keseharian seorang ibu bertugas mengasuh anak, sementara sang ayah pergi mencari rezeki untuk menafkahi keluarga sedangkan seorang anak melaksanakan kewajibannya dalam melaksanakan tugasnya yakni bersekolah dan belajar.
Untuk menyatukan beberapa karakter berbeda dalam satu tujuan bersama memang akan sangat sulit. Namun hal ini, bukan berarti tidak bisa diwujudkan bersama, karena aktivitas masing-masing individu yang berbeda-beda sehingga waktu untuk bersama sulit sekali diluangkan.

Perbedaan waktu dalam beraktivitas inilah yang menjadi salah satu faktor penghambat kebersamaan dalam keluarga. Sebab masing-masing individu dalam keluarga tidak menemukan kesamaan dalam berpikir yang mampu membuat suatu keluarga menjadi kurang harmonis, sehingga pertengkaran dan keributan akan cenderung lebih sering terjadi.

Nah, untuk mencegah semua hal tersebut agar tidak terjadi, anda harus dapat memiliki quality time bersama keluarga. Dengan adanya waktu tertentu bersama dengan keluarga, maka masing-masing individu dalam keluarga akan dapat mencurahkan keluh-kesah serta kesenangannya dalam keluarga. Dengan demikian, keserasian dan sikap saling menghargai dalam keluarga akan dapat terbentuk dengan baik.

Baca Juga: Repot Bayi Sering Ngompol? Gunakan Sprei Waterproof, Atasi Ompol dan Bau Pesing

Berikut ini ada beberapa tips cerdas dalam menciptakan Quality Time dalam keluarga

1. Menyempatkan Makan Malam Bersama

Waktu malam biasanya adalah waktu dimana anggota keluarga sudah terkumpul bersama. Nah, diwaktu ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan sebuah kegiatan dimana kesemua anggota bisa terkumpul bersama. Makan malam bisa menjadi kegiatan yang baik. Selain itu, saat jam makan malam biasanya masing-masing anggota akan lebih tenang sebab tidak diburu-buru dengan terlambat pergi sekolah atau terlambat bekerja. Untuk itu, ajaklah semua anggota keluarga anda untuk menyempatkan waktu duduk dimeja makan bersama-sama dan berbagi keluh-kesah serta pengalamannya hari ini.

2. Mengerjakan Pekerjaan Rumah Bersama

Waktu liburan bisa sangat membosankan jika hanya berdiam diri menonton televisi atau sibuk dengan masing-masing kegiatannya. Terutama jika keuangan sedang kering, hal ini tentu akan sangat menjengkelkan. Namun bila anda cerdas, waktu seperti ini bisa anda manfaatkan untuk menjalin kedekatan bersama dengan keluarga secara bersama-sama. Ajaklah si anak dan suami untuk ikut terlibat membantu pekerjaan rumah yang dilakukan secara bersama-sama. Misalkan seperti berkebun, menyiram tanaman atau membersihkan rumah secara bergotong-royong.

3. Berwisata Keluarga Bersama

Jika dana keuangan keluarga memungkinkan, tidak ada salahnya membawa serta keluarga anda untuk berlibur bersama-sama. Hal ini tentunya akan meningkatkan jalinan kasih antara masing-masing individu. Selain itu, pergi berwisata tentunya menjadi moment yang mengasyikan untuk si anak sehingga keluarga anda menjadi lebih bahagia.

Demikian beberapa tips cerdas menciptakan quality time dalam keluarga. Hubungan baik antara keluarga tentunya akan melahirkan keluarga yang harmonis dan penuh dengan cinta. 

Loading...

Follow us