Hitung Gerakan Janin Dengan Cara Mudah dan Menyenangkan

4.57/5 (7)

Pada kehamilan 36-40 minggu, ketika ukuran bayi semakin membesar dan juga mengisi bagian seluruh ruang di dalam rahim kemungkinan bayi akan memiliki gerakan terbatas, tidak lagi dapat memutar akan tetapi memiliki gerakan yang terbatas, hanya berupa gerakan kecil seperti menendang, meninju atau gerakan lainnya yang mungkin hanya tendangan ke arah menuju tulang rusuk, hal ini dikarenakan posisi mempengaruhi gerakan janin di dalam kandungan.

Pada saat gerakan kehamilan memasuki usia dua minggu terakhir umumnya gerakan menjadi menurun akan tetapi ibu tidak perlu mengkhawatirkannya, sebelum anda cemas berkepanjangan sebaiknya anda dapat menggolongkan gerakan janin anda dalam keadaan normal atau tidak sehingga mulailah dengan menghitung gerakan bayi di dalam kandungan sehingga memastikan kesehatan janin di dalam kandungan akan membaik.

Berikut adalah beberapa cara menghitung gerakan bayi di dalam kandungan dengan cara yang mudah dan menyenangkan:

1.    Lakukan Penghitungan pada Gerakan Janin Secara Teratur

Anda dapat menghitung gerakan janin di dalam kandungan secara teratur setelah merasakan gerakan janin pertama kalinya. Pada ibu hamil memiliki waktu yang berbeda beda dalam menentukan gerakan janin pertama kalinya. Ibu hamil biasanya merasakan lebih peka terhadap usia kehamilan 19 minggu. Sehingga pada usia 27-28 minggu dapat melakukan perhitungan secara berkala untuk mencatat gerakan janin anda secara teratur.

2.    Jadwalkan Waktu Gerakan Janin

Anda dapat memilih jadwal untuk melakukan pemeriksaan terhadap gerakan janin pertama kali anda dapat memastikan pada pagi, siang atau malam hari dalam merasakan gerakan aktif pada bayi anda. Usahakan dalam melakukan pemeriksaan gerakan janin ini dilakukan setiap hari dengan jadwal yang telah anda tentukan sehingga dapat memberikan hasil yang lebih akurat.

3.    Buatlah posisi yang Nyaman dan Membantu anda

Beberapa posisi akan membantu anda dalam menentukan kondisi gerakan janin salah satunya dengan duduk atau berbaring sebari anda mendengarkan musik klasik. Aktifitas ini akan membantu anda dalam memberikan gambaran gerakan janin yang berhubungan dengan kondisi kesehatan janin.

4.    Mencatat Gerakan Janin

Meskipun seperti sulit untuk melakukannya akan tetapi mencatat gerakan janin dapat dilakukan dengan mudah. Pertama kali dengan menghitung gerakan janin kemudian catat jam dimulai gerakan janin anda kemudian anda dapat melakukan catatan yang mengenai gerakan sampai 10 kali sehingga terakhir adalah mencatat waktu terakhir dalam mencatat gerakan janin anda.

5.    Hitungan gerakan yang bervariasi

Gerakan pada bayi tidak hanya sekedar menendang dan memutar saja , gerakan akan semakin bervariasi yang membuat anda semakin mengagumi perkembangan di dalam perutnya. Gerakan yang dihitung seperti gerakan berupa tendangan, memutar, tinju bahkan ketika janin sedang cegukan.

6.    Gerakan yang lebih lama

Apabila ketika anda menghitung gerakan yang semakin lama pada janin anda, lakukan posisi yang berbeda seperti berjalan atau mengubah posisi anda sehingga apabila anda tidak merasakan gerakan dalam 12 jam dan tidak merasakan periode bayi yang sedang aktif maka anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter anda.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel