Amankah, Mencampur Beragam Ramuan Jamu Dalam Satu Gelas?

5/5 (1)

Sebagaimana diungkapkan oleh seorang ahli obat-obatan tradisional dari salah satu Rumah Sakit Terkemuka di ibu kota Dr. Aldrin Nelwan mengatakan, “jika asal mencampur, akan terjadi reaksi antar zat jamu dengan unsur lain yang dapat saling menghilangkan khasiat satu sama lain. Ada juga yang saling menguatkan efek negatifnya, yang bisa jadi berdampak buruk bagi kesehatan anda. Oleh karena itu, tidak dianjurkan dan diperbolehkan mencampur obat-obatan kimia dengan bahan-bahan tradisional.” Ungkapnya. Dalam materinya, Dr. Aldrin menyampaikan beberapa dampak negative yang mungkin saja terjadi pada tubuh akibat dari mengkonsumsi racikan jamu campur yang salah, terlebih lagi jika jamu yang anda konsumsi mengandung obat-obatan kimia. Ungkapnya, akan ada inetraksi yang terjadi antara zat yang terkandung dalam jamu dengan obat kimia yang dapat mengganggu fungsi penyerapan nutrisi pada usus dan lambung.

Selain itu, dampak lainnya juga dapat mempengaruhi keseimbangan metabolisme tubuh, fungsi distribusi, dan saluran pembuangan. Bahkan dampak paling parah yang dapat ditimbulkan salah satunya adalah kematian, tambah Dr. Aldrin. Dr. Aldrin juga memberikan beberapa contoh bahan ramuan jamu yang tidak diperbolehkan untuk dicampur dengan bahan kimia lain. Hal tersebut dapat menimbulkan interaksi yang saling meniadakan khasiatnya masing-masing. Berikut contoh-contohnya :

1.    Kurkumin Degan Bawang Putih

Mencampurkan dua bahan antara bawang putih dengan kurkumin akan berpengaruh buruk untuk kesehatan anda. Salah satunya adalah berpengaruh pada organ dalam hati. Fungsi bawang putih untuk kesehatan adalah mengaktifkan enzim, sementara kurkumin sebaliknya menonaktifkan enzim dalam tubuh.

2.    Daun Kumis Kucing Dengan Makanan Mengandung Kalium

Makanan yang mengandung kalium seperti pisang, pepaya, alpukat, apricot kering, kurma dan makanan lainnya sebaiknya jangan sesekali mencampurkannya dengan daun kumis kucing. Kombinasi zat ini akan membuat otot dalam tubuh anda ‘bingung’. Daun kumis kucing berfungsi melemaskan otot-otot tegang pada tubuh, sementara kalium mampu menguatkan kontraksi otot.

3.    Daun Jati Cina Dengan Teh

Kedua bahan ini sama-sama bekerja pada saluran cerna. Namun jelas sebuah kesalahan jika mencampur kedua bahan ini menjadi satu ramuan yang anda minum secara bersamaan. Daun jati Cina bermanfaat untuk melancarkan buang air, sementara daun teh bermanfaat untuk menghambat rangsangan buang air.

Bahan-bahan herbal memang baik untuk kesehatan, namun dengan takaran dan kombinasi yang sesuai anjuran agar khasiatnya benar-benar bekerja secara optimal pada tubuh anda yang dapat mengembalikan fungsi dan kualitas tubuh pada keadaan yang lebih baik.

Apakah informasi ini bermanfaat?

1 2 3 4 5

Loading...

Diskusikan Tema Artikel